Ini Daftar Nomor Telepon 23 Pasar Online di Bandung

Bisnis

Pedagang Pasar Tradisional di Solo Buka Layanan Pesan Antar

Pandemi COVID-19 berdampak pada lesunya aktivitas di pasar tradisional, termasuk di Solo. Dinas Perdagangan Kota Surakarta mengatakan aktivitas pasar tradisional di Kota Solo terus menurun sejak pandemi ini.

"Kalau penurunan jumlah pengunjung saya sudah mendengar, kata pedagang sampai 30 persen tetapi kami belum mengadakan survei terkait hal itu," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi, dilansir dari antaranews.com (7/4/2020).

Pedagang Pasar Tradisional di Solo Buka Layanan Pesan Antar

Guna mengatasi hal tersebut, penjual menyediakan layanan pesan dan antar langsung ke rumah pelanggan. Para pedagang memanfaatkan telepon dan aplikasi pesan singkat WhatsApp untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

"Mereka memanfaatkan fasilitas telepon atau WA untuk kemudian mengantarkan barang ke rumah pembeli. Itu cukup efektif untuk menyiasati penurunan transaksi di pasar," katanya.

Heru mengatakan meski mengalami penurunan aktivitas, distribusi barang masih cukup lancar. Hal ini terlihat dengan harga-harga barang di pasaran yang masih stabil.

Distribusi

Diakuinya ada beberapa harga barang yang naik, yakni gula dan telur ayam. Diketahui, harga gula pasir kini mencapai Rp18.000/kg. Namun, menurutnya kenaikan tersebut bukan imbas dari pandemi Covid-19.

Menurut Heru, kenaikan dua komoditas tersebut sudah terjadi sejak sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Pihaknya pun masih mencari tahu penyebab lonjakan harga dua barang tersebut.

[Baca Juga: Antisipasi COVID-19, Wali Kota Solo Minta Pendatang Harus Didata]

Sebelumnya, Pinsar Petelur Nasional (PPN) Kota Surakarta mengungkapkan bahwa adanya kesulitan untuk mendistribusikan barang ke pasar-pasar tradisional. Menurutnya, di masa seperti ini distribusi barang ke pasar tradisional terkesan berlebihan.

"Kadang-kadang ada yang pembatasannya over, berlebihan. Misalnya, mobil tidak bisa keluar masuk. Kalau sudah seperti ini susah," katanya.

Dia mengatakan, hal ini berdampak pada penurunan jumlah distribusi barang hingga 50 persen. Untuk diketahui, pada saat kondisi normal jumlah telur ayam yang didistribusikan di pasar-pasar tradisional di Kota Solo sekitar 30 ton/hari.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 2 years, 5 months lalu
    Natasya88

    Semangat untuk #bersamamelawanviruscorona cukup #dirumahaja dan utk mengusir kejenuhan yang anda rasakan saat ini silahkan bisa lsg join dan bermain di beberapa game yang ada di situs DUPA88,net blm lgi bisa pilih/ambil bonusnya serta bisa jadi tambahan penghasilan anda boskuu 🥳🥳🥳😍🥰