Ini Daftar Nomor Telepon 23 Pasar Online di Bandung

Bisnis

Pedagang Pasar Tradisional di Solo Buka Layanan Pesan Antar

Pandemi COVID-19 berdampak pada lesunya aktivitas di pasar tradisional, termasuk di Solo. Dinas Perdagangan Kota Surakarta mengatakan aktivitas pasar tradisional di Kota Solo terus menurun sejak pandemi ini.

"Kalau penurunan jumlah pengunjung saya sudah mendengar, kata pedagang sampai 30 persen tetapi kami belum mengadakan survei terkait hal itu," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi, dilansir dari antaranews.com (7/4/2020).

Pedagang Pasar Tradisional di Solo Buka Layanan Pesan Antar

Guna mengatasi hal tersebut, penjual menyediakan layanan pesan dan antar langsung ke rumah pelanggan. Para pedagang memanfaatkan telepon dan aplikasi pesan singkat WhatsApp untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

"Mereka memanfaatkan fasilitas telepon atau WA untuk kemudian mengantarkan barang ke rumah pembeli. Itu cukup efektif untuk menyiasati penurunan transaksi di pasar," katanya.

Heru mengatakan meski mengalami penurunan aktivitas, distribusi barang masih cukup lancar. Hal ini terlihat dengan harga-harga barang di pasaran yang masih stabil.

Distribusi

Diakuinya ada beberapa harga barang yang naik, yakni gula dan telur ayam. Diketahui, harga gula pasir kini mencapai Rp18.000/kg. Namun, menurutnya kenaikan tersebut bukan imbas dari pandemi Covid-19.

Menurut Heru, kenaikan dua komoditas tersebut sudah terjadi sejak sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Pihaknya pun masih mencari tahu penyebab lonjakan harga dua barang tersebut.

[Baca Juga: Antisipasi COVID-19, Wali Kota Solo Minta Pendatang Harus Didata]

Sebelumnya, Pinsar Petelur Nasional (PPN) Kota Surakarta mengungkapkan bahwa adanya kesulitan untuk mendistribusikan barang ke pasar-pasar tradisional. Menurutnya, di masa seperti ini distribusi barang ke pasar tradisional terkesan berlebihan.

"Kadang-kadang ada yang pembatasannya over, berlebihan. Misalnya, mobil tidak bisa keluar masuk. Kalau sudah seperti ini susah," katanya.

Dia mengatakan, hal ini berdampak pada penurunan jumlah distribusi barang hingga 50 persen. Untuk diketahui, pada saat kondisi normal jumlah telur ayam yang didistribusikan di pasar-pasar tradisional di Kota Solo sekitar 30 ton/hari.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 2 years, 9 months lalu
    Natasya88

    Semangat untuk #bersamamelawanviruscorona cukup #dirumahaja dan utk mengusir kejenuhan yang anda rasakan saat ini silahkan bisa lsg join dan bermain di beberapa game yang ada di situs DUPA88,net blm lgi bisa pilih/ambil bonusnya serta bisa jadi tambahan penghasilan anda boskuu 🥳🥳🥳😍🥰