ads
CEMPAKA PUTIH_FASHION_PASAR PONCOL JADI ALTERNATIF BERBURU FASHION RETRO_IVAN_REVISI 02-03.jpg

Kecantikan dan Fashion

Pasar Poncol Jadi Alternatif Berburu Fashion Retro

Tren fashion sangat dinamis dan berubah dengan cepat, namun seringkali berulang. Jika dulu sempat populer gaya vintage, retro, dan kemudian modern, kini tren mode kembali lagi ke retro. Gaya fashion ini pun sangat diminati remaja dan orang dewasa kekinian. Mereka mendapatkan produk-produk untuk menunjang tren fashion tersebut dari berbagai pusat perbelanjaan. Pasar Poncol yang berlokasi di dekat Stasiun Pasar Senen adalah salah satunya.

Pasar Poncol kerap dijadikan rekomendasi utama sebagai tempat berburu fashion retro, khususnya bagi mereka yang ingin mendapatkan barang dengan harga sangat terjangkau. Soalnya, pasar yang terletak di Jalan Kalibaru Barat No. 1, Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat ini merupakan ‘mal’ produk secondhand. Berbagai produk lama pun ada di sini, termasuk barang-barang fashion yang sempat populer pada zaman dulu, atau khususnya di era 1990-an. Ini sesuai dengan mode retro yang memang populer antara tahun 1970 hingga 1990-an.

[Baca Juga : Dua Pasar Tempat Terbaik Berburu Fashion di Jakarta Pusat]

Terkait produknya, kios-kios di Pasar Poncol menyediakan berbagai macam fashion item penunjang tren mode tersebut. Mulai dari high-waisted jeans, kemeja, tas, denim, crop top, scarf, dad shoes, pakaian training, hingga berbagai jenis outwear atau atasan yang kebesaran ada di sini. Harga setiap produk pun sangat bervariasi. Malah jika pintar tawar-menawar, pengunjung bisa mendapatkan tiga jenis fashion item dengan harga Rp100 ribu di sini.

Pasar Poncol

Jika dibandingkan dengan Pasar Senen yang juga memiliki kios produk-produk secondhand, Pasar Poncol bisa dibilang lebih lengkap. Soalnya, pasar ini memiliki jumlah kios penjual produk secondhand yang lebih banyak. Malah selain fashion, berbagai produk elektronik, furnitur, hingga barang-barang hobi seperti stick golf bekas juga ada di pasar ini.

Asal mau berputar-putar, mencari, dan memilih barang di setiap toko secara detail, besar kemungkinan pengunjung Pasar Poncol akan mendapat barang, khususnya fashion item yang mereka cari. Bahkan jika beruntung, produk yang ditemukan itu original, masih bagus atau terjaga kualitasnya, dan dijual dengan harga yang sangat miring. Oleh karena itulah, banyak yang bilang kalau Pasar Poncol menyimpan ‘harta karun tersembunyi’. Terlebih, Pasar Poncol ini sudah ada sejak lama dan dikenal sebagai pasar kaki lima yang melegenda. Maka sudah pasti, banyak barang fashion langka dan unik di sana.

Tips Belanja di Pasar Poncol

Fashion item yang dijual di Pasar Poncol

Mengingat Pasar Poncol merupakan pusat perbelanjaan barang secondhand, maka pengunjung perlu hati-hati saat belanja di sana. Bukan ingin menakut-nakuti, tapi agar kegiatan belanja berlangsung menyenangkan, dan produk yang didapat pun terbilang memuaskan. Mengutip kompas.com, Senin (27/8/2018), beberapa tips yang dimaksud adalah:

  • Sebisa Mungkin Pilih Outwear

Di antara celana, kaus, baju, dan busana lain, disarankan untuk memilih produk outwear seperti jaket, sweeter, rompi. Alasannya simpel. Saat memilih celana dan kaus, kita tak pernah tahu bagaimana kondisi kebersihan tubuh dan cara pemilik pertama memakainya. Apalagi, dibanding outwear, kaus dan celana bersentuhan langsung dengan kulit dan area berkeringat lain. Sementara dari sisi fashion, outwear terbilang paling mudah dipadu-padankan dengan pakaian sehari-hari, seperti celana atau kaus.

  • Cari Dari Paling Bawah

Jika ingin mencari pakaian secondhand dengan harga murah, disarankan untuk lebih memilih di area bawah. Harga yang dibanderol untuk barang fashion yang ditaruh di bagian bawah tak lebih dari Rp100 ribu. Harga kaus dan celana, misalnya, mulai dari Rp20 ribu sampai Rp40 ribu. Sementara untuk outwear seperti jaket dan rompi, mulai dari Rp60 ribu sampai Rp100 ribu.

  • Tanpa Hangtag

Soal keaslian, rata-rata pakaian secondhand di Pasar Poncol original. Biasanya pakaian tersebut tampak sedikit kotor dan tak ada lagi hangtag. Namun sebaliknya, jika produk fashion itu punya hangtag dan terlihat bersih, bisa jadi itu produk palsu alias KW. Maka itu, diperlukan ketelitian kala belanja di pasar yang letaknya dekat dengan Stasiun Pasar Senen ini.

[Baca Juga : Berburu Busana Vintage Harga Miring di Pasar Senen]

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood.jpg

Properti dan Solusi

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood

T3 24 February 2019, 10:00 a.m.  |  2 Views

Kampus PUPR yang dikembangkan Kementerian PUPR sebagai percontohan Greenship Neighborhood.

Buruknya Infrastruktur Pendidikan di Bekasi.jpg

Pendidikan

Tahun 2019 Jadi Prioritas Infrastruktur Pendidikan di Bekasi

T3 24 February 2019, 09:00 a.m.  |  2 Views

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di setiap daerah, termasuk Jawa Barat pembanguan infrastruktur seharusnya jadi perhatian penting bagi pemerintah setempat.

Vaksin Rabies Gratis di Stan Dinas KPKP Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Vaksin Rabies Gratis di Stan KPKP Jakarta Indonesia Pet Show 2019

T3 23 February 2019, 09:00 a.m.  |  2 Views

Dinas KPKP Jakarta memberikan layanan vaksi gratis untuk pengunjung yang membawa hewan peliharaan mereka ke JIPS 2019.

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda

T3 23 February 2019, 10:00 a.m.  |  3 Views

Belanda merupakan negara pertama yang akan diperkenalkan batik buatan warga di wilayah paling timur Kota Tangerang ini.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads