Ahli Sebutkan Alasan Dokter Kariadi Pantas Jadi Pahlawan Nasional

Berita Kawasan

Pakar Sejarah Sebut Alasan dr. Kariadi Pantas Jadi Pahlawan Nasional

Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Jawa Tengah telah menyelenggarakan seminar daring dengan tema “Pengusulan dr. Kariadi sebagai Pahlawan Nasional” pada Selasa (14/4/2020). Dalam seminar, pakar sejarawan memaparkan alasan tokoh masyhur di Kota Semarang itu memenuhi kriteria menjadi pahlawan nasional. Salah satunya, perjuangan dr. Kariadi dalam meneliti Reservoir Siranda yang diisu telah diracuni.

Nama sang dokter ini pun telah diabadikan menjadi nama salah satu rumah sakit di Kota Semarang, yaitu Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi. Semarang merupakan kota tempatnya berkarir sekaligus menghembuskan napas terakhir.

Ahli Sebutkan Alasan Dokter Kariadi Pantas Jadi Pahlawan Nasional

Peristiwa pertempuran lima hari di area Bundaran Tugu Muda Semarang yang selalu diperingati setiap tanggal 15-19 Oktober erat kaitannya dengan perjuangan dr. Kariadi.

Guru Besar Sejarah Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof. Dr. Wasino M.Hum menceritakan, pada pertempuran tersebut banyak tokoh yang gugur, salah satunya dr. Kariadi. Pertempuran itu pun bermula karena dibunuhnya sang dokter oleh tentara Jepang.

Mulanya, ada sikap saling tuduh antara pemuda Indonesia dan tentara Jepang tentang isu reservoir atau tandon air di Sirada yang telah diracun.

Ahli Sebutkan Alasan Dokter Kariadi Pantas Jadi Pahlawan Nasional

“Isu peracunan air di tandon Siranda akhirnya menimbulkan sikap saling tuduh antara pihak pemuda Indonesia dengan pihak tentara Jepang. Para pemuda Indonesia menuduh bahwa peracunan itu dilakukan oleh orang Jepang, sementara pihak Jepang menuduh jika para pemuda perjuangan kemerdekaan adalah pelakunya,” terang Wasino, dilansir dari ayosemarang.com (15/4/2020).

Mendengar isu peracunan itu, dr. Kariadi yang kala itu menjabat sebagai kepala laboratorium Rumah Sakit Purusara mencoba meneliti air tandon tersebut. Namun, dalam perjalanan mengambil sampel air, tentara Jepang menembak dr. Kariadi. Nyawa beliau pada akhirnya tak terselamatkan lantaran luka tembak yang sangat parah.

Wasino lebih lanjut menjelaskan, karena itulah dr Kariadi sudah dianggap sebagai pahlawan oleh masyarakat Semarang.

Ahli Sebutkan Alasan Dokter Kariadi Pantas Jadi Pahlawan Nasional

“Jasa-jasa dr. Kariadi telah menjadi ingatan yang tak akan dilupakan sepanjang masa. Ingatan itu dihidupkan paling tidak setahun sekali dalam peringatan pertempuran lima hari di Semarang,” lanjutnya.

Keberanian mengambil risiko dalam situasi konflik telah mencerminkan kepahlawanan dr. Kariadi. Pemeriksaan tandon air yang dilakukan sang dokter bermakna besar bagi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

“Dengan kata lain, Kariadi rela berkorban tanpa menghiraukan keselamatan dirinya untuk kepentingan keselamatan masyarakat, terutama masyarakat Semarang,” jelas Wasino.

[Baca Juga: Mal Ciputra Semarang Potong Jam Operasional pada Masa Pandemi]

Sebab itu, menurut Wasino, nama Kariadi pantas diusulkan menjadi pahlawan nasional. Dengan demikian, dr. Kariadi tidak hanya dikenang oleh masyarakat Semarang, tetapi oleh seluruh rakyat Indonesia. Bagi Wasino, pahlawan nasional tidak hanya identik dengan perjuangan bersenjata. Nama dr. Kariadi akan menambah jumlah pahlawan dari kalangan intelektual dalam sejarah Indonesia.

Tidak hanya Wasino, alasan pantasnya dr. Kariadi menjadi pahlawan nasional juga disebutkan oleh Guru Besar Ilmu Sejarah Universitas Padjadjaran Nina Herlina. Ia mengungkapkan, telah ditemukan bukti baru mengenai perjuangan dr. Kariadi, yaitu upayanya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Ini pun menjadi upaya yang sesuai dengan keahlian beliau sebagai dokter dan peneliti nyamuk penyebab malaria dan filariasis.

[Baca Juga: Warga Hingga Kader Partai di Semarang Bahu-Membahu Atasi COVID-19]

Syarat umum untuk meraih gelar, tanda jasa, dan kehormatan yang tertuang dalam UU Nomor 20 Tahun 2009 pun disebut telah dipenuhi dr. Kariadi. Nina mengatakan, tidak ada fakta yang menunjukkan sang dokter telah melakukan hal-hal yang bertentangan dalam UU tersebut.

“Almarhum dr. Kariadi juga memenuhi persyaratan khusus yang diatur dalam pasal 26 UU Nomor 20 Tahun 2009 karena pernah berjuang secara gigih di bidang kesehatan masyarakat, dan dalam perjuangannya tidak pernah menyerah kepada musuh atau kepada situasi yang tidak menguntungkan dirinya,” papar Nina.

Sebelumnya seminar pengusulan dr. Kariadi sebagai pahlawan nasional dijadwalkan terselenggara pada pertengahan bulan Maret lalu. Namun, situasi akibat pandemi COVID-19 membuat pihak Masyarakat Sejarawan Indonesia cabang Jawa Tengah membatalkannya.

Seminar yang diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom ini pun diadakan dalam rangka menghormati tenaga medis yang sedang berjuang di garda terdepan melawan COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 3 months lalu
    hanna56

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com