Pasar Seni Ancol, Pasar Seni Terbesar di Dunia

Berita Kawasan

Pasar Seni Ancol, Pasar Seni Terbesar di Dunia

Taman Impian Jaya Ancol selalu identik dengan dua lokasi hiburan yang sering didatangi pengunjung dari berbagai kota, Dunia Fantasi (Dufan) serta Sea World. Namun, tahukah Anda, bahwa di Taman Impian Jaya Ancol juga ada Pasar Seni? Katanya, lokasi tersebut merupakan studio terbesar di dunia dan tertua di Jakarta. Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol digunakan sebagai tempat para pecinta dan pelaku seni dalam menuangkan kreatifitasnya. Para pengunjung yang datang juga bisa berkreasi.

Dalam lansiran beritajakarta.id (28/11/2019), Direktur Pasar Seni Ancol Mia Maria menjelaskan perkembangan Pasar Seni Ancol yang dimulai dari era 70-an, pasar tersebut sudah menjadi magnet bagi para wisatawan, pecinta seni, dan kolektor. Di Pasar Seni Ancol sering menampilkan kegiatan dan pameran seni yang banyak menarik perhatian para pengunjung.

Pasar Seni Ancol, Pasar Seni Terbesar di Dunia

Melihat fenomena tersebut, akhirnya pada Tahun 1975 manajemen Ancol dan Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin sepakat membangun area khusus Pasar Seni untuk menampung kegiatan para seniman dan perajin di Jalan Lodam Timur No 7. "Pada Juli 1977 peletakan batu pertama pembangunan Pasar Seni dilakukan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin," ujar Mia.

Di atas lahan seluas 5,25 hektare itu dibangun 240 kios serta berbagai fasilitas. Dari jumlah kios itu, 120 di antaranya digunakan untuk studio seniman, sisanya untuk studio pengrajin, dan toko. "Pembangunan Pasar Seni memakan waktu selama kurang lebih lima bulan. Pada 17 Desember 1977, Pasar Seni diresmikan Gubernur DKI Jakarta yang baru, Tjokropanolo," jelas Mia.

[Baca Juga: Taman Ismail Marzuki Segera Rayakan Ulang Tahun Emas]

Pada tahun itu, Pasar Seni Ancol menjadi surganya para seniman, perajin serta penikmat seni. Di sana mereka dapat bertemu langsung para seniman dalam suasana santai dan penuh keakraban.

Selain pagelaran seni, di sana juga ada panggung terbuka untuk pementasan seni tradisional dan kontemporer seperti jazz, rock, wayang dan sebagainya. Bahkan, toko-toko yang menjual suvenir, restoran dan warung juga bisa ditemukan di pasar seni.

Pasar Seni Ancol, Pasar Seni Terbesar di Dunia

Saat memasuki lokasi Pasar Seni Ancol, para pengunjung akan melihat gapura kayu serta bangunan kios pedagang. Masuk ke dalamnya, terdapat ratusan karya seni yang didominasi aneka macam lukisan. "Pengunjung bisa melihat berbagai macam lukisan dengan tema yang berbeda. Studio seni di sini merupakan yang terbesar di dunia ," terangnya.

Kini, Pasar Seni Ancol telah memiliki panggung pertunjukan dan dapat menaungi lebih dari 50 seniman, pengrajin dan pengusaha kreatif, di antaranya seni lukis, seni patung, seni pahat dan fotografi. Beberapa event digelar dengan sentuhan yang lebih modern. Ada pula pertunjukan seni yang digelar baik yang diadakan korporasi dan juga komunitas. Citra pasar seni sebagai taman budaya di masa lampau semakin hidup.

[Baca Juga: Parade Ondel-ondel Jadi Perhatian Para Pengunjung Kawasan Kota Tua]

"Meski semakin terjepit dengan era kekinian, kami berharap Pasar Seni dapat terus berkembang sebagai penggerak ekonomi kreatif, terutama di kawasan Ancol. Selain sebagai denyut nadi di masa lampau, keberadaan pasar ini juga sebagai tempat edukasi dan rekreasi yang cocok untuk keluarga, komunitas, mahasiswa hingga masyarakat luas," tutup Mia.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.