Pameran Lukisan Leonardo da Vinci di Jakarta Diperpanjang

Berita Kawasan

Pameran Lukisan Leonardo da Vinci di Jakarta Diperpanjang

Pameran lukisan karya Leonardo da Vinci yang digelar di Museum Bank Mandiri Jakarta diperpanjang hingga Minggu, 8 Maret 2020. Hal ini disampaikan oleh Kepala Humas Museum Bank Mandiri Harun Firmansyah. Ini menjadi kabar baik bagi Anda yang belum sempat melihat karya seniman asal Italia itu.

Sebelumnya, pameran lukisan hanya berlangsung pada 6 Februari sampai 3 Maret 2020. Alasan diperpanjangnya pameran bertajuk “Leonardo Opera Omnia” tersebut karena kurator pameran baru dapat datang kembali ke Indonesia pada 8 Maret. Kurator adalah Prof. Antonio Paolucci asal Italia.

“Bongkar pasang aja harus ada kuratornya,” jelas Harun di Museum Bank Mandiri pada Selasa (3/3/2020).

[Baca Juga: Lukisan Mural Bermunculan untuk ‘Mempercantik’ Kota Tua Jakarta]

Pembongkaran peralatan pameran akan dilakukan sehari setelahnya yaitu pada 9 Maret, bertepatan dengan tutupnya Museum Bank Mandiri setiap Hari Senin.

“Belum ngepak dan di perjalanannya. Tanggal 9 kan bongkaran paling sampai tanggal 15 baru keluar dari gedung kita [Museum Bank Mandiri]. Akhir bulan Maret harus di Italia, kontrak keliling dunianya udah abis,” lanjut Harun.

Sebelumnya, replika lukisan sang maestro sudah mengelana ke berbagai negara seperti Malaysia, Myanmar, hingga pada akhirnya ke Indonesia.

Pameran Lukisan Leonardo da Vinci di Jakarta Diperpanjang

Meski sudah berlangsung selama hampir satu bulan, pameran ini masih ramai didatangi pengunjung. Harun lebih lanjut mengatakan jumlah pengunjung terhitung mulai 2 Februari hingga 1 Maret 2020 sebanyak 12.319 orang.

Jumlah pengunjung membeludak pada akhir pekan. Menurut pemaparannya pengunjung Museum Bank Mandiri yang datang pada hari Sabtu dan Minggu bulan lalu mencapai 500-700 orang. Itu disebabkan adanya pameran lukisan Leonardo da Vinci.

Udah gitu orang Indonesia judulnya udah menggoda datang aja. Judulnya opera dikira mereka Opera Van Java. Opera itu kan kalau di luar [negeri] pertunjukkan, penampilan. Tapi ya pertunjukkannya lukisan,” katanya diselingi guyonan.

Pengunjung yang datang mengemukakan ketertarikannya datang ke museum karena ingin melihat lukisan sang maestro lebih dekat.

Pameran Lukisan Leonardo da Vinci di Jakarta Diperpanjang

“Ini kan pelukisnya Leonardo, terkenal. Jadi saya mau lihat lebih dalam lagi,” kata Dewi, pengunjung dari Jakarta.

Terdapat juga pengunjung yang sudah melihat beberapa karya Leonardo di belahan dunia lain, namun ingin melihatnya lagi.

“Sebenernya saya udah pernah lihat lukisan yang Penjamuan Terakhir, Monalisa, dan Madonna. Tapi pengen lihat lagi. Ternyata lukisan Penjamuan Terakhir itu gede banget.” ungkap Bobi, pengujung Asal Jakarta.

“Penjamuan Terakhir lihat di Milan, Monalisa lihat di Paris, Madonna lihat di Rusia,” tambahnya.

Pameran Lukisan Leonardo da Vinci di Jakarta Diperpanjang

Ada pula Wina, Mahasiswa Universitas Indonesia yang mengunjungi pameran ini karena mendapat informasi secara langsung dari Kedutaan Italia. Wina mengungkapkan bahwa lukisan karya Leonardo da Vinci dipajang secara terpisah di seluruh dunia. Pameran ini adalah kesempatan baginya karena dapat melihat replika yang bentuk dan ukurannya sama dengan lukisan sebenarnya.

“Aku bisa ngeliat karya Leonardo dari dia masih mudah sampai udah diteruskan ke murid-muridnya. Yang membuat aku kagum adalah kemampuan dia semaestro itu sehingga lukisan dia ada di mana-mana,” kata Wina.

[Baca Juga: Lukisan Ilmuan Ternama Dunia Hiasi Kelurahan Lagoa]

Leonardo Opera Omnia dilatarbelakangi oleh tersebarnya lukisan Leonardo da Vinci di berbagai tempat. Pemindahan lukisan di tempat-tempat tersebut sering kali ditolak dengan alasan biaya asuransi tinggi dan pemindahan secara fisik yang memang sulit. Leonardo Opera Omnia memamerkan duplikasi karya asli Leonardo da Vinci secara digital dengan resolusi yang tinggi.

Mengutip Kompas.com (3/3/2020), pameran keliling ini adalah kerjasama Kedutaan Besar Italia, Institut Kebudayaan Italia di Jakarta, dan Museum Mandiri dalam rangka mengenang 500 tahun kematian Leonardo da Vinci.

Sebanyak 17 lukisan dipamerkan. Anda dapat melihatnya di lantai satu Museum Bank Mandiri , Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 6 months lalu
    emma

    Ingin mendapatkan keuntungan besar ratusan Juta rupiah dengan bermodal minimal 20 ribu rupiah!! Segera bergabung dengan kami agen judi terpercaya di indonesia dapatkan bonus serta raih promo. poker165,co / situsjadul,com