Pahlawan Perempuan Asal Aceh Ini Namanya Diabadikan di Jalan Jakarta Timur.jpg

Berita Kawasan

Pahlawan Perempuan Asal Aceh Ini Diabadikan di Jalan Jakarta Timur

Pahlawan Tanah Air yang dikenang jasanya menjadi nama jalan di Ibu Kota telah bertambah dengan pengumuman Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada pekan ini. Di mana kali ini pahlawan yang namanya dijadikan jalan adalah Laksamana Keumala Hayati atau Malahayati yang merupakan pejuang dari Kesultanan Aceh. Keputusan ini diambil Pemprov DKI Jakarta untuk menghormati perjuangan masyarakat Aceh dalam mengejar cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Pengumuman pengabadian nama Laksamana Malahayati sebagai nama jalan pengganti Jalan Inspeksi Kalimalang Sisi Sebelah Utara di Jakarta Timur ini langsung disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta pada 23 November 2021. Pada peresmian nama Jalan Laksamana Malahayati tersebut digelar secara daring dengan turut mengundang Ketua Perkumpulan Masyarakat Aceh Surya Dharma dan Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Pahlawan Perempuan Asal Aceh Ini Namanya Diabadikan di Jalan Jaka rta Timur.jpg

“Masyarakat Aceh memiliki peran penting dalam sejarah panjang kemerdekaan bangsa Indonesia. Aceh telah melahirkan begitu banyak pahlawan yang dikenal di tingkat nasional mulai dari Teuku Umar, Sultan Iskandar Muda, Teungku Chik di Tiro, Cut Nyak Dhien, Cut Nyak Meutia, Teuku Nyak Arif, dan Teuku Muhammad Hasan," ungkap Gubernur DKI Jakarta itu, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (23/11/2021).

Jalan Laksanamana Malahayati sendiri memiliki panjang sekitar 7,6 kilometer yang membentang dari Kecamatan Duren Sawit hingga Kecamatan Jatinegara. Jalan raya ini juga menjadi salah satu akses yang ramai dilalui pengendara yang berasal dari dan ke Kota/Kabupaten Bekasi. Untuk menegaskan pergantian nama ini, plang keterangan dari nama pahlawan asal Aceh itu sudah terpasang sebanyak lima plang di ruas jalan tersebut.

[#R]

Anies turut mengungkapkan alasan dibalik pengabadian nama dari pejuang yang berhasil membunuh penjajah asal Belanda Cornelis de Houtman itu. Di mana ini sebagai langkah pengenalan pejuang kemerdekaan itu sekaligus untuk semakin mempererat hubungan antara DKI Jakarta dan Aceh.

“Kami menyadari bahwa Laksamana Malahayati telah menjadi aset yang luar biasa, tidak hanya bagi warga Aceh, tetapi juga bagi bangsa dan negara. Penetapan nama Jalan Laksamana Malahayati di salah satu ruas jalan di Jakarta diharapkan dapat semakin mempererat hubungan persahabatan yang hangat antara masyarakat Aceh dan Jakarta," sambungnya.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Perkuat Komitmen Pendanaan yang Inklusif dan Berk elanjutan di Indonesia.jpg

Bisnis

East Ventures Perkuat Komitmen Pendanaan yang Inklusif dan Berkelanjutan di Indonesia

17 May 2022, 21:03

Dengan berpegang teguh terhadap penerapan ESG di dalam bisnisnya, East Ventures memastikan komitmen pendanaan yang bersifat inklusif serta berkelanjutan di Tanah Air.

Dari Mulai Slank Hingga Kotak Siap Berikan Penampilan Spesial di Jelajahin Livin Sanur Fes t.jpg

Hobi dan Hiburan

Dari Mulai Slank Hingga Kotak Siap Berikan Penampilan Spesial di Jelajahin Livin Sanur Fest

17 May 2022, 19:08

Semua musisi yang siap mengisi acara Jelajahin Livin Sanur Fest, khususnya Slank dan Kotak, mengungkapkan akan memberikan penampilan spesial.

Hingga 5 Juni 2022, Event Bulan Menggambar Nasional Digelar di Pasar Se ni Ancol.jpg

Hobi dan Hiburan

Hingga 5 Juni 2022, Event Bulan Menggambar Nasional Digelar di Pasar Seni Ancol

17 May 2022, 15:36

Puluhan seniman memamerkan hasil karya mereka di pameran menggambar untuk acara Bulan Menggambar Nasional yang digelar sampai 5 Juni 2022 di Pasar Seni Ancol.

Mojang Asal Kota Bogor Sumbangkan 2 Medali di Sea Gam es 2021.jpg

Berita Kawasan

Mojang Asal Kota Bogor Sumbangkan 2 Medali di Sea Games 2021

17 May 2022, 10:35

Warga Kota Hujan patut bangga dengan keberhasilan atlet asal Kota Bogor yang berhasil menyumbangkan peralihan medali emas serta perak bagi Merah Putih.


Comments


Please Login to leave a comment.