Paud Bale Ceria Hadirkan Sembilan Area Belajar

Pendidikan

Paud Bale Ceria Hadirkan Sembilan Area Belajar

Satuan Paud Sejenis (SPS) merupakan suatu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan di luar pendidikan formal atau PAUD nonformal. Lembaga pendidikan ini berupaya mendidik anak sejak lahir sampai usia enam tahun melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan untuk lanjut ke dalam pendidikan formal.

Anak-anak yang sudah memiliki kesiapan untuk sekolah akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya dan mengurangi tekanan yang mungkin mereka rasakan. Usia pra-sekolah umumnya memiliki rasa ingin tahu yang besar. Dengan bermain dan belajar di PAUD, keingintahuan anak bisa terpenuhi dengan baik.

Paud Bale Ceria Hadirkan Sembilan Area Belajar

Dalam proses tumbuh kembang si anak, di PAUD juga menyertakan berbagai aktivitas fisik dan kreativitas permainan lainnya. Salah satu PAUD yang menawarkan area belajar lengkap untuk meningkatkan daya kreativitas anak melalui permainan yaitu SPS Bale Ceria Kecamatan Pesanggrahan.

[Baca Juga: Wali Kota Jaktim Ajak Anak PAUD Naik Transportasi Umum]

Melansir laman selatan.jakarta.go.id (07/10/2019), seorang pengajar bernama Wati menjelaskan, SPS Bale Ceria Kecamatan Pesanggrahan memiliki sembilan area belajar yang terdiri dari area bahasa, musik, agama, matematika, bahan alam, balok, drama, seni, dan motorik. Semua area yang diajarkan di tempat tersebut memang sudah seharusnya didapatkan anak-anak sesuai dengan perkembangan usianya. Melalui sebuah permainan dapat mendorong anak-anak usia dini untuk mengembangkan keterampilannya, fisik, sosial, dan intelektual.

Wati menjelaskan, melalui sebuah permainan kreativitas anak-anak akan berkembang, ide-ide akan keluar dari pikiran mereka, walaupun kadang terasa aneh bagi para orangtua. "Misalnya perkembangan keterampilan sosial dapat terlihat dari cara anak mendekati dan bersama dengan orang lain, berkompromi serta bernegosiasi," ujarnya.

[Baca Juga: Manfaat Literasi untuk Anak Sejak Dini]

Wati berharap, hadirnya SPS ini dapat membantu meringankan beban para orangtua yang bekerja dan pelajaran yang diberikan dapat bermanfaat bagi anak-anak didiknya. "Di Bale Ceria ini sudah ada sembilan anak yang mendaftar. Namun karena orangtuanya sedang ada cuti jadi yang masuk baru tiga anak. Untuk persyaratan pendaftaran orang tua dapat mengisi formulir dan melampirkan akte, dan KK," tandasnya

Read More

Artikel Lainnya

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

Berita Kawasan

Apakah Fungsi Ada Kotak Biru di Stasiun LRT?

27 February 2020, 13:00

Apakah Pointers pernah melihat ada kotak biru di seluruh stasiun LRT Jakarta? Kota itu akan ada sampai 2 Maret 2020. Kotak apakah itu?

Ini Alasan Roti Sourdough Lebih Sehat dari Roti Biasa

Kuliner

Ini Alasan Roti Sourdough Lebih Sehat dari Roti Biasa

27 February 2020, 12:00

Tahukah Anda kandungan nutrisi dalam roti sourdough terbilang lebih baik untuk tubuh manusia dibandingkan roti konvensional?

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

Berita Kawasan

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

27 February 2020, 11:00

Terendamnya 94 titik di Jakarta telah menarik simpati berbagai pihak. Solidaritas untuk sesama, PT LRT Jakarta dan ACT Sulsel galang donasi bagi warga korban banjir.

Gelar Produk IKM Jakarta Digelar Hingga 1 Maret di Sarinah

Bisnis

Gelar Produk IKM Jakarta Digelar Hingga 1 Maret di Sarinah

27 February 2020, 10:00

Gelar Produk IKM Jakarta dilangsungkan di Mal Sarinah. Pusat perbelanjaan tertua di Jakarta ini memang fokus pada UKM.


Comments


Please Login to leave a comment.