PAPERUN Charity Run 5K Demi Tingkatkan Literasi Bangsa

Berita Kawasan

PAPERUN Charity Run 5K Demi Tingkatkan Literasi Bangsa

Rendahnya literasi di Tanah Air salah satunya akibat kurang tersedianya buku untuk dibaca. Penulis sekaligus pegiat literasi, Okky Madasari sadar akan kondisi rumah baca di Desa Bajo Bahari, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, yang jauh dari kata layak.

Menurut Okky, di sana hanya ada tumpukan majalah usang. “Kondisi ini umum terjadi di daerah. Jangankan taman bacam perpustakaan sekolah atau perpustakaan daerah saja banyak yang hanya bangunan dan papan nama belaka. Saya mengalami sendiri tumbuh dengan situasi seperti itu,” tutur Okkydilansir dari rilis yang diterima Pingpoint.co.id (20/6/2019).

Berangkat dari kondisi tersebut, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas kembali menyelanggarakan PAPERUN Charity Fun Run 5K 2019, sebuah ajang lari dengan misi sosial untuk mengajak masyarakat peduli terhadap literasi.

[Baca Juga: Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi]

Seluruh biaya pendaftaran dari ajang fun run ini akan disalurkan dalam bentuk buku berkualitas ke berbagai rumah baca di daerah pascabencana maupun daerah lain yang membutuhkan.

"Masih banyak generasi muda di Indonesia yang berhak dan berkeinginan untuk mendapat kesempatan belajar tetapi tidak memiliki sarana membaca yang memadai, khususnya di daerah terpencil,” ungkap Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata, masih dari sumber yang sama.

Kurang tersebarnya buku berkualitas di berbagai daerah membuat literasi anak bangsa pun jauh tertinggal dari negeri lain. Tercatat, dari 61 negara, minat baca Indonesia hanya menduduki peringkat 60. Kajian World’s Most Literate Nations yang dilakukan oleh Central Connecticut State University di AS ini semakin menegaskan bahwa Indonesia butuh bergegas untuk meningkatkan literasi bangsa.

[Baca Juga: Perpustakaan untuk Generasi Milenial di Tangsel]

"Kami harap PAPERUN Charity Fun Run 5K 2019 dapat menjadi sarana bagi masyarakat yang peduli terhadap tingkat literasi di Indonesia dan berkeinginan untuk membantu sesama," tambahnya. Kegiatan PAPERUN Charity Fun Run 5k ini akan diadakan pada Minggu, 23 Juni 2019, bertepatan dengan Car Free Day di kawasan Jakarta Pusat.

Biaya pendaftaran minimal Rp150.000, yang artinya peserta bebas menambahkan berapapun nominal untuk didonasikan. Selain berdonasi melalui uang pendaftaran, para peserta juga dapat langsung mendonasikan buku bacaan di drop box yang tersedia di lokasi acara. 

Tidak hanya berlari dan berdonasi, para peserta PAPERUN Charity Fun Run 5K 2019 juga memiliki kesempatan memenangkan total hadiah senilai jutaan rupiah dengan mengikuti kompetisi Best Costume, kompetisi foto Instagram, dan door prize

[Baca Juga: Ajak Buah Hati Berliterasi Saat Libur Sekolah]

PAPERUN Charity Fun Run 5k pertama kali diadakan pada tahun 2017. Dari donasi yang terkumpul saat itu berhasil tersalurkan kepada 60 taman bacaan masyarakat di beberapa wilayah Indonesia. Buku yang didonasikan beragam jenisnya, meliputi buku edukasi, sejarah, ilmu pengetahuan, dan novel.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.