Para Pedagang PKL Maliboro Akan Direlokasi ke Teras Malioboro.jpg

Berita Kawasan

Para Pedagang PKL Maliboro Akan Direlokasi ke Teras Malioboro

Salah satu aspek yang terbilang ikonik di Jalan Maliboro Kota Yogyakarta adalah para pedagang kaki lima atau PKL yang menjajakan berbagai barang, makanan, serta cinderamata untuk para wisatawan yang datang ke Kota Gudeg. Namun di sisi lain, kehadiran mereka juga tak bisa dipungkiri kehadiran PKL tersebut membuat lokasi wisata ini jadi terkesan tak tertata rapi. Oleh karena itulah ketika Jalan Malioboro diputuskan menjadi kawasan heritage, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Pemkot Yogyakarta mengumumkan rencana relokasi para pedagang PKL.

Titik relokasinya sendiri saat ini telah siap dengan peresmian Teras Malioboro yang dilakukan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heror Poerwadi pada 26 Januari 2022. Di mana Teras Malioboro sendiri terbagi menjadi dua bangunan yang terpisah. Dengan Teras Malioboro I menempati lahan gedung eks Bioskop Indra dan Teras Maliobor II berada di gedung eks Kantor Dinas Pariwisata.

Para Pedagang PKL Maliboro Akan Direlokasi ke Teras Malio boro.jpg

Kehadiran Teras Malioboro ini disinyalir sudah menjadi bagian keinginan dari Sri Sultan sejak 18 tahun yang lalu. Karena ia ingin menjadikan Jalan Malioboro serta Jalan Margo Mulya dapat memiliki sistem pejalan kaki yang berkualitas sekaligus menjadi pusat pelayanan kota. Namun di sisi lain, Gubernur DIY itu juga tak ingin melupakan para wong cilik yang menjadi PKL di sana. Pasalnya, Teras Malioboro dipandang menjadi lokasi yang lebih baik untuk para pedagang serta membuat nyaman untuk para pembeli.

“Kami konsisten dalam arti membina tetapi juga tetap memasarkan, baik yang ada di sini (Teras Malioboro I) maupun sementara yang ada di Dinas Pariwisata di sebelah DPRD Provinsi. Sehingga tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebih” tuturnya, sebagaimana dikutip dari Jogjaprov.go.id (26/1/2022).

[Baca Juga: Kawasan Malioboro Diperketat Akibat Seorang PKL Positif COVID-19]

Dalam upaya mempermudah serta meringankan beban untuk para pedagang PKL selama proses transisi pasca-relokasi nanti, Sri Sultan menegaskan bahwa para pedagang PKL akan dibebaskan biaya retribusi selama setahun di Teras Malioboro. Selama masa transisi nanti, orang nomor satu di DIY itu juga menambahkan, siap menampung aspirasi dari para pedagang dan publik mengenai Teras Malioboro.

Proses relokasi PKL di Jalan Malioboro sendiri akan dimulai pada akhir Januari 2022 ini dan jika sesuai jadwal maka proses ini akan rampung pada pertengahan Februari 2022 nanti. Berdasarlam data yang dimiliki Pemda DIY dan Pemkot Yogyakarta, pada pekan ini sudah tercatat sekitar 1.838 PKL yang terdaftar untuk direlokasi ke Teras Malioboro.


Read More

Teras Malioboro

Pasar

None
None

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.