Pasien Positif Tetap Bertambah, Pelanggaran Protokol Kesehatan di DKI Jakarta Terus Terjadi.jpg

Berita Kawasan

Pasien Positif dan Pelanggaran Protokol Kesehatan di Jakarta Terus Bertambah

Rekor penemuan kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta terjadi pada pekan lalu yang di mana dalam sehari ada 9000an orang yang terkonfirmasi terpapar penyakit akibat virus Corona itu. Namun lonjakan kasus COVID-19 ini ternyata tak berpengaruh banyak kepada masyarakat Ibu Kota yang tampaknya terus saja tidak terlalu mengindahkan protokol kesehatan. Ini terlihat dari angka pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi dalam sepekan yang mencapai 15.972 yang ditindak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Data ini dipaparkan Pemprov DKI Jakarta melalui jumlah penindakan yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP DKI Jakarta di rentang waktu 22-27 Juni 2021. Hanya sekitar sepekan saja, pelanggaran protokol kesehatan yang ditemukan angkanya sudah ada belasan ribu. Padahal di sisi lain pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta terus berupaya menangani lonjakan kasus COVID-19 yang disinyalir dipicu oleh memang kurangnya disiplin dari masyarakat dalam mencegah potensi paparan penyakit ini.

Pasien Positif Tetap Bertambah, Pelanggaran Protokol Kes ehatan di DKI Jakarta Terus Terjadi.jpg

Menurut data Satpol PP DKI Jakarta, pelanggaran tertinggi yang terjadi adalah terkait penggunaan masker yang angkanya mencapai 15.718 pelanggaran. Kemudian pelanggaran kedua tertinggi disusul oleh pelanggaran protokol kesehatan di rumah makan/warung makan, kafe, dan restoran yang berjumlah 545. Lalu untuk pelanggaran protokol kesehatan di tempat usaha lainnya mencapai 165, Terakhir pelanggaran di perkantoran ada 84.

Sanksi yang dijatuhkan kepada belasan ribu pelanggaran ini pun ada beragam. Dari mulai denda administratif serta kerja sosial untuk mereka yang melanggar penggunana masker. Sedangkan untuk tempat usaha, rumah makan, dan perkantoran, sanksinya adalah pembubaran pengunjung, teguran tulisan, penutupan hingga 3x24 jam, sampai denda.

[Baca Juga: Pelanggaran Protokol Kesehatan Akibat Antrean BTS Meal, McDonalds Minta Maaf]

Berbicara mengenai sanksi berupa denda, angkanya ternyata mencapai puluhan juta rupiah akibat pelanggaran protokol kesehatan di berbagai wilayah DKI Jakarta. “Jumlah denda yang terkumpul dari seluruh pelanggaran periode 22 sampai 27 Juni 2021 sebesar Rp58.300.000,” tutur Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (29/6/2021).

Arifi menyebut, petugasnya terus berupaya melakukan pengawasan protokol kesehatan di Ibu Kota setiap harinya. Hal ini tentu saja dilakukan sebagai upaya Satpol PP DKI Jakarta untuk semakin menyadarkan semua warga agar bertanggung jawab dalam membantu menekan penyebaran COVID-19 yang cukup dilakukan dengan disiplin protokol kesehatan di mana pun Anda berada.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.