PBB Setu Babakan Dikunjungi 14.775 Wisatawan

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan Dikunjungi 14.775 Wisatawan

Tak hanya lokasi wisata taman rekreasi atau pun museum yang ramai dikunjungi wisatawan selama libur Lebaran. Tempat wisata yang kental dengan budaya Betawi di kawasan Jagakarsa juga tak kalah banyak dikunjungi wisatawan. Tentu saja, lokasi wisata tersebut adalah Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Mengutip beritajakarta.id (9/6/2019), ribuan warga memadati kawasan yang khusus melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi ini. Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Jakarta Selatan Imron mengatakan, jumlah pengunjung PBB Setu Babakan mencapai 14.775 pengunjung sejak tanggal 6-8 Juni 2019.

[Baca Juga: Monas Jadi Lokasi Wisata Favorit Selama Libur Lebaran]

Dia juga mengungkapkan, berdasarkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, kenaikan jumlah pengunjung meningkat secara drastis di hari akhir libur Lebaran. Target pengunjung kawasan PBB Setu Babakan mencapai 10 ribu pengunjung. Namun, pada Minggu (9/6), Imron memprediksi lebih dari enam ribu pengunjung yang datang ke Setu Babakan.

Meski dipadati pengunjung, kawasan PBB Setu Babakan diupayakan agar tetap bersih. Sehingga, 65 petugas kebersihan ditugaskan untuk menjaga kawasan budaya Betawi tersebut selama libur Lebaran sebagaimana disampaikan Kepala UPK Setu Babakan Rafiqoh Mustafa. Dia pun mengimbau kepada para wisatawan untuk menjaga ketertiban serta kebersihan.

Selain menikmati pemandangan dan kuliner khas budaya Betawi, pengunjung yang datang ke PBB Setu Babakan pada libur Lebaran juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seni budaya Betawi, seperti lenong dan gambang kromong.

[Baca Juga: Libur Lebaran, Wisatawan Padati Kepulauan Seribu]

Seorang pengunjung asal Tanjung Priok Laila (43) mengatakan, sengaja datang ke Setu Babakan untuk berwisata sekaligus mengenalkan budaya Betawi kepada cucunya. Dia yang keturunan orang Betawi pun merasa harus mengenalkan budayanya sendiri kepada cucunya. Selain murah, dia senang karena banyak makanan khas Betawi yang rasanya enak bisa didapatkan di Setu Babakan.

"Saya kan orang Betawi jadi harus kenalin budayanya secara nyata kepada cucu. Lagipula wisata di sini murah meriah, makanannya banyak yang enak," tuturnya.

Kawasan wisata PBB Setu Babakan menjadi salah satu ikon wisata edukatif di Jakarta, khususnya dalam mengenalkan seni budaya Betawi. Sehingga, meski libur Lebaran telah berakhir dan Anda belum pernah mengunjungi kawasan wisata yang satu ini, Anda patut sambangi PBB Setu Babakan Jagakarsa yang buka setiap Senin-Sabtu mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.