Di Bekasi Jam Operasional Toko Swalayan Dibatasi

Kesehatan

Pasar Swalayan Berisiko Jadi Tempat Penyebaran COVID-19

Di beberapa wilayah di Indonesia ramai terdengar kabar bahwa mal atau pusat perbelanjaan akan kembali beroperasi. Hal itu didasari pada kebijakan new normal yang digaungkan pemerintah pusat pasca penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kalaupun resmi dibuka kembali, tentunya ada beberapa prosedur yang harus dipatuhi oleh masyarakat yang ingin mengunjungi pusat perbelanjaan. Pasalnya di beberapa negara, pusat perbelanjaan masih menjadi tempat yang berisiko tinggi menyebarkan COVID-19.

[Baca Juga: Joging dan Bersepeda Tinggi Risiko Penularan COVID-19]

Tidak hanya disebabkan oleh kerumunan banyak orang, namun beberapa faktor seperti kemasan makanan yang ada di pusat perbelanjaan juga turut membantu penyebaran virus ini. Sebab menurut beberapa penelitian seperti yang dilansir dari theatlantic.com, virus Corona SARS-CoV-2 dapat menempel pada kemasan makanan karton selama sehari, dan pada plastik selama beberapa hari.

Terlebih, kemasan makanan merupakan objek yang paling sering disentuh oleh banyak orang di dalam sebuah pusat perbelanjaan. Meski begitu, penularan COVID-19 melalui kemasan makanan ini dapat dihindari dengan cara rajin mencuci tangan untuk menghilangkan virus yang menempel.

Yang sulit dihindari justru ketika kita mendapati seseorang yang batuk di dalam pusat perbelanjaan. Sebab sejauh ini, menurut Badan Kesehatan Amerika Serikat, cara penularan utama virus corona adalah melalui droplets atau tetesan air liur dari orang yang positif terinfeksi. Nah, penyebaran droplets tersebut sering kali dikaitkan dengan batuk atau bersin. Penggunaan masker pun sangat dianjurkan untuk menghindari penularan COVID-19 yang disebabkan oleh batuk dari seseorang.

“Jika pelanggan batuk atau bersin di dekat seorang karyawan saat antrean, kemungkinan penularan virus melalui percikan pernapasan juga tinggi,” kata Brandon Brown, seorang profesor di UC Riverside yang telah mempelajari penyakit menular.

[Baca Juga: Tengok Kasus Negara Lain, 5 Tempat Ini Risiko Tinggi Penularan COVID-19]

Pegawai Rentan Tertular

Selain menyiapkan protokol agar para pengunjung mal tidak tertular COVID-19, pengelola pusat perbelanjaan juga harus tetap memerhatikan kesehatan para pegawainya. Terlebih para pegawai yang sering berhubungan langsung dengan konsumen seperti kasir.

Seperti yang diketahui, kasir berdiri hanya beberapa meter dari ratusan pelanggan dalam sehari. Selain itu, mereka juga harus memeriksa belanjaan konsumen serta harus menerima uang yang disentuh pelanggan di mana dalam objek tersebut rentan menempel virus.

Ada baiknya pengelola pusat perbelanjaan selalu memastikan kebugaran setiap karyawan, memperhatikan kebersihan gerai, serta selalu menyiapkan sarung tangan dan masker bagi para karyawannya.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.