Pasca-Penertiban PKL, Penghijauan di Jalan Semeru Bogor Dimulai

Berita Kawasan

Pasca-Penertiban PKL, Penghijauan di Jalan Semeru Bogor Dimulai

Pada awal Juli 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang berada di Jalan Semeru, Kecamatan Bogor Barat. Pasca-penertiban PKL tersebut, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor pun menurunkan petugas untuk melakukan penghijauan di lahan yang dulu digunakan para PKL. Langkah ini dilakukan guna untuk menata kembali jalur hijau di kawasan Jalan Semeru Bogor.

Penghijauan ini dilakukan pada 12 Juli 2019 yang bertepatan dengan penertiban PKL lanjutan di Jalan Semeru Bogor oleh para petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor. Jika sebelumnya, digelar di depan lapangan sepak bola di kawasan tersebut, penertiban kali ini dilakukan di depan Rumah Sakit (RS) Marzoeki Mahdi.

Pasca-Penertiban PKL, Penghijauan di Jalan Semeru Bogor Dimulai

Kepala Bidang Pertamanan Disperumkim Kota Bogor M. Hutri menjelaskan, penghijauan ini dilakukan di lahan yang sempat digunakan para PKL. Langkah penghijauan ini digelar dengan memasang pot serta pohon pelindung. Selain untuk mengembalikan jalur hijau, langkah tersebut disinyalir juga sebagai tindakan preventif agar PKL tidak kembali berjualan di lahan yang sudah ditertibkan.

[Baca Juga: PKL Ditertibkan Agar Warga Bisa Nikmati Hijaunya Jalan Semeru Bogor]

“Pemasangan pot dan penanaman pohon pelindung ini dirasakan cukup efektif untuk langkah awal sebelum nanti dilakukan perindahan yang permanen,” ucap M. Hutri, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (15/7/2019). Untuk pemilihan pohon pelindung, Disperumkim memilih menggunakan mahoni dan filicium atau kerai payung. Sedangkan untuk tanaman yang ada di dalam pot adalah pucuk merah.

Ia melanjutkan, penghijauan ini tidak hanya berhenti di depan RS Marzoeki Mahdi saja. Pasalnya, masih akan ada sejumlah titik bekas lahan PKL yang akan dilakukan penataan. Di mana lokasinya adalah di Jalan Padi, Jalan Semeru, Jalan Pajajaran serta sekitar kawasan Kelurahan Ciparigi.

[Baca Juga: Dua Kawasan Kota Bogor Ini Akan Alami Penataan]

Hurti menambahkan, stok tanaman untuk proses penghijauan di area Jalan Semeru Bogor serta titik lainnya dipastikan aman. Pasalnya, Bidang Pertamanan Diperumkim Kota Bogor mendapatkan pasokan tanaman dari kebun pembibitan milik mereka dan melalui proses pengadaan.

Terkait penertiban PKL lanjutan di Jalan Semeru Bogor, Kepala Satpol PP Kota Bogor Herry Kardani menjelaskan, kegiatan ini mendapatkan dukungan dari pihak RS Marzoeki Mahdi. Bahkan pihak koperasi di rumah sakit yang sudah berdiri semenjak tahun 1882 itu akan membantu usaha relokasi para pedagang PKL.

Read More

Artikel Lainnya

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

Bisnis

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

21 August 2019, 17:00  |  3 Views

Seva.id menyuguhkan cara baru dalam proses membeli mobil bagi masyarakat Indonesia, layaknya berbelanja berbagai barang melalui layanan e-commerce.

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

Properti dan Solusi

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

21 August 2019, 16:00  |  4 Views

Pemadaman listrik tentu mengganggu aktivitas masyarakat, namun kini Kemenperin punya solusi berupa penyimpan energi listrik portabel.

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

21 August 2019, 15:00  |  3 Views

Masalah sampah di Indonesia semakin kompleks, maka dari itu Wakil Wali Kota mengimbau para guru dan siswa untuk turut aktif kurangi sampah plastik.

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

Kesehatan

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

21 August 2019, 14:00  |  3 Views

Selain rasanya yang tidak lagi getir, ternyata bawang hitam memiliki banyak khasiat yang baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.