Ampel

Berita Kawasan

Pasar Ampel, Pusat Belanja di Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Ampel

Berkunjung ke wisata religi makam Sunan Ampel di Kota Surabaya, rasanya tidak lengkap apabila tidak menikmati suasana belanja di Pasar Ampel, yang berlokasi di sekitar wisata makam Sunan Ampel. Tempat ini menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi pengunjung yang hendak berbelanja setelah mereka berziarah di makam Sunan Ampel.

Pasar Ampel sendiri berupa Lorong panjang, yang di sisi kanan dan kirinya dipenuhi kios yang menjual pelbagai pernak-pernik atau pun pelbagai kuliner khas timur tengah. Di tempat ini, tersedia pelbagai pilihan barang, mulai busana muslim, peci, gamis, parfum, buku, dupa, mainan anak-anak, dan pelbagai barang lainnya. Sedangkan untuk kulinernya, yang paling mudah ditemui di tempat ini adalah pelbagai jenis kurma, dan beberapa kuliner lain seperti nasi kebuli, nasi briyani, atau pun roti maryam.

Ampel

Saat Pingpoint mengunjungi pasar Ampel (10/9/2021), suasananya cukup ramai oleh pengunjung yang datang. Banyak dari mereka yang sibuk memilih barang atau pun saling tawar menawar dengan pedagang yang berjualan di tempat ini. Menurut keterangan salah satu pedagang di tempat ini, suasana Pasar Ampel tetap diramaikan pengunjung meskipun mungkin jumlahnya sedikit berkurang akibat pandemi COVID-19. Apalagi dengan adanya pembatasan orang-orang yang hendak berkunjung ke Surabaya, hal itu juga mengurangi jumlah pengunjung yang datang, karena sebagian besar pengunjung yang datang ke tempat ini berasal dari kota lain yang datang secara rombongan untuk berwisata religi di makam Sunan Ampel. Meskipun demikian, pengunjung yang berasal dari Kota Surabaya sendiri masih cukup banyak di tempat ini.

Dari pantauan Pingpoint, karena lokasinya berupa lorong panjang, tempat ini seakan selalu diramaikan pengunjung. Meskipun ramai oleh pedagang dan pengunjung, kesan kumuh tidak dirasakan di tempat ini, karena selain terawat, tempat ini juga cukup bersih.

Ampel

Menurut keterangan Ali, salah satu pengunjung yang ditemui Pingpoint di kawasan Makam Sunan Ampel, biasanya pengunjung yang datang ke tempat ini, selain membeli busana muslim atau pun pernak-pernik bernuansa muslim lainnya untuk diri sendiri, mereka juga membelinya untuk oleh-oleh setelah berwisata. Selain itu, menurut Ali, ada beberapa barang lain yang sering diburu pengunjung yang datang, seperti parfum atau pun dupa. Kedua barang ini, sering digunakan sebagai wewangian di tempat ibadah.

Terkait kunjungan masyarakat di Pasar Ampel, biasanya tempat ini akan mulai diramaikan pengunjung pada hari Jumat siang, tepatnya setelah selesai salat Jumat dan terus ramai hingga hari Minggu sore atau malam.


Read More

Pasar Ampel

Pusat Belanja

None
None

Artikel Lainnya

tamplate foto pingpoint.jpg

Bisnis

Titipku, Aplikasi Pesan Antar Kebutuhan Sehari-hari dari Pasar

22 September 2021, 09:05

Kini, jasa pesan antar juga banyak sudah tersedia untuk berbagai jenis kebutuhan. Salah satunya adalah kebutuhan sehati-hari yang biasa Pointers dapatkan di pasar tradisional.

Jembatan Cisadane 3.jpg

Hobi dan Hiburan

Cisadane Walk, Ikon Menarik Kota Tangerang yang Wajib Dikunjungi

22 September 2021, 08:05

Meniru kota-kota di Eropa, Cisadane Walk kini dikenal sebagai land mark ikon kota yang ramai dikunjungi masyarakat menghabiskan waktu untuk bersantai, berkumpul, berburu spot foto, sampai kuliner.

cov.jpg

Hobi dan Hiburan

Virtuso Music Studio, Solusi Sewa Studio Musik dan Rekaman di Malang

22 September 2021, 07:07

Untuk bagian dalam studio, terdapat satu ruang rekaman yang digunakan oleh operator dan juga ruang latihan atau studio yang digunakan oleh para pemain band.

Ngabuburit di Alun-Alun Kota Bandung

Berita Kawasan

Hari Jadi Kota Bandung, Sukseskan Tagline #BandungHarmoniTuntaskanPandemi

21 September 2021, 06:01

Pada Sabtu, 25 September mendatang, Kota Bandung akan memperingati hari jadinya yang berusia 211 tahun. Tagline yang diusung tahun ini yaitu "Bandung Harmoni Tuntaskan Pandemi”.


Comments


Please Login to leave a comment.