Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali mengadakan event khusus untuk memberikan apresiasi kepada para pelaku ekonomi kreatif serta komunitasnya melalui Jakarnaval 2022 pada akhir pekan kemarin. Di mana ini merupakan kali pertamanya Jakarnaval kembali digelar setelah sempat vakum selama dua tahun terakhir. Menurut pihak Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Disparekraf, Jakarnaval 2022 menjadi kesempatan untuk menduniakan kekayaan intelektual Tanah Air.

Jakarnaval 2022 yang digelar pada 14 Agustus 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit, Taman Impian Jaya Ancol ini disebut digelar dalam rangka menjadi bagian dari HUT DKI Jakarta sekaligus merayakan HUT ke-77 RI. Dalam acara ini, Disparekraf 2022 menghadirkan kombinasi hiburan yang mencakup modern hingga tradisional seperti drama musikal, karnaval mobil hias, marching band, sampai gambang kromong serta ondel-ondel turut ditampilkan. Setelah sempat absen selama dua tahun, Jakarnaval bagi Disparekraf DKI Jakarta memiliki makna tersendiri.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantar a.jpg

“Jakarnaval diselenggarakan sebagai salah satu daya tarik pariwisata di DKI Jakarta yang bertujuan mempromosikan maupun menyinergikan keragaman daya tarik wisata, budaya, dan kreativitas komunitas DKI Jakarta dan menggerakkan perekonomian lokal berbasis pariwisata, yang bermuara pada penciptaan peluang kerja, dan promosi produk destinasi wisata, budaya, dan ekonomi kreatif. Kegiatan ini juga sebagai simbol dari kebangkitan industri pariwisata DKI Jakarta pascapandemi,” ungkap Kepala Disparekraf DKI Jakarta Andhika Permata, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman ppid.jakarta.go.id (14/8/2022).

Jakarnaval 2022 yang bertajuk Kekayaan Intelektual Nusantara untuk Dunia dan ini bisa terlihat dari para peserta parade yang terbagi menjadi lima klaster dan menampilkan berbagai cerita rakyat serta fiksi. Di mana menariknya alih-alih mengikuti kisah yang sudah populer di tengah masyarakat, orang-orang kreatif di balik parade ini memberikan versi remake dari kisah-kisah tersebut. Jadi selain penampilan musisi ternama, para penonton juga bisa menyaksikan berbagai ide kreatif dari cerita rakyat yang ditampilkan di depan mereka.

[Baca Juga: Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta]

Lima klaster ini terdiri dari Jawara Epic Adventure yang memperlihatkan semesta di mana Pitung, Jampang, dan Sabeni berpetualang bersama. Kemudian ada Guardians of Nusantara mengambil latar belakang Kerajaan Majapahit yang disisipi unsur fantasi. Lalu ada Gundala mengambil kisah sosok yang berusaha menjaga persatuan Kota Jakarta yang multietnis. Selain itu ada Chronicles of Destiny yang pada dasarnya menggabungkan cerita Keong Mas, Timun Emas, dan Bawang Merah Bawang Putih dalam satu setting yang diberikan unsur klasik. Terakhir adalah The Inferno Heart yang pada dasarnya mengambil kisah Ramayana tapi diramu ala steampunk.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.