Salat Iduladha di Bandung Tertib dan Penuh Kehati-hatian

Berita Kawasan

Panitia Salat Idulfitri di Bandung Wajib Laksanakan Simulasi Protokol Kesehatan

Pelaksanaan Ibadah Salat Idulfitri di Bandung boleh dilakukan. Namun panitia harus menyelenggarakan simulasi dan lokasinya harus diketahui oleh Satgas Penanganan COVID-19. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 Kota Bandung Oded M. Danial, usai Rapat Terbatas dengan Forkopimda di Pendopo Kota Bandung, Jumat 23 April 2021.

Menurutnya, tujuan dilakukan simulasi dan lokasi diketahui oleh satgas agar peribadatan Salat Idulfitri tetap aman dan terawasi. Satgas memiliki kewajiban untuk terus menyosialisasikannya kepada masyarakat. Maka pihaknya akan terus menyelenggarakan sosialisasi kepada masyarakat terkait Salat Idulfitri. "Jadi kita akan memberikan sosialisasi edukasi kepada masyarakat. Dari sekarang Idulfitri sudah mulai sosialisasi, karena Kota Bandung termasuk wilayah yang diperbolehkan melaksanakan Salat Idulfitri dari kebijakan pusat," ujar Oded, dikutip dari laman resmi humas.bandung.go.id (24/4/21).

Panitia Salat Idulfitri di Bandung Wajib Laksanakan Simulasi Protokol Kesehatan.jpg

Lebih lanjut Oded menyatakan bahwa peribadatan salat Idulfitri diperbolehkan dengan catatan protokol kesehatan harus ketat. "Salat Idulfitri diperbolehkan tapi dengan catatan protokol kesehatannya ketat. Bahkan setiap tempat pelaksanaan itu harus ada kepanitian dan membuat simulasi, dan mereka harus terdaftar di Satgas Kelurahan," katanya.

Selain Salat Idulfitri, ada pengawasan khusus untuk aktivitas ziarah ke tempat pemakaman. "Untuk pengawasan aktivitas ziarah di tempat pemakaman, dari sekarang saya minta Pak Ema sebagai Ketua Satgas Penanganan COVID-19, agar disosialisasikan juga. Dengan upaya seperti ini mudah-mudahan kita bisa menghadirkan yang terbaik," lanjutnya.

[Baca Juga: MUI Buat Fatwa Salat Idulfitri di Rumah, Ini Panduannya]

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Bandung, Tedi Ahmad Junaedi mengatakan, Surat Edaran Wali Kota Bandung sebelumnya terkait Ibadah pada kegiatan Ramadan tidak bertentangan dengan Surat Edaran Nomor 4 dari Kemenag RI. "Karena memang yang tidak boleh itu zona oranya dan zona merah, sementara kalau Kota Bandung yang zonasi RT hijau 93,37 persen. Artinya pelaksanaan Idulfitri boleh dengan standar protokol kesehatan yang ketat," katanya.

Sedangkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung, KH Miftah Faridl mendukung kebijakan pemerintah agar bisa dipahami masyarakat dan selama itu tidak bertentangan dengan agama. Setahun ini MUI konsentrasi untuk memberikan masukan, agar memahami dengan dialog, diskusi, selebaran, dan melalui media sosial. "Bahkan untuk khutbah kita siapkan teksnya. Kita menghargai disiplin kesehatan melaksanakan ajaran agama itu perintah Allah. Karena agama melarang umat Islam menyebarkan dan berusaha untuk tidak terkena sebaran penyakit," ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya.jpg

Pendidikan

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya?

18 August 2022, 13:39

Para mahasiswa Unpad belum lama ini memutuskan untuk memasangkan kalung reflektif untuk kucing-kucing liar yang tinggal di sekitaran area kampus Unpad Jatinangor.

Momen HUT RI ke-77, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Wargany a.jpg

Berita Kawasan

Momen HUT ke-77 RI, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Warganya

18 August 2022, 11:38

Dengan tema kebangkitan di HUT ke-77 RI, Anies mengungkapkan bahwa pihaknya telah meringankan beban warganya dengan memberikan keringanan pajak bahkan membebaskannya.

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.


Comments


Please Login to leave a comment.