PBB Setu Babakan Dikunjungi 14.775 Wisatawan

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan Dikunjungi 14.775 Wisatawan

Tak hanya lokasi wisata taman rekreasi atau pun museum yang ramai dikunjungi wisatawan selama libur Lebaran. Tempat wisata yang kental dengan budaya Betawi di kawasan Jagakarsa juga tak kalah banyak dikunjungi wisatawan. Tentu saja, lokasi wisata tersebut adalah Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Mengutip beritajakarta.id (9/6/2019), ribuan warga memadati kawasan yang khusus melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi ini. Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Jakarta Selatan Imron mengatakan, jumlah pengunjung PBB Setu Babakan mencapai 14.775 pengunjung sejak tanggal 6-8 Juni 2019.

[Baca Juga: Monas Jadi Lokasi Wisata Favorit Selama Libur Lebaran]

Dia juga mengungkapkan, berdasarkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, kenaikan jumlah pengunjung meningkat secara drastis di hari akhir libur Lebaran. Target pengunjung kawasan PBB Setu Babakan mencapai 10 ribu pengunjung. Namun, pada Minggu (9/6), Imron memprediksi lebih dari enam ribu pengunjung yang datang ke Setu Babakan.

Meski dipadati pengunjung, kawasan PBB Setu Babakan diupayakan agar tetap bersih. Sehingga, 65 petugas kebersihan ditugaskan untuk menjaga kawasan budaya Betawi tersebut selama libur Lebaran sebagaimana disampaikan Kepala UPK Setu Babakan Rafiqoh Mustafa. Dia pun mengimbau kepada para wisatawan untuk menjaga ketertiban serta kebersihan.

Selain menikmati pemandangan dan kuliner khas budaya Betawi, pengunjung yang datang ke PBB Setu Babakan pada libur Lebaran juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seni budaya Betawi, seperti lenong dan gambang kromong.

[Baca Juga: Libur Lebaran, Wisatawan Padati Kepulauan Seribu]

Seorang pengunjung asal Tanjung Priok Laila (43) mengatakan, sengaja datang ke Setu Babakan untuk berwisata sekaligus mengenalkan budaya Betawi kepada cucunya. Dia yang keturunan orang Betawi pun merasa harus mengenalkan budayanya sendiri kepada cucunya. Selain murah, dia senang karena banyak makanan khas Betawi yang rasanya enak bisa didapatkan di Setu Babakan.

"Saya kan orang Betawi jadi harus kenalin budayanya secara nyata kepada cucu. Lagipula wisata di sini murah meriah, makanannya banyak yang enak," tuturnya.

Kawasan wisata PBB Setu Babakan menjadi salah satu ikon wisata edukatif di Jakarta, khususnya dalam mengenalkan seni budaya Betawi. Sehingga, meski libur Lebaran telah berakhir dan Anda belum pernah mengunjungi kawasan wisata yang satu ini, Anda patut sambangi PBB Setu Babakan Jagakarsa yang buka setiap Senin-Sabtu mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00.

Read More

Artikel Lainnya

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

Kesehatan

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

19 August 2019, 23:00  |  2 Views

Tubuh manusia memiliki komponen ajaib yang dirancang untuk menghadapi tantangan dalam beraktivitas. Serotonin ialah hormon yang dapat diandalkan untuk mencegah depresi.

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

Pendidikan

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

19 August 2019, 22:00  |  1 Views

Kementerian Perindustrian terus mendorong pelaku industri untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan vokasi.

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

Kecantikan dan Fashion

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

19 August 2019, 21:00  |  5 Views

Toner memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan kulit Anda, namun sebelum menggunakannya coba perhatikan kiat memilih toner sesuai jenis kulit.

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

Berita Kawasan

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

19 August 2019, 20:00  |  4 Views

Pemprov DKI memutuskan untuk menanam bougenville di sejumlah titik Jakarta Pusat demi mengendalikan polusi udara Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.