Sosialisasikan Larangan Kantong Plastik, Pemkot Jaksel Kunjungi Pasar Tebet

Berita Kawasan

Pasar Tebet Jadi Sasaran Pertama Sosialisasi Larangan Kantong Plastik

Sejak Senin lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan (Jaksel) sudah mulai membahas bagaimana pihaknya akan melakukan sosialisasi terhadap realisasi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019. Di mana Pergub ini melarang penggunaan kantong plastik sebagai kantong belanja dengan target pertama sosialisasi dari Pemkot Jaksel adalah Pasar Rakyat. Proses sosialisasinya pun sudah dimulai pada 21 Januari 2020.

Pada sosialisasi ini, Wakil Wali Kota Jaksel Isnawa Adji langsung turun ke Pasar Tebet Barat untuk langsung bertemu dengan pembeli serta pelaku usaha di sana. Ia pun memaparkan, kewajiban penggunaan kantong belanja yang ramah lingkungan sebagai pengganti kantong plastik untuk membawa barang yang dibeli di pusat perbelanjaan, swalayan, dan pasar rakyat.

Sosialisasikan Larangan Kantong Plastik, Pemkot Jaksel Kunjungi Pasar Tebet

Wakil Wali Kota Jaksel itu bahkan tak hanya membahas larangan penggunaan kantong plastik semata, ia juga sempat menyinggung mengenai sedotan plastik. “Kami ingin memulai gerakan untuk mengurangi penggunaan kantong kresek (plastik). Artinya enggak ada di pasar-pasar kita penggunaan kantong kresek. Enggak hanya kantong kresek ya, kita mau mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan sedotan plastik,” tutur Isnawa di Pasar Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (21/1/2020).

[Baca Juga: DKI Jakarta Akhirnya Melarang Penggunaan Kantong Plastik Belanja]

Keputusan sosialisasi ini disebut Isnawa dilakukan juga untuk menekan jumlah sampah plastik di Jakarta. Oleh karena itulah ia meminta semua pihak di Jaksel untuk membantu pemkot dalam menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan sebagai pengganti plastik sekali pakai. Isnawa juga meminta otoritas di tingkat camat serta lurah untuk turut membantu Pergub ini dengan mendirikan bank sampah di berbagai titik.

“Kami memulai di Pasar Tebet Barat dan Timur. Kita tahu ini tugas berat, tapi kalau bersama untuk mengurangi sampah saya rasa bisa dilakukan. Targetnya enggak cuma di pasar ini, tapi kampanyekan di RT dan pasar lain,” sebut Wakil Wali Kota Jaksel itu. Bahkan ia menyebut, dengan sosialisasi ini maka Pasar Tebet Barat dan Timur menjadi bagian percontohan untuk menyebarkan gerakan penggunaan kantong plastik di Jaksel.

[Baca Juga: Yuk Dicoba! Tips Diet Kantong Plastik ala Tiza Mafira]

Isnawa Adji juga tak melupakan para pelaku usaha yang membuka kios penjualan plastik di pasar. Dengan sosialisasi ini, ia menjelaskan bahwa Pemkot Jaksel mengimbau agar para pedagang menjual kantong yang lebih ramah lingkungan di kiosnya dibandingkan kantong kresek.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.