relawan.jpg

Kesehatan

Pandemi Belum Usai, Jawa Barat Masih Darurat Relawan

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat dalam memerangi COVID-19. Mulai dari pemerintah pusat hingga ke pemerintah di masing-masing daerah, termasuk Jawa Barat berjibaku menuntaskan pandemi di negeri ini. Salah satu tools Pemerintah Jawa Barat untuk membantu memerangi COVID-19 adalah mencanangkan sebuah program sebagai pusat koordinasi dan informasi mengenai COVID-19 di Jawa Barat atau singkatnya Pikobar.

Pikobar memudahkan seluruh masyarakat untuk mengakses informasi mengenai COVID-19 dengan menyajikan data dan valuasi penyebaran, pencegahan dan penanggulangan Covid di Jawa Barat. Dalam website resminya, Pikobar juga menampilkan perkembangan jumlah kasus, peta penyebaran kasus, lokasi fasilitas kesehatan dan daftar pusat panggilan darurat se-jawa Barat.

relawan3.jpg

Namun, hal yang paling utama dibutuhkan oleh seluruh pasukan perang COVID-19 adalah bantuan tenaga medis. Meski mulai membaik, hingga saat ini pada laman pikobar.jabarprov.go.id (07/04/21), Pemerintah Jawa Barat masih berusaha mencari tim relawan untuk ikut bersama-sama menanggulangi wabah COVID-19. Melalui laman indorelawan.org/p/pikobar, Pemerintah Jawa Barat mencari relawan yang mempunyai keahlian, keinginan dan pengalaman untuk membantu memerangi pandemi yang tak kunjung usai ini. Posisi yang dibutuhkan meliputi relawan medis dan non medis. Hanya saja urgensi relawan medis lebih diutamakan.

relawan2.jpg

Dan berikut ini adalah posisi-posisi tenaga medis yang dibutuhkan di wilayah Jawa Barat:

  1. Ahli Rekam Medis
  2. Tenaga Teknis Kefarmasian
  3. Tenaga Apoteker
  4. Tenaga Sanitasi Lingkungan
  5. Nutrisionis
  6. Perawat
  7. Dokter Umum
  8. Ahli Teknologi Laboratorium

[Baca Juga: Pekan Ini Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Penyuntikan Kedua Vaksin COVID-19]

Berdasarkan informasi yang terdapat pada laman indorelawan.org/p/pikobar, posisi relawan medis ini terbuka untuk WNI yang berusia 18 sampai 35 tahun dan diutamakan yang berdomisili di Jawa Barat. Juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika relawan termasuk dalam kategori higher-risk groups atau relawan yang mempunyai kondisi kesehatan tertentu seperti:

  • Memiliki chronic lung disease (CLD) atau asthma persisten sedang dan berat
  • Memiliki riwayat penyakit jantung.
  • Sedang dalam menjalani cancer treatment.
  • Relawan dari berbagai usia yang mengalami severe obesity (Body Mass Index [BMI] >40) atau memiliki kondisi kesehatan lainnya seperti gagal ginjal atau penyakit hati yang memiliki resiko lebih tinggi untuk COVID-19.
  • Sedang dalam keadaan hamil.

relawan1.jpg

Relawan dengan kondisi-kondisi kesehatan seperti yang disebutkan di atas tetap dapat berkontribusi sebagai relawan medis secara remote melalu media komunikasi online. Hal ini juga berlaku bagi anda yang tidak berdomisili di Jawa Barat, kontribusi dapat dilakukan secara daring.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.