gubsu-sidak-pasar.jpg

Bisnis

Pantau Harga Jelang Ramadan, Gubernur Sumatera Utara Tinjau Pasar Sei Sikambing

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman meninjau Pasar Sei Sikambing Medan untuk memastikan pasokan dan stabilitas harga pangan jelang Ramadan, (9/4/2021).

Di hadapan awak media, Edy mengatakan kenaikan harga menjelang hari besar khususnya bulan suci Ramadan menjadi suatu kebiasaan.

"Padahal saya sudah tahu, belum ada waktunya untuk naik. Karena jumlah barang dengan uang itu harus seimbang. Saya ikuti benar ini. Itu lah namanya pertumbuhan ekonomi kita, dinilai dari yang paling awal adalah dari pasar," katanya di hadapan media (9/4/2021).

tinjau-pasar.jpg

Dia menyebut, sejumlah harga komoditas masih di ambang normal. Namun, ada beberapa komoditas tertentu yang mengalami kenaikan tarif harga yakni telur, dan daging.

Dari hasil tinjauannya ini, Edy melihat harga bahan pokok masih stabil. Meskipun, ada beberapa jenis bahan pangan yang naik, seperti telur, daging tadi juga sudah ada yang sampai Rp130.000 per kilogram.

“Ini saya lihat masih sesuai, limit atas dan limit bawah masih ketemu. Tetapi sudah beberapa komunitas itu sudah di ambang atas. Daging rata-rata diatas Rp120.000, dari mana hitungnya, dari jumlah sapi yang dipotong 124 ekor perhari di Sumut,” ujarnya.

Selain itu, Edy menuturkan harga bawang merah, cabai merah, bawang putih, cabai rawit mulai merangkak naik. “Alasannya biasa, klasik, makanan ternak naik. Nanti, kalau habis Lebaran makanannya tak naik lagi. Itu cukup klasik,” ucapnya.

[Baca Juga: Pastikan Tak Ada Cabai dengan Pewarna, Pemkot Jakarta Pusat Sidak Pasar]

Edy menegaskan, Pemprov Sumut terus memantau pergerakan harga bahan pokok. Pemantauan itu, kata Edy, tidak hanya dilakukan di hilir, melainkan di hulu.

Sementara itu Waki Wali Kota Medan, Aulia Rachman mengatakan, setelah melakukan pemantauan, dia menilai bahan baku yang ada di Pasar Sei Kambing kota Medan kenaikannya masih bisa terbilang tahap normal.

"Karena mungkin pedagang pasar ini tahu juga, perputaran ekonomi yang ada di kota Medan. Jadi mereka menaikkannya di ambang batas wajar," kata Aulia.

Dia menambahkan, bahwa sidak yang di lakukannya bersama gubernur adalah proses pengawasan yang nantinya akan di bawakan ke rapat koordinasi bersama pemerintah Provinsi Sumut. “Jadi kita mengikuti arahan dari pada Pemprov Sumut apa yang menjadi putusan kita wajib mengikuti. Karena ini semua terstruktur dari Kementrian sampai ke tingkat daerah,” pungkas Aulia.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.