Pasar Jazz-1

Berita Kawasan

Pasar Jazz, Berdayakan UMKM Melalui Gelaran Jazz

Salah satu ciri khas dari Pagelaran Ngayogjazz adalah Pasar Jazz. Selain menjual sovenir, ditempat ini penonton gelaran jazz dapat berbelanja aneka macam produk UMKM mulai dari kuliner sampai pernak-pernik kerajinan yang dibuat oleh masyarakat setempat.

Panitia Ngayogjazz 2021 Bambang Paningron mengatakan, meski tak sebesar tahun-tahun sebelumnya, pada pagelaran Ngayogjazz 2021 ini Pasar Ngayogjazz tetap diadakan. Sebab, keberadaan pasar ini menjadi sarana pemberdayaan masyarakat yang menjadi tuan rumah pagelaran Ngayogjazz.

“Pasar Jazz tetap kita pertahankan. Jadi bagi yang ingin belanja sovenir bisa berkunjung ke pasar jazz," ujar Bambang kepada wartawan di hotel Alana Yogyakarta Senin (15/11/2021).

[Baca Juga: Ngayogjazz Kembali Digelar. Penonton Wajib Kontribusi Rp50.000]

Bambang mengakui, karena jumlah pengunjung Ngayogjazz tahun ini dibatasi maka Pasar Jazz juga dibikin secara berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun bagi penonton yang ingin mencari tanda mata, kerajinan batik, meski tak selengkap tahun-tahun sebelumnya, namun pada Pada Pasar Jazz tahun ini masih bisa ditemui. Namun, bagi yang sekedar ingin melepas lelah setelah berputar-putar menyaksikan musik arena Pasar Jazz juga dapat dipakai untuk duduk nongkrong untuk sekedar melepas lelah atau reuni dengan teman lama, para partner Ngayogjazz

Tahun ini, lanjut Bambang, Pasar Jazz kembali dibuka secara offline setelah tahun 2020 lalu, Pasar Jazz hanya digelar secara online karena Ngayogjazz 2020 seluruhnya digelar secara online. Tetapi karena tahun ini Ngayogjazz 2021 digelar secara hiybrid maka Pasar Jazz tetap dipertahankan.

Pasar Jazz-2

Terpisah, Kepala Dusun Karang Tanjung, Desa Pandowoharjo, Sleman Sunarto menyampaikan bahwa keberadaan Pasar Jazz sangat membantu perekonomian masyarakat. Sebab, pada saat Ngayogjazz digelar, warga desa mempunyai kesempatan untuk berjualan makanan dan kerajinan.

“Selain makanan dan minuman, ada juga kerajinan dari barang-barang recycle," ujar Sunarto.

Ditegaskan Sunarto, sampai tahun ini dusunnya sudah tiga kali menjadi tuan rumah Pagelaran Ngayogjazz dan setiap penyelenggaraan masyarakat menyambut antusias. Hanya saja, karena jumlah penonton Ngayogjazz tahun ini dibatasi, maka secara otomatis warga yang berjualan di ajang Ngayogjazz juga tak sebanyak tahun sebelumnya.

Pasar Jazz-3

Namun, karena Ngayogjazz ini juga telah menjadi hajatan warga desa setempat, maka untuk tahun ini penonton Ngayogjazz dipungut kontribusi sebesar Rp50.000 yang dipakai sebagai dana pengelolaan UMKM desa setempat.

Pihaknya berharap, meskipun tahun ini penonton dipungut kontribusi, hal itu tidak mengurangi antusias masyarakat dalam menyaksikan Pagelaran musik yang hanya diselengarakan setahun sekali ini.


Read More

Pasar Jazz

Pasar Kerajinan dan Kuliner

0856-4367-2956
komunikasi.ngayogjazz@gmail.com

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.