Pameran Sketsa Galeri Nasional 2019, Ajang Menikmati Seni Potret Dunia Maya

Berita Kawasan

Pameran Sketsa Galeri Nasional, Nikmati Seni Potret dari Dunia Maya

Menjelajahi sudut dan ruang kota melewati sketsa. Pameran Sketsa Galeri Nasional 2019 di Jakarta Pusat mengajak Anda menjelajahi banyak momen yang terbingkai dalam setiap sketsa yang memiliki bayak cerita di baliknya. Berbagai sudut pandang yang menarik untuk ditelaah menjadi suatu cara mengapresiasi keberagamaan karya.

Pameran Sketsa Galeri Nasional 2019, Ajang Menikmati Seni Potret Dunia Maya

Berdasarkan agenda yang di cantumkan pada galeri-nasional.or.id, Festival Sketsa Indonesia Sketsaforia Urban di gelar mulai dari 12 September hingga 12 Oktober 2019. Festival yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini sedikitnya melibatkan 13 komunitas sketsa dan skecthers yang tersebar di mancanegara.

[Baca Juga: Pameran Closure, Ajang Unjuk Karya Seni Rupa Mahasiswa UNJ]

Terkait acara ini, Festival Sketsa Indonesia Sketsaforia Urban mengundang seluruh warga negara Indonesia (WNI), yang kreatif serta inovatif untuk berpartisipasi. Mengutip dari laman Wartakotalive.com, PingPoint.co.id mendapatkan data terkait jumlah peserta yang daftar pada ajang ini sebanyak 256 calon peserta dari 17 provinsi di Indonesia. Dari total 411 karya yang diberikan oleh 256 peserta, hanya 76 karya dari 76 sketchers (Pencipta) lolos dalam tahap seleksi aplikasi terbuka. Sedangkan ada sekitar 140 karya dari 34 sketchers undangan dan 400 karya diantaranya disumbang oleh dua lembaga dan 10 komunitas sketsa Indonesia.

Pameran Sketsa Galeri Nasional 2019, Ajang Menikmati Seni Potret Dunia Maya

Pada Festival Sketsa Indonesia Sketsaforia Urban, PingPoint.co.id mencatat ada sekitar 12 arsip dan 616 karya sketsa beragam medium dari 122 pencipta. Dalam ajang pameran seni ini Anda akan disuguhkan rentetan macam acara seperti sarasehan, workshop, diskusi, sketsa bersama, travel sketch hingga battle sketch. Pada acara ini Galeri Nasional Indonesia (GALNAS), bermaksud membawa beragam sketsa kenyataan sehari-hari dari dunia maya untuk kemudian ditampilkan di dalam ruang pameran dunia nyata.

[Baca Juga: Terowongan Kendal Jadi “Kanvas” Mural Sister City]

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bertujuan untuk memberikan pengalaman estetik yang menyenangkan kepada masyarakat, dengan cara memberikan inspirasi serta motivasi berkarya guna memajukan perkembangan dunia sketsa di Indonesia.

Dunia sketsa merupakan seni mencatat dengan menggambarkan sebuah peristiwa, kondisi hingga sudut padang yang sedikitnya memberikan pembelajar terhadap generasi muda akan identitas keanekaragaman karya Nusantara. Jika Anda diminta untuk membuat sebuah sketsa, kira-kira apa yang akan Anda buat?


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.