Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Berita Kawasan

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Sejak November 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat sudah melakukan pengumuman serta sosialisasi terhadap para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan pakaian bekasi di trotoar Pasar Senen untuk bersiap direlokasi. Pasalnya per Desember 2019 akan ada proyek penataan trotoar. Pada awal pekan ini, penjagaan pun sudah mulai dilakukan dengan PKL yang diarahkan untuk menggelar dagangannya di Pasar Atom.

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Sejak 9 Desember 2019, Pemkot Jakarta Pusat telah memasang spanduk yang menegaskan larangan bagi para pedagang pakaian bekas kembali membuka lapaknya di sepanjang Jalan Raya Senen. Selain itu, demi memastikan keamanan sekaligus mencegah para PKL kembali berjualan, setidaknya ada sekitar 600 personil gabungan yang berjaga di bekas lapak para pedagang. Para petugas ini terdiri dari Satuan Petugas Pamong Praja DKI Jakarta, TNI, dan Polri.

Sebelum ratusan petugas itu dikerahkan, mereka sempat menghadiri Apel Penjagaan Pasar Senen yang digelar di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Sebagaimana dilansir dari pusat.jakarta.go.id (10/12/2019), upacara ini langsung dipimpin Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara yang memberikan instruksi serta prosedur terkait relokasi para pedagang pakaian bekas di Pasar Senen.

[Baca Juga: Nikmatnya Mi Babat Dekat Pasar Senen]

Dengan pemindahan ini maka para pedagang pakaian bekas yang sebelumnya berjualan di trotoar dekat Pasar Senen tetap dapat berjualan. Di mana mereka akan disediakan 80 kios di Pasar Atom yang terbagi di empat lantai. Bahkan untuk memudahkan proses transisi, para pedagang digratiskan selama enam bulan terkait biaya retribusi asal mengikuti proses mekanisme yang berlaku.

Mekanisme awal yang dimaksud adalah para pedagang pakaian bekas di Pasar Senen diharuskan untuk mendaftar di Kantor Kelurahan Senen yang sudah dimulai sejak 7 Desember 2019. Dengan para pedagang diharuskan membawa KTP serta KK. Walau hari terakhir pendaftaran jatuh pada 9 Desember 2019, pihak Kecamatan Senen masih siap memfasilitasi pedagang yang ingin mendaftarkan diri untuk direlokasi ke Pasar Atom.

[Baca Juga: Terapkan Kebijakan Zona di Car Free Day Jakarta, PKL Ditertibkan]

“Kita tetap memberikan pelayanan seperti, posko pendaftaran dan pendataan pedagang meski mereka masih melakukan penolakan. Tidak lantas layanan berhenti karena adanya penolakan ini,” ujar Camat Senen Ronny Japriko saat ia ikut mengawasi proses penjagaan di Jalan Raya Senen (9/12/2019).

Camat Senen itu mengakui, masih tetap ada pedagang yang enggak direlokasi ke Pasar Atom. Namun Ronny menegaskan, pemindahan ini dilakukan demi ketertiban umum mengingat sudah banyak masyarakat yang melaporkan ketidaknyamanan mereka atas para pedagang bekas Pasar Senen yang menempati trotoar. Selain itu, Pemkot Jakarta Pusat juga memang tengah melakukan penataan terhadap trotoar di kawasan tersebut.

Read More

Artikel Lainnya

Ketahui Sejumlah Manfaat Kulit Jeruk Bagi Tubuh

Kesehatan

Antisipasi Covid-19, IPB Sarankan Jus Jeruk dengan Sedikit Kulitnya

30 March 2020, 16:00

IPB baru-baru ini menyarankan untuk masyarakat mencoba mengonsumsi jus jeruk yang dicampur dengan kulitnya dalam mengantisipasi infeksi Virus Corona.

Lakukan Disinfeksi Cegah Covid-19, Ini Alokasi Biaya PMI Depok

Berita Kawasan

Lakukan Disinfeksi Cegah Covid-19, Ini Alokasi Biaya PMI Depok

30 March 2020, 15:00

Walau PMI Depok tak memungut biaya untuk kegiatan penyemprotan disinfektan, organisasi ini memberi tahu masyarakat berapa biaya persiapan disinfeksi.

Penyemprotan Chlorine Ke Seluruh Tubuh Tak Efektif Bunuh Virus Corona

Kesehatan

Penyemprotan Chlorine Ke Seluruh Tubuh Tak Efektif Bunuh Virus Corona

30 March 2020, 14:00

Selain berbahaya bila terkena kulit serta lapisan lendir di mata dan mulut, penyemprotan cairan tersebut juga tidak efektif membunuh virus corona.

Pemerintah Bogor Desak Pemprov DKI Jakarta Segera Terapkan Lockdown

Berita Kawasan

Pemerintah Bogor Desak Pemprov DKI Jakarta Segera Terapkan Lockdown

30 March 2020, 13:00

Penetapan lockdown yang dilakukan Bogor Raya tidak ada artinya jika DKI Jakarta tidak menerapkan langkah yang sama.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 3 months, 2 weeks lalu
    Natasya88

    QQHarian,info merupakan situs betting online yang aman dan terpercaya. Menyediakan Promo Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain, sudah bosan dgn Bonus Freebet ? Kami sediakan bonus terbaru kita yaitu BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5% SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K. apakah masih bisa ambil bonus yang lain ? masih bisa ambil bonus yang lain guys seperti ambil BONUS WELCOME CASHBACK 100% bisa di gabung dgn BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5%. Buruan bergabung dan Buktikan sekarang juga serta Menangkan JackPot 100%. Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Minimal DP/WD hanya 20k/50k saja. Proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. Anda Menang, Kami Bayar. Anda Kalah, Kami Ganti.!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +63 9954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE