Obat Sakit Kepala 1.jpg

Kesehatan

Pasien dengan Penyakit Ini Tidak Dianjurkan Berpuasa

“Apakah orang sakit boleh berpuasa?” pertanyaan ini kerap didengar pada masa bulan Ramadan. Pendapat yang disampaikan pun beragam, ada yang dari pemuka agama, ada pula yang menurut pakar medis atau dokter. Hingga saat ini belum ada aturan yang jelas hingga penerapan boleh tidaknya berpuasa kembali diserahkan kepada pribadi masing-masing.

Pasien dengan Penyakit Ini Tidak Dianjurkan Berpuasa

Kali ini dari sisi kesehatan medis sudah mengelompokkan 11 penyakit yang penderitanya dianjurkan tidak berpuasa. Pandangan ini tentunya untuk kebaikan dan kesehatan pasien itu sendiri. Menurut Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, berikut kelompok pasien yang tidak dianjurkan berpuasa.

[Baca Juga: 9 Tips Puasa Sehat Untuk Penderita Maag]

  1. Pasian sedang dalam perawatan, yaitu pasien yang sedang dalam perawatan di rumah sakit dan diinfus. Ari mengatakan, baik pasien yang diinfus cairan maupun makanan, atau pasien yang sedang mendapatkan transfusi darah tidak dianjurkan untuk berpuasa. “Tentu hal ini berlaku untuk pasien COVID-19 yang sedang dirawat,” kata Ari, dilansir dari UI.ac.id (5/5/2020).
  2. Pasien infeksi akut. Misalnya radang tenggorokan berat, demam tinggi, diare akut, pneumonia, infeksi saluran kencing, dan infeksi lain yang menyebabkan demam tinggi. Tak terkecuali, pasien COVID-19 yang biasanya memiliki gejala tersebut.
  3. Pasien penderita migrain atau vertigo. Karena menurut Ari, mereka tidak dianjurkan berpuasa bila kondisinya akan bertambah buruk kalau tidak makan atau minum obat. Tentunya pasien tidak bisa minum obat jika berpuasa.
  4. Pasien yang mengalami gangguan pernapasan akut. Seperti asma akut, penyakit paru obstruksi kronis yang berat. Gejala ini juga ditemukan pada pasien COVID-19. Ini juga berkaitan dengan konsumsi obat, seperti pada kasus nomor tiga.
  5. Pasien dengan penyakit jantung dengan gagal jantung. Mereka yang memiliki kondisi kesehatan ini juga tergantung dengan obat. Dengan demikian, tidak memungkinkan bagi pasien dengan penyakit jantung untuk berpuasa di Bulan Ramadan.
  6. Pasien maag dalam keadaan akut. Misalnya sampai muntah-muntah dan mengalami nyeri hebat sampai keluar keringat dingin. Kondisi mereka akan bertambah parah jika tidak ada rutinitas makan yang dijaga. Selain itu mereka akan membutuhkan obat atau bahkan infus.
  7. Pasien kanker yang sedang dalam pengobatan atau belum diobati. Mereka yang memiliki kondisi kesehatan ini perlu menjaga asupan nutrisi dan tidak memungkinkan jika menjalani puasa di Bulan Ramadan. Apalagi jika sedang menjalani pengobatan.
  8. Pasien dengan riwayat gangguan liver kronis lanjut. Kondisi ini misalnya pasien yang pernah mengalami sirosis hepatis grade B atau C. Demi kestabilan kondisi kesehatan mereka, perlu ada asupan nutrisi yang terjaga. Apalagi jika disertai obat-obatan atau suplemen yang perlu dikonsumsi secara rutin.
  9. Pasien dengan gagal ginjal kronis. Kondisi ini biasanya mengharuskan pasien menjalani cuci darah atau peritoneal dialisis. Dengan demikian, tidak memungkinkan bagi mereka untuk menjalani puasa di Bulan Ramadan.
  10. Pasien kencing manis atau diabetes. Pasien yang demikian biasanya gula darahnya belum terkontrol. Atau, kalaupun terkontrol, tetap membutuhkan insulin lebih dari 40 U per hari. Kontrol gula darah bergantung pada asupan nutrisi yang terkontrol dan rutin. Jeda waktu makan yang terlalu panjang ketika menjalani ibadah puasa tidak naik untuk pasien dengan kondisi gula darah yang tidak stabil.
  11. Orang tua lanjut usia yang mengalami pikun atau Alzhaimer. Kelompok pasien terakhir ini tidak dianjurkan berpuasa karena sulit mengingat apakah sudah makan atau sudah minum.

Adanya informasi ini diharapkan menjadi pengingat bagi anggota keluarga pasien yang termasuk dalam kelompok tersebut. “Agar tidak mengalami gangguan kesehatan yang berat. Sebaiknya pada masyarakat yang tidak masuk kelompok tersebut dapat melaksanakan ibadah puasa Ramadan dengan sebaik-baiknya,” tutup Ari.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.