CEMPAKA PUTIH_FAHSION_PAPER QUILLING SEBAGAI KADO UNIK DI HARI ISTIMEWA_OCI_1000 X 600 px-01.jpg

Kecantikan dan Fashion

Paper Quilling Sebagai Kado Unik di Hari Istimewa

Hobi juga bisa menguntungkan. Kerajinan tangan menggulung kertas yang disebut paper quilling ternyata bisa dibuat menjadi sebuah pajangan yang menarik sebagai bentuk ucapan selamat ulang tahun dan acara istimewa lain. Kado unik ini salah satunya diproduksi Kiwi Gift and Craft yang beralamat di Jalan Rawa Sawah III No. 10, RT. 7 RW. 1, Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat 10550.

Paper quilling adalah salah satu seni menggulung kertas yang dikenal di benua Eropa sejak abad ke-17. Seperti dikutip dari kontan.com, Jumat (24/8/2018), seni ini menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dengan menggunakan imajinasi dan ketelitian dalam menggulung, merangkai, hingga merekatkan kertas untuk membuat bentuk yang diinginkan.

[Baca Juga : 5 Art Space di Kemang untuk Menambah Wawasan Seni]

Quilling dapat digunakan untuk menghias kartu ucapan, gambar, bingkai, gantungan kunci, dan lain-lain. Barang-barang ini semua dapat dipakai sebagai hadiah atau bahakan dijual. Quilling dimulai dengan menggulung potongan kertas berbentuk panjang menjadi sebuah kumparan dengan menggunakan alat dan kemudian mencubitnya menjadi bentuk tertentu, kemudian direkatkan. Ada teknik-teknik tertentu dengan menggunakan berbagai ukuran kertas yang berbeda sehingga menjadi miniatur 3D.

Sejarah Quilling

Pada zaman Renaisans, biarawan dan biarawati Perancis serta Italia menggunakan quilling untuk menghias sampul buku dan barang-barang religius. Kertas yang paling umum digunakan pada masa itu adalah strip kertas dipotong dari tepi buku yang disepuh emas. Strip kertas berlapis emas ini kemudian digulung untuk membuat suatu bentuk.

Pada abad ke-18, quilling populer di Eropa pada saat perempuan dari tingkat sosial tinggi berlatih seni untuk mengisi waktu luang. Quilling juga menyebar ke Amerika dan ada beberapa contoh dari zaman kolonial. Pada saat ini quilling menjadi populer karena banyak quillers atau orang yang meggeluti seni quilling, di setiap benua dan di seluruh lapisan sosial.

Quilling menjadi sebuah bentuk seni rakyat tidak lagi terbatas pada "kelas atas". Di Indonesia, seni ini juga mulai populer dan meluas. Awalnya memang tidak begitu populer karena terbatasnya kertas siap pakai dalam beberapa ukuran dengan warna yang terbatas sehingga hanya bergantung pada kertas impor.

[Baca Juga : Meningkatkan Minat Seni Buah Hati Melalui Pembelajaran Musik]

Namun, sekarang sudah tersedia kertas lokal dalam berbagai ukuran dan warna yang sangat menarik. Tidak bisa dipungkiri juga, perkembangan teknologi informasi juga menjadi faktor meluasnya seni ini. Di beberapa situs populer seperti Youtube sudah banyak tutorial pembuatan quilling.

Bahan dan Alat Quilling

Selain kertas, ada alat-alat tertentu yang dibutuhkan untuk membuat kreasi ini. Alat-alat berikut bisa diperoleh secara daring di toko-toko yang menyediakan suplai alat kerajinan tangan.

  • Quilling Paper

Kertas quilling biasanya beranekawarna dengan lebar 0,3, 0,5, sampai 1 cm. Kertas semacam ini juga tersedia di toko-toko stationery, tapi harganya sedikit tinggi. Anda juga bisa menggunakan kertas HVS berwarna, kertas concorde, linen, atau kertas cover.

  • Lem

Berbagai macam lem kertas bisa digunakan, tapi sebaiknya gunakan lem berwarna putih supaya lebih rapi karena hasil lemnya transparan. Bahan ini lebih mudah ditemukan, di toko kelontong dekat rumah pun biasanya ada.

  • Gunting

Jenis guntingnya bisa apa saja, tapi pastikan tajam sehingga hasil potongan kertas lebih rapi dan tidak berserabut.

  • Jarum quilling

Alat ini bisa mempermudah kita buat menggulung kertas, kalau tidak punya jarum quilling tidak masalah. Anda masih bisa menggunakan tangan. Ada beberapa quiller yang malah lebih memilih tidak menggunakan jarum.

  • Pinset

Alat ini untuk mempermudah saja ketika Anda menempel kertas. Jika bisa menggunakan tangan juga tidak masalah.

Sebenarnya masih ada beberapa alat lain, tapi jika tidak ada pun Anda tetap bisa membuat kerajinan tangan ini. Alat-alat tersebut juga bisa diperoleh di Kiwi Gift and Craft di Johar Baru, Jakarta Pusat. Selamat berkarya!

Read More


Artikel Lainnya

Menengok Penyu Sisik di Penangkaran Pulau Pramuka

Berita Kawasan

Menengok Penyu Sisik di Penangkaran Pulau Pramuka

22 May 2019, 09:00  |  6 Views

Dalam rangka peringatan Hari Penyu Sedunia, mari menengok penyu sisik di penangkaran Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Tips Atasi Ngantuk Saat Beraktivitas di Bulan Ramadan

Kesehatan

Tips Atasi Ngantuk Saat Beraktivitas di Bulan Ramadan

22 May 2019, 11:50  |  5 Views

Jika Anda sering mengantuk saat beraktivitas di bulan Ramadan, berikut cara ampuh mengusir rasa kantuk.

Revenue Meningkat Lamudi Buka Kantor Baru di GoWork Pasific Place

Properti dan Solusi

Lamudi Buka Kantor Baru di GoWork Pacific Place

21 May 2019, 11:00  |  9 Views

Dengan dibukanya kantor baru Lamudi.co.id di GoWork, Pacific Place ini merupakan bukti nyata perusahaan terhadap pertumbuhan yang di alami, yakni mencapai 300 persen.

Inilah 6 Bisnis Paling Laris di Bulan Ramadan

Bisnis

Inilah 6 Bisnis Paling Laris di Bulan Ramadan

21 May 2019, 13:00  |  6 Views

Banyak peluang usaha di momen-momen tertentu, seperti saat bulan Ramadan. Apa saja yang menjadi peluang usaha dan bisnis paling laris di bulan suci Ramadan?


Comments


Please Login to leave a comment.