PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Di bilangan kawasan Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, terdapat danau buatan yang dikenal dengan nama Setu Babakan. Walau danau buatan ini menjadi lokasi wisata alternatif bagi warga Ibu Kota yang ingin menikmati suasana Setu Babakan, tapi ikon dari lokasi ini justru adalah Perkampungan Budaya Betawi yang disingkat PBB Setu Babakan.

Pembangunan PBB Setu Babakan ini memang ditujukan untuk menguatkan akar budaya Betawi di Jakarta dan agar tak tergerus modernitas yang terus membayangi Ibu Kota. Berdiri di atas lahan yang memiliki luas sekitar 289 herktare, di tempat inilah wadah bagi berbagai hal yang berhubungan dengan budaya Betawi.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Ada berbagai bentuk keseniannya, kulinernya, berbagai peralatan yang digunakan dalam rumah tangga, baju adat, agrokultur, arsitekturnya, hingga tata krama yang melekat kuat pada identitas Betawi ditampilkan di sana. Di mana pendiriannya tak terlepas dari gagasan Badan Musyawarah Masyarakat Betawi (Bamus Betawi) yang ingin tradisi mereka tidak ditelan zaman.

“Ini salah satu tempat yang menjadi cita-cita kita selaku orang Betawi. Dulu cita-cita kita bersama di tahun 1996-97, kita ngumpul tokoh Betawi dan kepengen banget punya tempat kayak gini. Kita rapat-rapat, diskusi, segala macem, kita minta ke Bang Sutiyoso (mantan Gubernur DKI Jakarta), ‘Bang kita minta dibikini kayak gini’,” ujar perwakilan Unit Pengelola Kawasan (UPK) PBB Setu Babakan Bukhori kepada PingPoint.co.id (18/2/2020).

[Baca Juga: Pemkot Jakpus Ajak Warganya Wisata ke Museum dan Setu Babakan]

Setelah para anggota Bamus Betawi dengan salah satunya Bukhori mengajukan proposal dengan konsep Perkampungan Budaya Betawi yang salah satu lokasinya adalah di area Setu Babakan. Usai melalui proses panjang di Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta, Sutiyoso pun memberikan lampu hijau terhadap proposal tersebut dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur No.92 tahun 2000 tentang Penataan Lingkungan Perkampungan Budaya Betawi.

Pada masa embrio PBB Setu Babakan, pengelolaan dari kawasan yang ditujukan untuk melestarikan berbagai hal yang berhubungan dengan budaya Betawi ini jatuh di tangan kelompok Badan Pengelola yang berganggotakan masyarakat Betawi. “Seiring perkembangan waktu, karena ini anggaran pemerintah (maka) harus pemerintah yang ngelola. Akhirnya Pemda DKI yang melaksanakan tugas ini tapi masyarakat tetap dilibatkan, masyarakat di sini ada yang namanya Forum Pengkajian dan Pengembangan yang isinya para tokoh Betawi,” sambung Bukhori.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Saat ini PBB Setu Babakan sendiri dibagi menjadi beberapa zona yang ditujukan untuk semakin menguatkan identitas serta pengetahuan pengunjung mengenai Betawi ketika mereka datang ke sini. Berikut ini zona-zona tersebut:

  • Ada Zona Embrio (4.091 meter persegi) yang menjadi cikal-bakal berdirinya Perkampungan Betawi.
  • Zona Pengembangan Sarana dan Prasaran (1,9 hektare) yang direncanakan untuk didirikan SMK Kebudayaan Betawi nantinya.
  • Zona A (3,2 hektare) yang ditujukan untuk Museum Betawi serta pameran rumah adat hingga amphytheatre untuk berbagai pagelaran budaya Betawi.
  • Zona B (3.771 meter persegi) yang diperuntukkan sebagai zona kuliner.
  • Zona C (3,2 hektare) merupakan pulau buatan yang menjadi replika rumah adat Betawi yang benar-benar disesuaikan antara Betawi Pesisir, Betawi Tengah, dan Betawi Pinggir.

[Baca Juga: PBB Setu Babakan Dikunjungi 14.775 Wisatawan]

Salah satu zona utama yang menjadi berbagai pusat kegiatan adalah di Zona A. Pasalnya, selain ada Museum Betawi, berbagai kegiatan juga dipusatkan di sini. Apalagi dengan keberadaan amphyteatre, pihak UPK PBB Setu Babakan kerap menggelar hiburan yang kental dengan unsur Betawi seperti yang saat ini tengah digelar hingga Maret 2020 pada Sabtu. Dari mulai ondel-ondel, hadroh, lenong denes, gambus, marawis, palang pintu, gambang kromong, dan lainnya ditampilkan di sini yang bisa disaksikan tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Sebagai salah satu sosok yang mengetahui perjalanan dari masa embrio Perkampungan Betawi di Setu Babakan, Bukhori menyimpan harapannya untuk kawasan ini. “Jadi Kampung Betawi ini menjadi kebanggaan bukan hanya untuk warga Betawi, tapi masyarakat Jakarta dan Indonesia. Saya berkeinginan akhlak, moral, sopan santun, tata krama tumbuh dari Perkampungan Budaya Betawi,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 3 months lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88,net guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88,net ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>