Pastikan Kebijakan PSBB Efektif, Pasar di Jakarta Barat Ditinjau.jpg

Berita Kawasan

Pastikan Kebijakan PSBB Efektif, Pasar di Jakarta Barat Ditinjau

Seperti yang sudah diumumkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait perpanjangan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi di Ibu Kota, pasar menjadi salah satu objek yang akan difokuskan pengawasannya demi berusaha mencegah penyebaran COVID-19. Realisasi dari pengawasan ini bisa dilihat di wilayah Jakarta Barat pada 6 Juni 2020. Dengan tim gabungan dari Pemprov DKI Jakarta sampai elemen dari Pemerintahan Jakarta Barat terlihat melakukan peninjauan terhadap kepatuhan warga pada kebijakan PSBB masa transisi.

Peninjauan terhadap kepatuhan kebijakan PSBB Masa Transisi DKI Jakarta itu dilakukan di dua lokasi, yakni Pasar Duta Masa dan Pasar Inpres Jelambar Polri yang berada di wilayah Kelurahan Wijaya Kusuma. Di mana tim gabungan yang diturunkan berasal dari Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, kemudian Kecamatan Grogol, Petamburan, Kelurahan Wijaya Kusuma, Satpol PP, Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan PD Pasar Jaya.

Tim gabungan ini pun bergerak di kedua pasar tersebut untuk melakukan kegiatan pemantauan, pengawasan, sekaligus penegakkan terhadap Peraturan Gubenur No.51 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan PSBB Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif.

Pastikan Kebijakan PSBB Efektif, Pasar di Jakarta Barat Ditinjau .jpg

“Pada umumnya pedagang dan pengunjung pasar telah menerapkan protokol kesehatan, mulai dari pakai masker, pemeriksaan suhu badan, dan cuci tangan dengan sabun pada sarana yang telah disediakan,” ujar Lurah Wijaya Kusuma Novi Indria Sari, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (6/7/2020).

Di Pasar Duta Mas sendiri tak ditemukan indikasi pelanggaran terhadap kebijakan PSBB Masa Transisi, tapi hal yang berbeda di Pasar Inpres Jelambar Polri. Pada pasar yang berada di Jalan Kavling Polri, Kelurahan Wijaya Kususma itu, seorang warga terciduk tak menggunakan masker. Petugas pun langsung menjatuhkan sanksi sosial kepada pelanggar itu.

Kemudian kegiatan serupa juga dilakukan di Kecamatan Tamansari dengan tiga pilar Kelurahan Tamansari bersama Pemprov DKI Jakarta melakukan peninjauan penerapan kebijakan PSBB Masa Transisi di Pasar Asem Reges. “Monitoring ini untuk mengawasu dan memantau aktivitas pedagang-pengunjung di Pasa Asem Reges, termasuk fasilitas maupun sarana protokol kesehatan COVID-19,” sebut Lurah Tamansari Yusuf.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 7 months lalu
    hanna56

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di bola165