Parade Ondel-ondel Jadi Perhatian Para Pengunjung Kawasan Kota Tua

Berita Kawasan

Parade Ondel-ondel Jadi Perhatian Para Pengunjung Kawasan Kota Tua

Plaza Museum Fatahillah, Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat mendadak dipenuhi puluhan ondel-ondel pada 7 Juli 2019. Para pengunjung sekitar kawasan Kota Tua pun jadi antusias menyaksikan puluhan ondel-ondel yang berparade pada Minggu kemarin (7/7/2019).

Puluhan ondel-ondel yang ditampilkan dalam parade di Plaza Museum Fatahillah berasal dari berbagai sanggar yang berpartisipasi dalam rangka peringatan HUT ke-492 DKI Jakarta dan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi yang ke-37. Parade ondel-ondel tersebut digelar sebagai sebuah kegiatan yang bisa menjadi sarana rekreasi bagi warga Jakarta.

Parade Ondel-ondel Jadi Perhatian Para Pengunjung Kawasan Kota Tua

Selain itu parade yang berlangsung meriah ini juga menjadi hiburan edukatif dan atraktif sebagaimana disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya Oswar Muadzin Mungkasa. Dia memberikan apresasi kepada semua pihak yang telah mempersiapkan parade ondel-ondel dengan baik. Dia pun berharap, acara tersebut bisa meningkatkan jalinan komunikasi dan interaksi antar warga sekaligus meningkatkan rasa cinta terhadap Budaya Betawi.

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik," tuturnya.

[Baca Juga: Nemin Tuih Terima Pesanan Ondel-ondel Hingga ke Mancanegara]

Menurut Oswar, ondel-ondel merupakan pertunjukan rakyat yang sudah berabad-abad ada di tengah kehidupan warga. "Mari kita tunjukkan kepada masyarakat dunia, Jakarta layak menjadi tujuan wisata karena kita memiliki citra sebagai kota ramah," tandasnya.

Sementara, Ketua Bamus Betawi Abraham Lulung Lunggana menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yang selama ini sangat mendukung upaya pelestarian Budaya Betawi. "Pelestarian Budaya Betawi juga mendapat dukungan penuh Pemprov DKI yang dituangkan dalam Pergub," ujarnya. Peraturan Gubernur (Pergub) yang dimaksud adalah Pergub No 229 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelestarian Kebudayaan Betawi.

Parade Ondel-ondel Jadi Perhatian Para Pengunjung Kawasan Kota Tua

Setelah menggelar parade ondel-ondel pada 7 Juli kemarin, Pemprov DKI melalui Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Jakarta Pusat juga akan menggelar acara menarik lainnya di akhir pekan mendatang, pada 13-14 Juli 2019.

Selama dua hari tersebut, Festival Pasar Baru akan digelar sebagai upaya mengembalikan eksistensi kawasan Pasar Baru yang dikenal sebagai pusat perbelanjaan. Menurut Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Pusat Sonti Pangaribuan, banyaknya situs belanja online yang hadir di tengah masyarakat dikhawatirkan dapat meredupkan nama Pasar Baru yang sejak dulu menjadi ikon Jakarta Pusat.

[Baca Juga: Kampung Ondel-ondel, Kampung Para Perajin Ondel-ondel]

“Kita ingin mengembalikan lagi pasar baru yang ikonik, sebagai ikon belanja Jakarta Pusat. Ini upaya kita bersama, kita akan buat festival yang menarik minat masyarakat,” ungkapnya.

Berbagai kegiatan dalam Festival Pasar Baru akan diselenggarakan, mulai dari bazar pariwisata, fashion show, pangung hiburan, super sale satu jam, dan pameran lukisan. Datang yuk, Pointers, di akhir pekan nanti!


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.