Pedagang Nasi Kapau di Kawasan Senen Dipindahkan

Kuliner

Pedagang Nasi Kapau di Kawasan Senen Dipindahkan

Bila membahas mengenai salah satu kuliner yang khas di kawasan Kecamatan Senen Jakarta Pusat, tentu saja pusat penjualan nasi Kapau yang menjajakan dagangannya di Jalan Kramat Raya masuk ke dalam kategori ini. Namun setelah puluhan tahun berjualan di sisi jalan tersebut, mereka pun harus siap untuk meliburkan sementara usahanya selama beberapa hari. Pasalnya, para pedagang kuliner ini tengah bersiap untuk direlokasi.

Para pedagang nasi Kapau disebut sudah mulai membereskan dagangannya sejak 5 September 2019. Sehingga untuk sementara waktu, pemandangan serta aroma masakan Sumatera Barat yang biasanya menjadi ikon khas saat Anda melewati Jalan Kramat Raya tidak akan terlihat dulu.

Pedagang Nasi Kapau di Kawasan Senen Dipindahkan

Jadi yang biasanya Anda dapat melihat jajaran baskom yang berisi gulai sayur nangka, gulai tunjang, gulai cincang, gulai bebek, hingga sambal lado hijau yang menggugah selera di area Jalan Kramat Raya hingga 9 September akan “libur” sementara hingga proses pemindahan rampung. Di mana tempat relokasinya pun tidak jauh dari lokasit mereka berjualan sebelumnya, yakni di bagian belakang area Food Street Kramat.

[Baca Juga: Menikmati Olahan Daging Sapi di Matraman]

Proses penertiban dan relokasi ini disebut dilakukan karena Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat akan segera melakukan proyek pelebaran trotoar. Hal ini dilakukan atas dasar Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 dengan salah satu poinnya adalah mendorong peralihan ke moda transportasi umum dan meningkatkan kenyamanan berjalan kaki melalui percepatan pembangunan fasilitas pejalan kaki di 25 ruas jalan protokol, arteri dan penghubung.

Atas instruksi tersebut maka akses pejalan kaki di Jalan Kramat Raya pun akan diperlebar. “Trotoarnya bakal diperlebar seperti di Cikini, Wahid Hasyim. Kramat jadi lebih lebar nanti,” ujar Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi, sebagaimana dikutip dari antaranews.com (6/9/2019).

[Baca Juga: Menikmati Lemang Khas Minang di Kramat Raya]

Proses relokasi ini tentu saja tidak disambut secara positif oleh semua pedagang nasi Kapau yang sudah berjualan di area Jalan Kramat Raya selama puluhan tahun. Salah satunya diungkapkan oleh Budi yang berjualan nasi Kapau semenjak tahun 1994 di sini. Sebagaimana dilansir dari jakarta.tribunnews.com (6/9/2019), Budi menyebut, ia sudah bersusah payah dalam membangun usaha nasi Kapaunya agar dapat pelanggan setia, sehingga disinyalir dengan pemindahan ini ia khawatir akan kehilangan para pelanggan tersebut.

Read More

Artikel Lainnya

GOJEK, #MenangkanIndonesia Untuk Dukung Atlet SEA Games 2019

Bisnis

GOJEK, #MenangkanIndonesia Untuk Dukung Atlet SEA Games 2019

20 November 2019, 20:00

Gojek, mengajak masyarakat Indonesia mendukung putra-putri kebanggaan tanah air yang berlaga di SEA Games 2019, melalui kampanye #MenangIndonesia.

Begini Cara yang Tepat Menikmati dan Mengolah Shabu Shabu

Kuliner

Begini Cara yang Tepat Menikmati dan Mengolah Shabu Shabu

20 November 2019, 19:00

Ternyata menikmati dan memasak shabu shabu ada tips dan triknya. Menurut chef dari Jepang, ini dia cara yang tepat.

Brand realme Segera Hadirkan Ponsel dengan Julukan Flagship Killer

Bisnis

Brand realme Segera Hadirkan Ponsel dengan Julukan Flagship Killer

20 November 2019, 18:00

Digadang-gadang sebagai flagship killer, pihak realme tengah mempersiapkan meluncurkan realme X2 Pro di Indonesia.

Mizzu Luncurkan Lip Cream Aroma Kopi Hasil Kolaborasi dengan Fore

Kecantikan dan Fashion

Mizzu Luncurkan Lip Cream Aroma Kopi Hasil Kolaborasi dengan Fore

20 November 2019, 17:00

Pernah bayangkan jika lip cream beraroma kopi? Mizzu dan Fore berkolaborasi untuk ciptakan lip cream dengan hasil velvet yang terinspirasi dari kopi.


Comments


Please Login to leave a comment.