Slide5.JPG

Bisnis

Pasar Murah Ramadan Batal Diadakan di Kota Malang

Kegiatan pasar murah yang akan diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang pada 7 hingga 8 Mei 2021 urung dilaksanakan. Tingginya risiko penularan COVID-19 menjadi pertimbangan utama dibatalkannya kegiatan tersebut.

Pada 3 Mei 2021, Pemkot Malang mengeluarkan surat edaran yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dan menghadiri kegiatan pasar murah Ramadan di Kota Malang tahun 2021. Acara itu, rencananya akan diselenggarakan di halaman Stadion Gajayana, mulai jam 8 pagi hingga selesai.

Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini, bertujuan sebagai pengendali harga bahan pokok di pasaran yang cenderung meningkat Ketika mendekati hari Idulfitri. Untuk pelbagai kebutuhan pokok yang akan dijual di pasar murah tersebut, seperti beras, gula, daging, telur, minyak goreng, serta pelbagai kebutuhan pokok lainnya.

harga-kebutuhan-pokok.jpg

Namun, pada tanggal 6 Mei 2021, Pemkot Malang melalui akun Twitter resmi mereka mengumumkan bahwa acara ini dibatalkan. Begitu pun saat PingPoint datang ke halaman Stadion Gajayana (7/5/2021), tidak terlihat tanda-tanda dari kegiatan pasar murah Ramadan akan diselenggarakan, karena wilayah sekitar terlihat sangat sepi.

Dibatalkannya pasar murah Ramadan yang akan diselenggarakan Pemkot Malang tersebut, selain karena dianggap tidak sesuai protokol kesehatan, juga karena mendapat protes dari masyarakat, yang beranggapan kegiatan ini tidak sejalan dengan apa yang digembar-gemborkan Pemkot Malang untuk terus mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19. Protes yang dilakukan masyarakat, sebagian besar dilakukan melalui media sosial Twitter dan protes ditujukan langsung pada akun Twitter Pemkot Malang.

[Baca Juga: Pemkot Bekasi Gelar Operasi Pasar Murah Bekasi di 6 Lokasi]

Menanggapi protes dari masyarakat, Humas Pemkot Malang Nur Widianto mengakui, jika kegiatan pasar murah ini tetap digelar, maka akan terjadi peningkatan risiko penularan COVID-19, karena kegiatan ini tentu akan menimbulkan keramaian. Selain itu, dia menambahkan, “Sudah ditindaklanjuti, tim kami sudah memeriksa peta kegiatan di lapangan, dan hampir dipastikan acara ini sulit untuk menerapkan protokol kesehatan secara maksimal. Acara ini sudah direkomendasikan untuk dibatalkan”.

Selain itu, Nur Widianto menambahkan, terkait bahan pokok yang dijual dengan harga murah, tentunya menyebabkan pergerakan masyarakat jadi tidak bisa diprediksi, sehingga protokol kesehatan tentunya semakin sulit diterapkan. Karena ada banyak juga yang belum diatur, seperti bagaimana proses antrean masyarakat nanti.

Terkait pembatalan kegiatan ini, Pemkot Malang mengumumkan secara resmi bahwa mereka membatalkan acara ini melalui halaman media sosial Twitter resmi dari Pemkot Malang. Terkait hal itu, banyak masyarakat yang memberikan respons dengan memberi saran agar kegiatan tersebut dilakukan secara online saja, demi mencegah penyebaran COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.