PMI Gandeng LBM Eijkman Untuk Mengobati Pasien COVID-19

Kesehatan

Pandemi dan Bulan Puasa Akibatkan Stok Darah di Kota Solo Menipis

Stok darah di sejumlah kota di Indonesia berkurang di tengah pandemi COVID-19. Di Solo, jumlah stok darah sekarang ini di bawah 2.000 kantong.

Sekretaris PMI Surakarta Sumartono Hadinoto mengatakan bahwa stok darah PMI Kota Surakarta mulai menipis di tengah pandemi COVID-19. "Memang masih aman, tetapi mulai menipis. Jumlahnya di bawah 2.000 kantong," kata Sumartono dilansir dari antaranews.com (11/5/2020).

Berkurangnya stok darah selama bulan Ramadan atau menjelang Lebaran kerap terjadi. Guna mencegah hal tersebut, terhitung sejak 10 Mei hingga sepuluh hari ke depan PMI bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta menggelar kegiatan donor darah.

"Selain itu, mulai tanggal 11-18 Mei, MTA juga akan membantu mengirim sebanyak 35 pendonor setiap harinya," kata Sumartono.

PMI Depok Imbau Masyarakat Donor Darah Karena Stok Menipis

Sumartono mengatakan, pihaknya juga mengapresiasi dukungan masyarakat Kota Solo untuk ikut terlibat dalam menjaga stok darah. "Ini berkat kepercayaan masyarakat Solo yang luar biasa. Jumlah pendonor sekitar 100 orang selama tiga jam untuk yang tidak berpuasa dan tiga jam untuk yang berpuasa. Waktunya mulai dari jam 13.00 WIB sampai dengan buka puasa," katanya.

Selain menjamin ketersediaan stok darah, Pemerintah Kota Surakarta juga mendistribusikan logistik jaring pengaman sosial yang diperuntukkan bagi masyarakat terdampak pandemi. Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan pada kesempatan kali ini pihaknya menyalurkan logistik sembako untuk 40.000 kepala keluarga di seluruh kelurahan yang ada di Kota Solo.

[Baca Juga: PMI Depok Imbau Masyarakat Donor Darah Karena Stok Menipis]

"Untuk bulan Mei ini bantuan disalurkan dalam dua tahap," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan bantuan tersebut diserahkan kepada warga miskin dan warga rentan miskin yang belum menerima bantuan dari pemerintah pusat maupun provinsi. Baik bantuan pangan nontunai (BPNT), program keluarga harapan (PKH), maupun bantuan sosial tunai (BST).

Sebagai informasi, pada paket sembako yang dibagikan oleh Pemkot Surakarta yaitu berisi beras 10 kg, sarden satu kaleng, susu kental manis satu kaleng, mi telur satu buah, teh satu buah, dan minyak goreng 500 ml.

[Baca Juga: Siapa Saja yang Boleh Donor Plasma Darah untuk Kesembuhan COVID-19?]


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.