Paxel Same Day Delivery Meningkat Selama Bulan Puasa

Bisnis

Paket Same Day Delivery Paxel Meningkat Selama Bulan Puasa

Dari data startup logistik e-commerce berbasis teknologi Paxel, selama bulan puasa konsumen semakin intens mengirim paket dengan layanan same day delivery, atau pengiriman tiba di hari yang sama. Kenaikan jumlah pengiriman barang melonjak tajam hingga 64 persen, terlihat pada 5 Mei hingga 4 Juni 2019, dibanding pengiriman pada bulan sebelumnya di sepanjang tahun 2019.

Co-Founder Paxel yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita, menuturkan, Selama bulan puasa, kami melihat konsumen lebih ingin produknya cepat sampai, sehingga jumlah pengiriman melonjak tajam. Konsumen lebih banyak mengirim makanan beku baik dalam maupun antar kota,” tutur Co-Founder Paxel Zaldy Ilham Masita, melalui rilis yang diterima Pingpoint.co.id, pada (25/6/2019).

[Baca Juga: 3 Tips Bisnis Ekspedisi dari J&T Express]

Dari data pengiriman barang pedagang ritel yang menggunakan Paxel sepanjang bulan puasa 2019 ini, terungkap beberapa temuan menarik yang bisa menggambarkan kegiatan ekonomi menjelang, hingga selama bulan puasa.

Sepanjang bulan puasa, konsumen paling banyak menggunakan same day delivery untuk mengirim produk makanan (52 persen), diikuti fesyen (20,7 persen), produk kesehatan dan kosmetik (10,8 persen), buku (6,7 persen) dan peralatan rumah tangga (4,2 persen). Berbanding terbalik dengan jenis paket lainnya, pengiriman buku dan dokumen malah menurun di bulan puasa, dibanding dengan empat bulan sebelumnya.

Tak hanya itu, satu minggu sebelum mudik dan libur lebaran, konsumen semakin banyak mengirim paket dengan layanan same day delivery. Puncak pengiriman barang terjadi pada minggu ketiga puasa, tanggal 27 hingga 31 Mei 2019, dimana lonjakan pengiriman mencapai 121 persen.

[Baca Juga: Kolaborasi Bukalapak dan Paxel Memudahkan Pengiriman Antarkota]

Terakhir, pengiriman paket same day delivery selama bulan puasa terbanyak berasal dari Jabodetabek (79 persen) diikuti Bandung (14 persen) dan Surabaya.

Bukan cuma konsumen yang diuntungkan dari tibanya paket di hari yang sama dengan pengiriman, pedagang ritel makanan yang memasarkan produk secara online mengaku omzetnya melonjak tajam selama bulan puasa lalu. Karena saya menjual berbagai macam olahan makanan dari bahan dasar durian, sehingga cukup sulit untuk menjaga kualitas makanan karena harus cepat sampai ke konsumen. Layanan same day delivery sangat membantu jualan saya terutama di Paxel, sehingga omzet kami dari pembelian online meningkat dua kali lipat, bahkan hingga empat kali lipat di bulan puasa”, ujar salah satu penjual Belah Doeren, Sarah Sunda Nirmala.

Data pengiriman paket same day delivery ini, diambil dari aktivitas pengiriman paket dan pengguna aplikasi logistik e-commerce, Paxel, sepanjang bulan Januari hingga 4 Juni 2019.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.