Pandemi Corona, Kemendikbud Fasilitasi Pertunjukan Seni Via Youtube

Hobi dan Hiburan

Kemendikbud Fasilitasi Pertunjukan Seni Via Youtube Kala Pandemi

Di tengah masa krisis akibat wabah COVID-19 yang melanda tanah air, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat sebuah gebrakan dengan menggelar beberapa kegiatan kesenian. Bukan pertunjukan di atas panggung, melainkan di balik kamera dengan memanfaatkan media online.

Untuk menyaksikan beragam pertunjukan seni yang disiapkan pihak Kemendikbud, masyarakat hanya tinggal membuka akun Youtube Budayasaya milik Direktorat Jenderal Kebudayaan. Selain menggelar siaran langsung atau live streaming, akun Budayasaya juga mengunggah rekaman kegiatan berbagai macam pertunjukan kesenian.

[Baca Juga: UN Ditiadakan, Kemendikbud Siapkan Opsi Ini]

Tidak hanya itu, program yang dimulai sejak 30 Maret 2020 ini juga akan mengembangkan kelas pelajaran daring tentang seni tari, seni visual, sampai produksi film dengan menghadirkan para maestro di bidangnya masing-masing.

Salah satu contohnya adalah program Masterclass yang bertujuan mengajak masyarakat untuk lebih memahami seni. Dalam program ini, nantinya para maestro seni akan membagikan ilmunya serta menjawab pertanyaan secara interaktif dengan para penonton yang menyaksikan program tersebut.

Pada hari pertama penayangan, program ini menghadirkan koreografer tari kontemporer Eko Supriyanto dari Solo, Jawa Tengah serta Maria Tri Sulistyani atau yang lebih dikenal dengan Ria Papermoon dari Theater Puppet atau teater boneka.

Pandemi Corona, Kemendikbud Fasilitasi Pertunjukan Seni Via Youtube

Kemudian ada pula pertunjukan dari grup musik Riau Rhythm Chambers Indonesia (RRCI) yang dikenal karena memadupadankan musik beraliran Melayu dengan nada-nada musik Eropa. Selain beberapa penampil di atas, masih banyak lagi kejutan yang akan dihadirkan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud lewat program ini. Bahkan rencananya, acara ini akan terus digelar hingga wabah COVID-19 mereda.

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan bahwa program ini diniatkan untuk membantu para pekerja seni dan pelaku budaya agar tetap produktif menyusul pandemi yang meluas di tanah air.

[Baca Juga: Menerka Nasib Industri Film di Tengah Wabah COVID-19]

“Ini wujud nyata gotong royong memajukan kebudayaan. Kita tidak tinggal diam menghadapi pandemi COVID-19 ini, tapi justru secara aktif membantu sesama dengan karya kreatif, dengan cara yang juga inovatif,” kata Nadiem.

Ke depannnya kata Nadiem, pihaknya tidak hanya menyiarkan program tersebut via media sosial, namun juga Ia ingin bekerjasama dengan pihak stasiun televisi agar menjangkau lebih banyak penonton. Selain itu, Nadiem pun berencana menggandeng lebih banyak komunitas kreatif dan lembaga budaya untuk tampil dalam program tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.


Comments


Please Login to leave a comment.