PBB Setu Babakan Dikunjungi 14.775 Wisatawan

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan Dikunjungi 14.775 Wisatawan

Tak hanya lokasi wisata taman rekreasi atau pun museum yang ramai dikunjungi wisatawan selama libur Lebaran. Tempat wisata yang kental dengan budaya Betawi di kawasan Jagakarsa juga tak kalah banyak dikunjungi wisatawan. Tentu saja, lokasi wisata tersebut adalah Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Mengutip beritajakarta.id (9/6/2019), ribuan warga memadati kawasan yang khusus melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi ini. Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Jakarta Selatan Imron mengatakan, jumlah pengunjung PBB Setu Babakan mencapai 14.775 pengunjung sejak tanggal 6-8 Juni 2019.

[Baca Juga: Monas Jadi Lokasi Wisata Favorit Selama Libur Lebaran]

Dia juga mengungkapkan, berdasarkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, kenaikan jumlah pengunjung meningkat secara drastis di hari akhir libur Lebaran. Target pengunjung kawasan PBB Setu Babakan mencapai 10 ribu pengunjung. Namun, pada Minggu (9/6), Imron memprediksi lebih dari enam ribu pengunjung yang datang ke Setu Babakan.

Meski dipadati pengunjung, kawasan PBB Setu Babakan diupayakan agar tetap bersih. Sehingga, 65 petugas kebersihan ditugaskan untuk menjaga kawasan budaya Betawi tersebut selama libur Lebaran sebagaimana disampaikan Kepala UPK Setu Babakan Rafiqoh Mustafa. Dia pun mengimbau kepada para wisatawan untuk menjaga ketertiban serta kebersihan.

Selain menikmati pemandangan dan kuliner khas budaya Betawi, pengunjung yang datang ke PBB Setu Babakan pada libur Lebaran juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seni budaya Betawi, seperti lenong dan gambang kromong.

[Baca Juga: Libur Lebaran, Wisatawan Padati Kepulauan Seribu]

Seorang pengunjung asal Tanjung Priok Laila (43) mengatakan, sengaja datang ke Setu Babakan untuk berwisata sekaligus mengenalkan budaya Betawi kepada cucunya. Dia yang keturunan orang Betawi pun merasa harus mengenalkan budayanya sendiri kepada cucunya. Selain murah, dia senang karena banyak makanan khas Betawi yang rasanya enak bisa didapatkan di Setu Babakan.

"Saya kan orang Betawi jadi harus kenalin budayanya secara nyata kepada cucu. Lagipula wisata di sini murah meriah, makanannya banyak yang enak," tuturnya.

Kawasan wisata PBB Setu Babakan menjadi salah satu ikon wisata edukatif di Jakarta, khususnya dalam mengenalkan seni budaya Betawi. Sehingga, meski libur Lebaran telah berakhir dan Anda belum pernah mengunjungi kawasan wisata yang satu ini, Anda patut sambangi PBB Setu Babakan Jagakarsa yang buka setiap Senin-Sabtu mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.