Salat Iduladha di Bandung Tertib dan Penuh Kehati-hatian

Berita Kawasan

Parayaan Iduladha di Bandung Tertib dan Penuh Kehati-hatian

Wali Kota Bandung Oded M. Danial melaksanakan salat Iduladha di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat pada Jumat, 31 Juli 2020. Ia mengajak serta keluarganya yang tinggal di Pendopo Kota Bandung, Jln. Dalem Kaum.

Sejak pukul 06.00 WIB, wali kota telah berada di tengah-tengah jemaah. Sebelum salat, panitia melakukan imbauan dan sosialisasi agar jemaah tetap mengenakan masker selama salat dan menjaga jarak shaf agar sesuai protokol kesehatan.

Wali kota mengapresiasi upaya Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Bandung untuk menyelenggarakan salat dengan tertib di tengah pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

Salat Iduladha di Bandung Tertib dan Penuh Kehati-hatian

"Saya menilai pelaksanaan Salat Id tadi di sini tertib dan bagus, jaga jarak dan menggunakan masker. Pada prinsipnya, jemaah sangat memperhatikan protokol kesehatan. Saya bersyukur, terima kasih kepada warga yang selalu memperhatikan protokol kesehatan," kata Oded seperti diberitakan humas.bandung.go.id (1/8/2020).

Wali kota merasa penyelenggaraan Salat Id kali ini penuh dengan kehati-hatian. Ia ingin memberikan kesempatan umat muslim untuk beribadah namun tidak ingin ada penambahan kasus penularan COVID-19 di Kota Bandung.

[Baca Juga: Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020]

"Saya sangat memahami bagaimana perasaan umat Islam terutama secara akidah mereka sangat merindukan melaksanakan ibadah tahunan. Sehingga saya ingin memastikan kepada masyarakat, ketika mereka rindu untuk beribadah harus tetap memperhatikan protokol kesehatan, mudah-mudahan di semua tempat sama," ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengapresiasi panitia salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban yang menerapkan protokol kesehatan. Ia menilai umat muslim taat menerapkan protokol kesehatan.

Salat Iduladha di Bandung Tertib dan Penuh Kehati-hatian

"Bagus, jelas untuk physical distancing-nya dan tertib," ujarnya usai melaksanakan salat Iduladha di Lapang KPAD Kecamatan Sukasari pada hari yang sama.

Wakil wali kota melaksanakan Salat Iduladha bersama dengan sang istri, Yunimar. Usai melaksanakan salat, dilanjutkan dengan meninjau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di kawasan KPAD, tepatnya di Masjid At -Atqwa.

Salat Iduladha di Bandung Tertib dan Penuh Kehati-hatian

Menurutnya, selain dalam pelaksanaan salat, saat penyembelihan hewan kurban, panitia juga menerapkan jaga jarak, mengenakan masker, dan menggunakan alat potong masing-masing. "Pemotongan hewan kurbannya juga menggunakan standar protokol kesehatan," puji Yana masih dari sumber yang sama.

Yana juga menyarankan kepada para mustahik untuk tetap diam di rumah menunggu kiriman dari panitia. "Bagi para mustahik tunggu saja di rumah karena insyaallah yang jadi haknya akan diantarkan oleh petugas," ujar Yana.

[Baca Juga: Banyak Kasus COVID-19 Baru, Kota Bandung Kembali Perpanjang PSBB]

Ia pun mengimbau warga agar tetap disiplin menjaga diri dari paparan virus corona, terutama saat melaksanakan pemotongan hewan kurban di lingkungan masing-masing. "Pemerintah Kota Bandung menyerahkan kepada masyarakat, mau dipotong di RPH silakan, mau dipotong ditempat masing-masing silakan. Tetaapi dengan catatan tetap protokol kesehatan harus dilakukan. Termasuk juga ketika mereka sudah memotong daging saya kira mereka harus membersihkan diri dan peralatan dan jangan saling meminjam," pesannya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 1 month lalu
    rine

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke qqharian bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>