Pasca Banjir Jakarta, Kerja Bakti Digelar di Kelurahan Petamburan

Berita Kawasan

Pasca Banjir Jakarta, Kerja Bakti Digelar di Kelurahan Petamburan

Kelurahan Petamburan di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat merupakan salah satu wilayah yang terdampak banjir Jakarta parah dengan ketinggian air yang sempat mencapai angka 120 sentimeter. Kala itu, hal ini sempat memicu banyak warga yang terpaksa ditampung sementara di posko pengungsian. Dengan air yang telah surut pasca banjir maka pada akhir pekan kemarin, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat serta masyarakat pun langsung memanfaatkannya untuk menggelar kerja bakti dalam rangka membersihkan area tersebut.

Pada proses kerja bakti ini, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara bersama jajarannya serta petugas gabungan ikut turun ke lapangan dalam proses kerja bakti ini. Ia bersama ratusan petugas gabungan terlibat dalam proses pembersihan di area Kanal Banjir Barat atau KBB serta saluran air di Kelurahan Petamburan pada 5 Januari 2020.

Pasca Banjir Jakarta, Kerja Bakti Digelar di Kelurahan Petamburan

“Seluruhnya ada 500 petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, Pasukan Pelangi, Pasukan Moda Raya Terpadu (MRT), dan masyarakat yang diterjunkan dalam bersih-bersih ini . Saya juga mengapresiasi bagi seluruh pihak yang membantu,” ujar Wali Kota Jakarta Pusat itu, sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (5/1/2020).

[Baca Juga: Urban Farming di BKB Petamburan Panen 25kg Kacang Panjang]

Dalam kerja bakti ini, Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat juga turut mengerahkan anggotanya ke pemukiman warga di Kelurahan Petamburan. Setidaknya ada puluhan anggota PMI yang dilibatkan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah di sana guna mencegah kemungkinan para warga terjangkit penyakit yang kerap menyebar pasca terjadinya banjir.

Pada kegiatan kerja bakti ini, Bayu Meghantara juga sempat membahas mengenai KBB yang sempat rembes oleh derasnya air dan memicu banjir di wilayah Kelurahan Petamburan. Di mana Pemkot Jakarta Pusat akan melakukan penambalan pada sisi tanggul KBB sekaligus pengecekan terhadap pintu airnya demi memastikan pompanya bekerja dengan baik. Namun ia tak lupa mengingatkan masyarakat juga agar turut menjaga kondisi KBB dengan tidak membuang sampah sembarangan ke sini.

[Baca Juga: Mengapa Akhir-Akhir Ini Banyak Bermunculan Ular Liar?]

Penampakan hewan liar juga sempat terjadi pada proses kerja bakti di Kelurahan Petamburan. Pasalnya, salah satu warga yang terlibat dalam kegiatan ini berhasil menangkap ular piton yang berkeliaran di sana. Warga bernama Yuda itu menyebut, ia melihat penampakan hewan reptil itu saat ular tersebut tengah bergerak di saluran air yang berdekatan dengan Kantor Kelurahan Petamburan. Ia pun langsung menangkapnya dan setelah diukur, ular piton itu memiliki panjang 3,5 meter yang selanjutnya ia serahkan kepada petugas yang berwenang.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.