Pastikan PSBB, Pemkot Jakarta Selatan Kunjungi Gedung Perkantoran

Berita Kawasan

Pastikan PSBB, Pemkot Jakarta Selatan Kunjungi Gedung Perkantoran

Pada pekan lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Ibu Kota dan salah satu objek yang difokuskan dalam kebijakan ini adalah perkantoran. Di mana hampir semua aktivitas perkantoran swasta di Jakarta diharuskan dihentikan demi menekan penyebaran Virus Corona penyebab COVID-19. Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan pun pada pekan ini melakukan sidak untuk memastikan bahwa kebijakan PSBB itu memang dipatuhi perusahaan.

Pastikan PSBB, Pemkot Jakarta Selatan Kunjungi Gedung Perkantoran

Sekadar informasi, perusahaan swasta yang masih diperbolehkan beroperasi selama PSBB di Ibu Kota terdiri dari:

  • Toko ritel atau usaha yang menjual kebutuhan pokok.
  • Perusahaan keuangan seperti bank, kantor, asuransi, penyelenggara sistem pembayaran, ATM dan vendor pendukungnya.
  • Media massa.
  • Perusahaan sektor telekomunikasi
  • Perusahaan logistik.
  • Perusahaan atau usaha yang berhubungan dengan energi seperti POM Bensin, LPG, penyimpanan migas, dan pembangkit listrik (sekaligus pendukungnya).
  • Pasar modal
  • Ojek online untuk mengantar makanan serta barang
  • Perusahaan yang melayani penyimpanan serta cold storage.
  • Perusahaan penyedia jasa keamanan pribadi.

[Baca Juga: Cek Penerapan PSBB di Jakarta, 8 Gedung Perkantoran dan Mal Disidak]

Sidak ini dilakukan Pemkot Jakarta Selatan bersama dengan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi (Dinaskertrans) DKI Jakarta di kawasan Jalan TB Simatupang, Kecamatan Pasar Minggu pada 14 April 2020. Sidak yang dipimpin langsung Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji ini disebut dilakukan demi memastikan penegakan Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 terkait PSBB.

Sidak tersebut menyisir dua gedung perkantoran yang terdiri dari Plaza Oleos dan Cibis Bussiness Park. “Di kedua tempat ini, kita memeriksa penerapan work from home (WFH) dan physical distancing,” ujar Isnawa, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (14/4/2020).

[Baca Juga: Cegah Produk Pangan Berbahaya, Pemkot Jakarta Timur Sidak 6 Pasar]

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Plaza Oleos dengan jajaran Pemkot Jakarta Selatan bersama Dinaskertrans DKI Jakarta. Dengan tim yang melihat kegiatan dalam gedung perkantoran tersebut sekaligus memeriksa keberadaan pegawai yang bekerja di sana. Hal yang salam juga turut dilakukan di gedung Cibis Bussiness Park. “Kita mau melihat apakah setiap gedung perkantoran sudah mematuhi aturan dalam Pergub ini,” tambah orang nomor dua di Jakarta Selatan tersebut.

Dalam sidak ini, turut hadir yang mendampingi Isnawa adalah Kepala Dinaskertrans DKI Jakarta Andri. Ia menegaskan, sidak ini penting demi kepentingan semua orang di DKI Jakarta. Pasalnya, penegakan PSBB merupakan elemen penting dalam usaha memutus rantai penyebaran Covid-19 di kawasan Ibu Kota.

“Di sini kami hadir untuk memastikan bahwa penerapan PSBB itu adalah untuk kepentingan bersama, bukan kepentingan pemerintah, pengusaha, atau pekerja. Oleh karenanya kepentingan ini tidak bisa berjalan efektif jika tidak ada kerjasama dari seluruh pihak. Kalau memang sesuai prosedur it's OK dan tolong dipertahankan,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.