IMG_4537.JPG

Pendidikan

PBA UIN Jakarta, Sukses Gelar ALF MANEERA 2021

Pendidikan Bahasa Arab (PBA), salah satu prodi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syaif Hidayatullah Jakarta sukses gelar festival acara berbasis bahasa Arab yang dibungkus dalam tajuk ‘Al Arabiyyah Lil Funuun (ALF) Maneera Tahun 2021’. Mendapat respon antusias yang luar biasa dari banyak peserta, mulai dari siswa, mahasiswa, sampai pihak-pihak lain yang terlibat, ALF Maneera sukses dilaksanakan, mulai Kamis-Minggu, 14-17 Oktober 2021, kemarin.

ALF Maneera merupakan festival intelektual berbasis bahasa Arab. Beragam mata acara yang diselenggarakan, mulai dari Webinar sampai perlombaan, semuanya bermanfaat dalam mengudaraan eksistensi bahasa Arab beserta pembelajaran dan pegiatnya, dalam memberikan sumbangsih pengembangan budaya intelektual yang ada. Mengingat, bahasa Arab merupakan bahasa internasional yang banyak dipelajari di berbagai lembaga pendidikan di Indonesia, keberadaan ALF Maneera menjadi suatu yang ditunggu oleh banyak pembelajar lintas tingkatan.

[Baca Juga: ARLIC Indonesia Lakukan Terobosan Pembelajaran Bahasa Arab]

Berbagai perlombaan turut mewarnai pagelaran ALF Maneera Tahun 2021 yang diselenggarakan secara hybrid system. Perlombaan-perlombaan tersebut meliputi, untuk kalangan siswa yakni taqdimul qushus, pidato, dan mushabaqoh tilawatil quran, sedangkan untuk kalangan mahasiswa yakni debat, pidato, puisi, penulisan esai, qiraatul khabar, sampai ghina araby.

IMG_4509.JPG

“Melalui acara ini diharapkan akan muncul jiwa-jiwa pejuang, karena dihadirkan berbagai macam-macam perlombaan yang nantinya menjadi bekal untuk terjun ke masyarakat. Dengan diadakan acara ini juga kita dapat meningkatkan kompetensi sikap, pengetahuan, dalam keterampilan dalam berbahasa Arab.” Ungkap Sururin, Dekan FITK UIN Jakarta ketika membuka jalannya festival.

Melalui perlombaan yang diadakan, PBA UIN Jakarta dan ALF Maneera Tahun 2021 berkeinginan mengenalkan, mengembangkan, serta mempopulerkan kreatifitas dan potensi intelektual yang mampu digali dan dikembangkan lewat bahasa Arab. Sejauh yang dikembangkan melalui acara-acara yang dibawa ALF Maneera, pembelajaran bahasa Arab tidak hanya berguna sebagai medium komunikasi, melainkan menyimpan daya tarik kreatifitas berbahasa yang unik dan bermanfaat untuk perkembangan ekosistem pendidikan bahasa Arab dari lintas kalangan.

[Baca Juga: Rangkul Kenormalan Baru, FITK UIN Jakarta Gelar Konferensi Internasional]

Tak hanya perlombaan, momentum ALF Maneera Tahun 2021 juga menggelar Webinar bertajuk ‘”Peran Orkestrator Peradaban Islam dalam Menjaga Eksistensi Bahasa Arab di Kancah Dunia.” Dalam momentum Webinar tersebut, peserta diajak mengulas dan menghadirkan kembali catatan sejarah potensi bahasa Arab yang pernah menjadi tiang peradaban perkembangan intelektual dan ilmu pengetahuan di dunia global pada masanya. Bersama Oman Faturrahman, Tulus Musthofa, dan Muhammad Luthfi Yusuf, ALF Maneera Tahun 2021 menghadirkan dan mengudarakan kembali geliat merayakan pembelajaran bahasa Arab.

IMG_4510.JPG

Selain itu, masih dalam ALF Maneera Tahun 2021 ini, PBA UIN Jakarta juga mengadakan berbagai program yang turut mendukung dan meramaikan jalannya festival. Mulai dari santunan anak yatim, pentas seni, sampai vaksinasi yang disambut dengan antusias ramai para pegiat akademika di lingkungan sekitar.

Mendapat respon yang luar biasa dari Zainut Tauhid Sa’adi (Wakil Menteri Agama Republik Indonesia) dan Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta), segela proses rangkaian acara ALF Maneera Tahun 2021 dapat diakses publik secara umum melalui akun Instagram @alfpba2021 dan akun Youtube HMPS PBA UIN Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.