Pastikan Keamanan, Pemkot Jakarta Selatan Blusukan ke Pasar

Bisnis

Pastikan Keamanan Pangan, Pemkot Jakarta Selatan Blusukan ke Pasar

Pada 27 Februari 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan menggelar blusukan ke sejumlah pasar di wilayahnya. Dengan target lima lokasi, pasar tradisional dan modern, blusukan ini disebut digelar dalam rangka memastikan produk pangan yang dijual di lokasi-lokasi tersebut aman untuk dikonsumsi yang terbebas dari zat berbahaya.

Lima pasar yang dikunjungi itu terdiri dari Pasar Kebayoran Lama, Pasar Pesanggrahan, Pasar Pondok Indah, Pasar Mampang Prapatan, dan terakhir pasar modern Ranch Market Pondok Indah.

Pastikan Keamanan, Pemkot Jakarta Selatan Blusukan ke Pasar

Blusukan ini digelar Pemkot jakarta Selatan melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan. Menurut Sekretaris Kota Jakarta Selatan Munjirin, terdapat sekitar 380 sampel yang diambil dari pasar-pasar tersebut. Sampel ini terdiri dari 220 produk pertanian, 40 sampel untuk produk peternakan, serta 120 sampel untuk produk perikanan.

“Nanti dari masing-masing sampel kita sudah masuk ke lab untuk dicek keamanan pangannya, apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak,” tutur Munjirin, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (27/2/2020). Laboratoriumnya disebut berada di Ranch Market Pondok Indah untuk memudahkan pengecekan usai proses pengumpulan sampel.

[Baca Juga: Pasar Tebet Jadi Sasaran Pertama Sosialisasi Larangan Kantong Plastik]

Pada proses pengecekan ini, Pemkot Jakarta Selatan bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI yang bertugas untuk pemeriksaan makanan yang sudah diolah. Munjurin melanjutkan, kegiatan pengecekan ini sebenarnya merupakan kegiatan rutin demi memastikan masyarakat Jakarta Selatan terbebas dari pangan yang mengandung formalin, boraks, rodhamin B, metilen yellow, dan residu pestisida.

Pada pemeriksaan tersebut rata-rata pangan yang diperiksa aman tapi sempat ditemukan kandungan berbahaya dari makanan yang sudah diolah. “Jadi pada pengawasan kali ini kita juga mengundang Badan POM yang memeriksa produk pangan yang sudah diolah. Ternyata setelah dilakukan pemeriksaan terhadap produk pangan seperti kerupuk ini diperoleh hasil mengandung boraks dan positif,” ungkap Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan Hasudungan A. Sidabalok.

[Baca Juga: Pemkot Jaksel Siap Sosialisasikan Pergub Terkait Larangan Kantong Plastik]

Kegiatan serupa juga sempat dilakukan Sudin KPKP Jakarta Selatan pada 28 Februari 2020 yang digelar di Pasar Minggu, Pasar Lenteng Agung, Pasar Warung Buncit, Pasar Cidodol, dan pasar modern yang berada di Cilandak. Di mana saat itu, mereka mengumpulkan 341 jenis sampel.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>