Pameran Foto Rekam Jakarta Menangkap Ragam Kehidupan Ibu Kota

Berita Kawasan

Pameran Foto Rekam Jakarta Menangkap Ragam Kehidupan Ibu Kota

Oppo, sebagai produsen ponsel pintar, mendukung Pewarta Foto Indonesia Jakarta untuk menggelar acara Rekam Jakarta, sebuah pameran foto tahunan yang kali ini diselenggarakan di tengah perayaan ulang tahun Indonesia ke-74. Bentuk dukungan tersebut dihadirkan melalui penyelenggaraan sebuah segmen pameran khusus yang menampilkan sejumlah foto hasil bidikan lima orang jurnalis foto anggota Pewarta Foto Indonesia Jakarta, dengan menggunakan ponsel pintar Oppo Reno 10x Zoom.

Seluruh foto ini menampilkan rekaman peristiwa-peristiwa menarik ibu kota sepanjang Juni 2018 hingga Juni 2019, dengan beberapa di antaranya diambil dari sudut pandang berbeda yang dihasilkan oleh kemampuan Oppo Reno 10x Zoom. Berdampingan dengan karya-karya hasil jepretan kamera profesional, hasil foto dari lima fotografer yang menggunakan Oppo Reno 10x Zoom, turut dicetak dalam medium berukuran 70 x 85 cm.

Pameran Foto Rekam Jakarta Menangkap Ragam Kehidupan Ibu Kota

“Melalui kolaborasi ini, kami dapat menunjukkan fungsionalitas perangkat smart phone, khususnya Oppo Reno 10x Zoom, yang dapat menjadi solusi all-in-one photography. Bagaimana Oppo Reno 10x Zoom dapat digunakan untuk merekam berbagai sisi kehidupan, bahkan kompleksitas kehidupan Jakarta sekalipun,” ujar Public Relation Oppo Indonesia Aryo Meidianto A, dalam rilis yang diterima PingPoint.co.id (19/8/19).

Kamera DSLR yang lazimnya digunakan dalam sebuah pameran, kini digantikan posisinya oleh Oppo Reno 10x Zoom dalam merekam perspektif lain kehidupan di Jakarta. Kelima jurnalis foto yang terdiri dari Edi Susanto (fotografer lepas), Immanuel Antonius (Liputan6.com), Fernando Randy (Historia.id), Anhar Rizki Affandi (fotografer lepas), dan Budy Santoso (Kapanlagi.com) mampu mengabadikan ragam peristiwa dengan apik dalam berbagai tema menarik, mulai dari street photography hingga fotografi portrait.

[Baca Juga: Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia]

“Oppo Reno 10x Zoom berhasil menjangkau kelebihan kamera DSLR dan menyatukannya dalam teknologi smartphone. Kemampuan 10x Zoom yang dimiliki perangkat ini memungkinkan saya untuk mendapatkan foto-foto yang lebih intim dan personal,” ujar pewarta foto Historia.id Fernando Randy, yang menyukai street photography dan sport photography.

Sedangkan, Edi Susanto, fotografer dokumenter yang gemar mengangkat isu-isu sosial, mengapresiasi fitur night-mode pada Oppo Reno 10x Zoom. “Hasil gambar yang dihasilkan tetap apik meskipun dalam keadaan kurang cahaya. Selain itu, ada banyak fitur-fitur menarik lain yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan karya foto seperti yang bisa dihasilkan oleh kamera DSLR,” jelas Edy.

[Baca Juga: Ayo Kunjungi Pameran Foto Internasional JIPFest di 10 Titik]

Pameran foto Rekam Jakarta berlangsung pada 15 Agustus sampai 1 September 2019 di Taman Menteng Jakarta. Dalam pameran ini, terdapat total 105 karya foto yang ditampilkan dan 125 foto yang diabadikan dalam buku fotografi Rekam Jakarta 2018. Seluruh foto merupakan hasil tangkapan 93 fotografer media nasional yang berdomisili di Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

100 Kolaborator dan 150 Sukarelawan Rayakan Hari Hutan Indonesia

Berita Kawasan

100 Kolaborator dan 150 Sukarelawan Rayakan Hari Hutan Indonesia

08 August 2020, 15:00

Para Kolaborator ini bergotong royong menyiapkan platform dengan berbagai materi audio visual menarik untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta masyarakat Indonesia pada hutan.

Bangkitkan Semangat Belajar di Rumah, Pemkot Depok Beri Penghargaan

Pendidikan

Kemendikbud Siapkan Kurikulum Darurat dengan 2 Komponen untuk PJJ Masa Pandemi COVID-19

08 August 2020, 09:15

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyatakan pihaknya sudah menyusun kurikulum darurat untuk situasi pandemi COVID-19.

Tumbuhkan Bibit eSport, Kemenpora Dukung Turnamen Free Fire Fall Season 2020.jpg

Hobi dan Hiburan

Tumbuhkan Bibit eSport, Kemenpora Dukung Turnamen Free Fire Fall Season 2020

07 August 2020, 19:00

Menpora sangat mendukung usaha Garena Indonesia dalam mencari bibit eSport Tanah Air melalui turnamen Free Fire Fall Season 2020.

Ini Cara TCS untuk Dukung Pemulihan Sektor Pendidikan Tanah Air.jpg

Pendidikan

Ini Cara TCS untuk Dukung Pemulihan Sektor Pendidikan Tanah Air

07 August 2020, 18:00

Dari mulai warga sampai Pemkot Jakarta Utara sudah mulai bergerak untuk menyambut perayaan Hari Kemerdekaan nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.