Sistem Vertiminaponik Hasilkan Panen Sayur Mayur di RPTRA Tanah Abang 3

Berita Kawasan

Panen Sayur Sistem Vertiminaponik di RPTRA Tanah Abang 3

Saat ini, berbagai RPTRA juga mendukung penghijauan di Ibu Kota Jakarta. Hal ini terlihat dari berbagai RPTRA yang mulai bertani dengan ragam metode. Mulai dari menggunakan sistem hidroponik maupun vertiminaponik. Sistem pertanian dengan vertimininaponik seperti yang dilakukan Pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tanah Abang 3, yang berada di Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Bahkan, hasil pertanian di RPTRA Tanah Abang 3 yang ditanam sejak dua bulan lalu sudah panen.

Hasil panen RPTRA Tanah Abang 3 dari penggunaan sistem vertiminaponik adalah sayuran kangkung dan bayam merah. Salah satu pengelola RPTRA Surya mengatakan, kangkung dan bayam merah dari hasil panen tersebut sebanyak masing-masing dua ikat yang kemudian dijual kepada warga yang berkunjung ke RPTRA Tanah Abang 3.

[Baca Juga: Warga Pengadegan Kembangkan Pertanian Hidroponik di Pinggir Gang]

Harga per ikat sayuran kangkung dan bayam merah tersebut dibandrol seharga Rp3.000 per ikat. Dia juga menjelaskan, uang hasil penjualannya kemudian dipakai untuk membeli bibit baru sebagaimana dilansir beritajakarta.id (10/5/2019). "Kita panen dua ikat kangkung dan dua ikat bayam merah. Uang hasil penjualan kita pakai buat beli bibit yang baru," katanya.

Sekadar informasi, vertiminaponik merupakan sistem pertanian yang menggabungkan budidaya ikan di dalam bak atau kolam dengan budidaya tanaman dalam lingkungan. Sementara, RPTRA Tanah Abang 3 menggunakan sistem vertiminaponik dengan menggunakan pupuk kotoran ikan lele yang dialirkan dari air kolam.

[Baca Juga: Urban Farming di BKB Petamburan Panen 25kg Kacang Panjang]

"Kita gunakan pupuk kotoran ikan lele yang dialirkan dari air kolam. Lalu, di atasnya ditaruh media tanam berisi tanah yang sudah dicampur pupuk kandang. Kemudian, ditanami bibit kangkung dan bayam merah," terangnya.

Dia juga mengatakan, sejak 2017 RPTRA Tanah Abang memang sudah melakukan kegiatan budidaya seperti ini. Selama kegiatan berlangsung, pihaknya juga selalu mengajak warga agar ikut melakukan budidaya. Hal itu karena diharapkah warga bisa mencontoh kegiatan tersebut di rumah masing-masing. "Kita juga bisa memberikan contoh ke masyarakat bahwa media tanam yang seperti ini praktis dan mereka bisa lakukan di rumah," ujarnya.

Read More

Artikel Lainnya

Bahas Pelajar yang Ikut Aksi Unjuk Rasa, Pemkot Bekasi Gandeng Kepala Sekolah.jpg

Pendidikan

Bahas Pelajar Ikut Aksi Unjuk Rasa, Pemkot Bekasi Gandeng Kepala Sekolah

20 October 2020, 13:02

Berangkat dari keprihatinan pelajar yang terlibat dalam unjuk rasa, Pemkot Bekasi baru-baru ini mengumpulkan para kepala sekolah di wilayahnya.

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

Kesehatan

Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah

20 October 2020, 11:05

Pemerintah setempat meningkatkan pengawasan serta bantuan tes PCR kepada daerah-daerah dengan kasus terbanyak. Pemimpin di semua level juga wajib memberi contoh penerapan protokol kesehatan.

Pemkot Bogor Sambut Kedatangan PM Jepang dengan Pengamanan Ketat.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Kedatangan PM Jepang dengan Pengamanan Ketat

20 October 2020, 08:52

Pemkot Bogor memastikan pengamanan ketat untuk menyambut kedatangan perdana PM Jepang Yoshide Suga dan istrinya ke Kota Hujan.

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

Kuliner

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

20 October 2020, 08:12

Kandungan protein menentukan seberapa banyak gluten yang akan terbentuk pada tepung, yang pada gilirannya memengaruhi kualitas tekstur makanan Anda.


Comments


Please Login to leave a comment.