Pecinta Kopi Berkumpul di Kawasan Kotabaru Yogyakarta, Ada Apa Y a.jpg

Kuliner

Pecinta Kopi Berkumpul di Kawasan Kotabaru Yogyakarta, Ada Apa Ya?

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memang pada pekan lalu selama hampir satu minggu penuh telah menggelar rangkaian acara dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-266 Kota Gudeg. Dari mulai acara yang melibatkan para pelajar, bazar UMKM, sampai puncaknya adalah Wayang Jogja Night Carnival yang akhirnya kembali digelar secara luring. Menariknya, pada akhir pekannya juga terdapat satu acara kuliner yang didedikasikan khusus bagi para pegiat serta penikmat kopi. Di mana nama acaranya adalah Malioboro Coffee Night #4.

Tentu saja sesuai dengan namanya, acara ini membuat para pecinta kopi di sekitar Kota Gudeg serta para wisatawan yang memang penikmat kopi berkumpul di sepanjang Jalan Sudirman pada 9 Oktober 2022 kemarin. Kegiatan ini menghadirkan 170 pegait kopi yang berasal dari Komunitas Kopi Nusantara yang membuka stand-nya untuk menawarkan racikan minuman khas mereka yang berasal dari biji kopi asli Tanah Air. Menariknya, kegiatan ini juga dimanfaatkan oleh pengusaha kopi serta petani untuk bertemu langsung dengan konsumen serta mendengar masukan mereka tentang produknya. Apalagi pada event akhir pekan kemarin itu, memang telah disediakan puluhan ribu cup racikan kopi yang bisa dinikmati bagi pengunjung.

Pecinta Kopi Berkumpul di Kawasan Kotabaru Yogyakarta, Ada Apa Ya.jpg

“Melalui event tahunan ini harapannya dari petani dan pengusaha kopi bisa melebarkan sayapnya, makin mengenalkan produknya. Kemudian untuk pengunjung bisa memperkaya pengalaman mencicipi racikan kopi terbaik dari tiap stand yang berbeda,” tutur salah satu anggota Komunitas Kopi Nusantara Andri, sebagaimana dikutip dari Warta.Jogjakota.go.id (8/10/2022).

[Baca Juga: Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta]

Dari sisi penyelenggaraannya sendiri, ternyata terdapat alasan mengapa Pemkot Yogyakarta memilih area di Jalan Sudriman sebagai lokasi Malioboro Coffee Night #4. Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendrarmoko, kawasan pedestrian Jalan Sudirman sudah ditata sedemikian rupa agar bisa menjadi ruang publik dan di sini terdapat bangunan-bangunan bergaya era Kolonial sehingga memiliki potensi wisata dan ini perlu dipromosikan dan salah satunya melalui perhelatan bagi para pecinta kopi tersebut.

“Yogya ini kan kota yang ngangenin, penuh kenangan, banyak orang yang ingin terus kembali ke sini. Maka, kami siapkan ruang lain agar wisatawan tidak menumpuk di Malioboro saja. Salah satunya di kawasan Jalan Sudirman ini, potensi wisatanya menarik,” tambah Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.