Pahlawan Perempuan Asal Aceh Ini Namanya Diabadikan di Jalan Jakarta Timur.jpg

Berita Kawasan

Pahlawan Perempuan Asal Aceh Ini Diabadikan di Jalan Jakarta Timur

Pahlawan Tanah Air yang dikenang jasanya menjadi nama jalan di Ibu Kota telah bertambah dengan pengumuman Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada pekan ini. Di mana kali ini pahlawan yang namanya dijadikan jalan adalah Laksamana Keumala Hayati atau Malahayati yang merupakan pejuang dari Kesultanan Aceh. Keputusan ini diambil Pemprov DKI Jakarta untuk menghormati perjuangan masyarakat Aceh dalam mengejar cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Pengumuman pengabadian nama Laksamana Malahayati sebagai nama jalan pengganti Jalan Inspeksi Kalimalang Sisi Sebelah Utara di Jakarta Timur ini langsung disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta pada 23 November 2021. Pada peresmian nama Jalan Laksamana Malahayati tersebut digelar secara daring dengan turut mengundang Ketua Perkumpulan Masyarakat Aceh Surya Dharma dan Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Pahlawan Perempuan Asal Aceh Ini Namanya Diabadikan di Jalan Jaka rta Timur.jpg

“Masyarakat Aceh memiliki peran penting dalam sejarah panjang kemerdekaan bangsa Indonesia. Aceh telah melahirkan begitu banyak pahlawan yang dikenal di tingkat nasional mulai dari Teuku Umar, Sultan Iskandar Muda, Teungku Chik di Tiro, Cut Nyak Dhien, Cut Nyak Meutia, Teuku Nyak Arif, dan Teuku Muhammad Hasan," ungkap Gubernur DKI Jakarta itu, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (23/11/2021).

Jalan Laksanamana Malahayati sendiri memiliki panjang sekitar 7,6 kilometer yang membentang dari Kecamatan Duren Sawit hingga Kecamatan Jatinegara. Jalan raya ini juga menjadi salah satu akses yang ramai dilalui pengendara yang berasal dari dan ke Kota/Kabupaten Bekasi. Untuk menegaskan pergantian nama ini, plang keterangan dari nama pahlawan asal Aceh itu sudah terpasang sebanyak lima plang di ruas jalan tersebut.

[#R]

Anies turut mengungkapkan alasan dibalik pengabadian nama dari pejuang yang berhasil membunuh penjajah asal Belanda Cornelis de Houtman itu. Di mana ini sebagai langkah pengenalan pejuang kemerdekaan itu sekaligus untuk semakin mempererat hubungan antara DKI Jakarta dan Aceh.

“Kami menyadari bahwa Laksamana Malahayati telah menjadi aset yang luar biasa, tidak hanya bagi warga Aceh, tetapi juga bagi bangsa dan negara. Penetapan nama Jalan Laksamana Malahayati di salah satu ruas jalan di Jakarta diharapkan dapat semakin mempererat hubungan persahabatan yang hangat antara masyarakat Aceh dan Jakarta," sambungnya.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.