Sosialisasikan Larangan Kantong Plastik, Pemkot Jaksel Kunjungi Pasar Tebet

Berita Kawasan

Pasar Tebet Jadi Sasaran Pertama Sosialisasi Larangan Kantong Plastik

Sejak Senin lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan (Jaksel) sudah mulai membahas bagaimana pihaknya akan melakukan sosialisasi terhadap realisasi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019. Di mana Pergub ini melarang penggunaan kantong plastik sebagai kantong belanja dengan target pertama sosialisasi dari Pemkot Jaksel adalah Pasar Rakyat. Proses sosialisasinya pun sudah dimulai pada 21 Januari 2020.

Pada sosialisasi ini, Wakil Wali Kota Jaksel Isnawa Adji langsung turun ke Pasar Tebet Barat untuk langsung bertemu dengan pembeli serta pelaku usaha di sana. Ia pun memaparkan, kewajiban penggunaan kantong belanja yang ramah lingkungan sebagai pengganti kantong plastik untuk membawa barang yang dibeli di pusat perbelanjaan, swalayan, dan pasar rakyat.

Sosialisasikan Larangan Kantong Plastik, Pemkot Jaksel Kunjungi Pasar Tebet

Wakil Wali Kota Jaksel itu bahkan tak hanya membahas larangan penggunaan kantong plastik semata, ia juga sempat menyinggung mengenai sedotan plastik. “Kami ingin memulai gerakan untuk mengurangi penggunaan kantong kresek (plastik). Artinya enggak ada di pasar-pasar kita penggunaan kantong kresek. Enggak hanya kantong kresek ya, kita mau mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan sedotan plastik,” tutur Isnawa di Pasar Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (21/1/2020).

[Baca Juga: DKI Jakarta Akhirnya Melarang Penggunaan Kantong Plastik Belanja]

Keputusan sosialisasi ini disebut Isnawa dilakukan juga untuk menekan jumlah sampah plastik di Jakarta. Oleh karena itulah ia meminta semua pihak di Jaksel untuk membantu pemkot dalam menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan sebagai pengganti plastik sekali pakai. Isnawa juga meminta otoritas di tingkat camat serta lurah untuk turut membantu Pergub ini dengan mendirikan bank sampah di berbagai titik.

“Kami memulai di Pasar Tebet Barat dan Timur. Kita tahu ini tugas berat, tapi kalau bersama untuk mengurangi sampah saya rasa bisa dilakukan. Targetnya enggak cuma di pasar ini, tapi kampanyekan di RT dan pasar lain,” sebut Wakil Wali Kota Jaksel itu. Bahkan ia menyebut, dengan sosialisasi ini maka Pasar Tebet Barat dan Timur menjadi bagian percontohan untuk menyebarkan gerakan penggunaan kantong plastik di Jaksel.

[Baca Juga: Yuk Dicoba! Tips Diet Kantong Plastik ala Tiza Mafira]

Isnawa Adji juga tak melupakan para pelaku usaha yang membuka kios penjualan plastik di pasar. Dengan sosialisasi ini, ia menjelaskan bahwa Pemkot Jaksel mengimbau agar para pedagang menjual kantong yang lebih ramah lingkungan di kiosnya dibandingkan kantong kresek.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.