Pandemi Corona, Kemendikbud Fasilitasi Pertunjukan Seni Via Youtube

Hobi dan Hiburan

Kemendikbud Fasilitasi Pertunjukan Seni Via Youtube Kala Pandemi

Di tengah masa krisis akibat wabah COVID-19 yang melanda tanah air, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat sebuah gebrakan dengan menggelar beberapa kegiatan kesenian. Bukan pertunjukan di atas panggung, melainkan di balik kamera dengan memanfaatkan media online.

Untuk menyaksikan beragam pertunjukan seni yang disiapkan pihak Kemendikbud, masyarakat hanya tinggal membuka akun Youtube Budayasaya milik Direktorat Jenderal Kebudayaan. Selain menggelar siaran langsung atau live streaming, akun Budayasaya juga mengunggah rekaman kegiatan berbagai macam pertunjukan kesenian.

[Baca Juga: UN Ditiadakan, Kemendikbud Siapkan Opsi Ini]

Tidak hanya itu, program yang dimulai sejak 30 Maret 2020 ini juga akan mengembangkan kelas pelajaran daring tentang seni tari, seni visual, sampai produksi film dengan menghadirkan para maestro di bidangnya masing-masing.

Salah satu contohnya adalah program Masterclass yang bertujuan mengajak masyarakat untuk lebih memahami seni. Dalam program ini, nantinya para maestro seni akan membagikan ilmunya serta menjawab pertanyaan secara interaktif dengan para penonton yang menyaksikan program tersebut.

Pada hari pertama penayangan, program ini menghadirkan koreografer tari kontemporer Eko Supriyanto dari Solo, Jawa Tengah serta Maria Tri Sulistyani atau yang lebih dikenal dengan Ria Papermoon dari Theater Puppet atau teater boneka.

Pandemi Corona, Kemendikbud Fasilitasi Pertunjukan Seni Via Youtube

Kemudian ada pula pertunjukan dari grup musik Riau Rhythm Chambers Indonesia (RRCI) yang dikenal karena memadupadankan musik beraliran Melayu dengan nada-nada musik Eropa. Selain beberapa penampil di atas, masih banyak lagi kejutan yang akan dihadirkan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud lewat program ini. Bahkan rencananya, acara ini akan terus digelar hingga wabah COVID-19 mereda.

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan bahwa program ini diniatkan untuk membantu para pekerja seni dan pelaku budaya agar tetap produktif menyusul pandemi yang meluas di tanah air.

[Baca Juga: Menerka Nasib Industri Film di Tengah Wabah COVID-19]

“Ini wujud nyata gotong royong memajukan kebudayaan. Kita tidak tinggal diam menghadapi pandemi COVID-19 ini, tapi justru secara aktif membantu sesama dengan karya kreatif, dengan cara yang juga inovatif,” kata Nadiem.

Ke depannnya kata Nadiem, pihaknya tidak hanya menyiarkan program tersebut via media sosial, namun juga Ia ingin bekerjasama dengan pihak stasiun televisi agar menjangkau lebih banyak penonton. Selain itu, Nadiem pun berencana menggandeng lebih banyak komunitas kreatif dan lembaga budaya untuk tampil dalam program tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.