PMI Gandeng LBM Eijkman Untuk Mengobati Pasien COVID-19

Kesehatan

Pandemi dan Bulan Puasa Akibatkan Stok Darah di Kota Solo Menipis

Stok darah di sejumlah kota di Indonesia berkurang di tengah pandemi COVID-19. Di Solo, jumlah stok darah sekarang ini di bawah 2.000 kantong.

Sekretaris PMI Surakarta Sumartono Hadinoto mengatakan bahwa stok darah PMI Kota Surakarta mulai menipis di tengah pandemi COVID-19. "Memang masih aman, tetapi mulai menipis. Jumlahnya di bawah 2.000 kantong," kata Sumartono dilansir dari antaranews.com (11/5/2020).

Berkurangnya stok darah selama bulan Ramadan atau menjelang Lebaran kerap terjadi. Guna mencegah hal tersebut, terhitung sejak 10 Mei hingga sepuluh hari ke depan PMI bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta menggelar kegiatan donor darah.

"Selain itu, mulai tanggal 11-18 Mei, MTA juga akan membantu mengirim sebanyak 35 pendonor setiap harinya," kata Sumartono.

PMI Depok Imbau Masyarakat Donor Darah Karena Stok Menipis

Sumartono mengatakan, pihaknya juga mengapresiasi dukungan masyarakat Kota Solo untuk ikut terlibat dalam menjaga stok darah. "Ini berkat kepercayaan masyarakat Solo yang luar biasa. Jumlah pendonor sekitar 100 orang selama tiga jam untuk yang tidak berpuasa dan tiga jam untuk yang berpuasa. Waktunya mulai dari jam 13.00 WIB sampai dengan buka puasa," katanya.

Selain menjamin ketersediaan stok darah, Pemerintah Kota Surakarta juga mendistribusikan logistik jaring pengaman sosial yang diperuntukkan bagi masyarakat terdampak pandemi. Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan pada kesempatan kali ini pihaknya menyalurkan logistik sembako untuk 40.000 kepala keluarga di seluruh kelurahan yang ada di Kota Solo.

[Baca Juga: PMI Depok Imbau Masyarakat Donor Darah Karena Stok Menipis]

"Untuk bulan Mei ini bantuan disalurkan dalam dua tahap," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan bantuan tersebut diserahkan kepada warga miskin dan warga rentan miskin yang belum menerima bantuan dari pemerintah pusat maupun provinsi. Baik bantuan pangan nontunai (BPNT), program keluarga harapan (PKH), maupun bantuan sosial tunai (BST).

Sebagai informasi, pada paket sembako yang dibagikan oleh Pemkot Surakarta yaitu berisi beras 10 kg, sarden satu kaleng, susu kental manis satu kaleng, mi telur satu buah, teh satu buah, dan minyak goreng 500 ml.

[Baca Juga: Siapa Saja yang Boleh Donor Plasma Darah untuk Kesembuhan COVID-19?]


Read More

Artikel Lainnya

OneRepublic Hingga MWAM Akan Tampil di Woke Up Fest 202 3.jpg

Hobi dan Hiburan

OneRepublic Hingga MWAM Akan Tampil di Woke Up Fest 2023

28 September 2022, 16:11

Konser internasional Woke Up Fest 2023 yang menampilkan musisi ternama dari berbagai negara diumumkan akan digelar pada Februari 2023 di Istora Senayan Jakarta.

Manggung di JIS, Dewa 19 Full Team Siap Tampil di Jakarta.jpg

Hobi dan Hiburan

Manggung di JIS, Dewa 19 Full Team Siap Tampil di Jakarta

28 September 2022, 14:08

Setelah tampil di Candi Prambanan dan mengumumkan konser di Solo, konser Dewa 19 full team yang lengkap dengan anggota serta mantan anggotanya kali ini melirik JIS sebagai venue konser selanjutnya.

Melalu Menanti, Aldiv Rilis Single Ketiganya.jpg

Hobi dan Hiburan

Melalui Menanti, Aldiv Rilis Single Ketiganya

28 September 2022, 12:06

Penyanyi solois pria Aldiv kembali menunjukkan eksistensinya di blantika musik Tanah Air dengan single Menanti.

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusu s.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusus

27 September 2022, 16:37

Maybelline baru-baru ini meluncurkan lipcream Superstay Matte Ink dengan delapan shade warna yang terinspirasi dari empat karakter perempuan di mobile game Free Fire.


Comments


Please Login to leave a comment.