Sistem Vertiminaponik Hasilkan Panen Sayur Mayur di RPTRA Tanah Abang 3

Berita Kawasan

Panen Sayur Sistem Vertiminaponik di RPTRA Tanah Abang 3

Saat ini, berbagai RPTRA juga mendukung penghijauan di Ibu Kota Jakarta. Hal ini terlihat dari berbagai RPTRA yang mulai bertani dengan ragam metode. Mulai dari menggunakan sistem hidroponik maupun vertiminaponik. Sistem pertanian dengan vertimininaponik seperti yang dilakukan Pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tanah Abang 3, yang berada di Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Bahkan, hasil pertanian di RPTRA Tanah Abang 3 yang ditanam sejak dua bulan lalu sudah panen.

Hasil panen RPTRA Tanah Abang 3 dari penggunaan sistem vertiminaponik adalah sayuran kangkung dan bayam merah. Salah satu pengelola RPTRA Surya mengatakan, kangkung dan bayam merah dari hasil panen tersebut sebanyak masing-masing dua ikat yang kemudian dijual kepada warga yang berkunjung ke RPTRA Tanah Abang 3.

[Baca Juga: Warga Pengadegan Kembangkan Pertanian Hidroponik di Pinggir Gang]

Harga per ikat sayuran kangkung dan bayam merah tersebut dibandrol seharga Rp3.000 per ikat. Dia juga menjelaskan, uang hasil penjualannya kemudian dipakai untuk membeli bibit baru sebagaimana dilansir beritajakarta.id (10/5/2019). "Kita panen dua ikat kangkung dan dua ikat bayam merah. Uang hasil penjualan kita pakai buat beli bibit yang baru," katanya.

Sekadar informasi, vertiminaponik merupakan sistem pertanian yang menggabungkan budidaya ikan di dalam bak atau kolam dengan budidaya tanaman dalam lingkungan. Sementara, RPTRA Tanah Abang 3 menggunakan sistem vertiminaponik dengan menggunakan pupuk kotoran ikan lele yang dialirkan dari air kolam.

[Baca Juga: Urban Farming di BKB Petamburan Panen 25kg Kacang Panjang]

"Kita gunakan pupuk kotoran ikan lele yang dialirkan dari air kolam. Lalu, di atasnya ditaruh media tanam berisi tanah yang sudah dicampur pupuk kandang. Kemudian, ditanami bibit kangkung dan bayam merah," terangnya.

Dia juga mengatakan, sejak 2017 RPTRA Tanah Abang memang sudah melakukan kegiatan budidaya seperti ini. Selama kegiatan berlangsung, pihaknya juga selalu mengajak warga agar ikut melakukan budidaya. Hal itu karena diharapkah warga bisa mencontoh kegiatan tersebut di rumah masing-masing. "Kita juga bisa memberikan contoh ke masyarakat bahwa media tanam yang seperti ini praktis dan mereka bisa lakukan di rumah," ujarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.