Di Bekasi Jam Operasional Toko Swalayan Dibatasi

Kesehatan

Pasar Swalayan Berisiko Jadi Tempat Penyebaran COVID-19

Di beberapa wilayah di Indonesia ramai terdengar kabar bahwa mal atau pusat perbelanjaan akan kembali beroperasi. Hal itu didasari pada kebijakan new normal yang digaungkan pemerintah pusat pasca penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kalaupun resmi dibuka kembali, tentunya ada beberapa prosedur yang harus dipatuhi oleh masyarakat yang ingin mengunjungi pusat perbelanjaan. Pasalnya di beberapa negara, pusat perbelanjaan masih menjadi tempat yang berisiko tinggi menyebarkan COVID-19.

[Baca Juga: Joging dan Bersepeda Tinggi Risiko Penularan COVID-19]

Tidak hanya disebabkan oleh kerumunan banyak orang, namun beberapa faktor seperti kemasan makanan yang ada di pusat perbelanjaan juga turut membantu penyebaran virus ini. Sebab menurut beberapa penelitian seperti yang dilansir dari theatlantic.com, virus Corona SARS-CoV-2 dapat menempel pada kemasan makanan karton selama sehari, dan pada plastik selama beberapa hari.

Terlebih, kemasan makanan merupakan objek yang paling sering disentuh oleh banyak orang di dalam sebuah pusat perbelanjaan. Meski begitu, penularan COVID-19 melalui kemasan makanan ini dapat dihindari dengan cara rajin mencuci tangan untuk menghilangkan virus yang menempel.

Yang sulit dihindari justru ketika kita mendapati seseorang yang batuk di dalam pusat perbelanjaan. Sebab sejauh ini, menurut Badan Kesehatan Amerika Serikat, cara penularan utama virus corona adalah melalui droplets atau tetesan air liur dari orang yang positif terinfeksi. Nah, penyebaran droplets tersebut sering kali dikaitkan dengan batuk atau bersin. Penggunaan masker pun sangat dianjurkan untuk menghindari penularan COVID-19 yang disebabkan oleh batuk dari seseorang.

“Jika pelanggan batuk atau bersin di dekat seorang karyawan saat antrean, kemungkinan penularan virus melalui percikan pernapasan juga tinggi,” kata Brandon Brown, seorang profesor di UC Riverside yang telah mempelajari penyakit menular.

[Baca Juga: Tengok Kasus Negara Lain, 5 Tempat Ini Risiko Tinggi Penularan COVID-19]

Pegawai Rentan Tertular

Selain menyiapkan protokol agar para pengunjung mal tidak tertular COVID-19, pengelola pusat perbelanjaan juga harus tetap memerhatikan kesehatan para pegawainya. Terlebih para pegawai yang sering berhubungan langsung dengan konsumen seperti kasir.

Seperti yang diketahui, kasir berdiri hanya beberapa meter dari ratusan pelanggan dalam sehari. Selain itu, mereka juga harus memeriksa belanjaan konsumen serta harus menerima uang yang disentuh pelanggan di mana dalam objek tersebut rentan menempel virus.

Ada baiknya pengelola pusat perbelanjaan selalu memastikan kebugaran setiap karyawan, memperhatikan kebersihan gerai, serta selalu menyiapkan sarung tangan dan masker bagi para karyawannya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.