Pancing Minat Baca dengan Mendongeng.jpg

Pendidikan

Pancing Minat Baca dengan Mendongeng

Sekitar 100 warga mengikuti workshop mendongeng di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Permata RW 16 Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara. Peserta terdiri dari guru PAUD/TK, pengelola RPTRA dan orangtua

[Baca Juga: Pemanfaatan Teknologi Audio Visual untuk Mendongeng]

Salah seorang peserta Sri Maryati mengatakan, teknik mendongeng yang baru dipahaminya tersebut akan diaplikasikan di RPTRA tempatnya bertugas sehingga dapat memancing minat anak-anak untuk membaca. "Selama ini kita sekadar membacakan cerita saja. Dengan workhsop ini kita jadi tahu tentang menarik perhatian audiens dan teknik cara mendongeng yang baik," ujarnya seperti dikutip laman beritajakarta.id (13/03/2019).

[Baca Juga: Tumbuhkan Minat Baca Anak dengan Metode Read Aloud]

Selain menanamkan nilai luhur, dongeng juga diyakini bisa menumbuhkan minat dan pembudayaan literasi anak. Sehingga anak akan termotivasi menjadi pembaca buku yang tangguh nantinya.

Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nasional Nanang Djamaludin mengatakan, mendongeng merupakan salah satu upaya mendidik anak agar mereka tumbuh menjadi anak-anak berbudi luhur dan berketerampilan hidup. "Karena itu keterampilan mendongeng yang berisi nilai luhur dan mulia kepada anak dan murid sangat perlu dimiliki oleh para orangtua dan guru saat ini," katanya.

[Baca Juga: Kantor Wali Kota Jakarta Utara Kini Sediakan Taman Penitipan Anak]

Kepala Seksi Perpustakaan Sudin Pusip Jakarta Utara Iwan Hery Susanto menambahkan, workshop ini merupakan rangkaian dari kegiatan di 25 RPTRA untuk mengenalkan dongeng sebagai budaya luhur bangsa Indonesia kepada anak. "Pelaksanaannya kita bekerja sama dengan masyarakat," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.


Comments


Please Login to leave a comment.