Pedagang Positif COVID-19, 2 Pasar di Kota Semarang Ditutup Sementara.jpg

Berita Kawasan

Pedagang Positif COVID-19, 2 Pasar di Kota Semarang Ditutup Sementara

Pemerintah Kota Semarang menutup sementara Pasar Mangkang dan Pasar Karangayu akibat ditemukan kasus positif COVID-19 di dua tempat tersebut.

Pasar Mangkang yang terletak di Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang ditutup selama tiga hari, mulai 9 hingga 11 Juni 2020. Dilaporkan semarang.kompas.com (9/6/2020), penutupan dilakukan setelah 8 dari 50 pedagang dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab.

Kepala Pasar Mangkang Suparjo menjelaskan tes swab pada 50 pedagang tersebut dilakukan pada Kamis (4/6/2020). “Dari hasil tes swab itu, infonya ada delapan orang yang dinyatakan positif COVID-19 dari Semarang dan Kendal. (Mereka) langsung menjalani karantina di rumah dinas Wali Kota Semarang,” ungkap Suparjo pada Senin (8/6/2020).

BNPB Targetkan 10 Ribu Tes SWAB per Hari

Menindaklanjuti temuan kasus positif ini, Pemkot Semarang kembali melakukan tes swab kepada 30 pedagang di pasar tersebut pada Senin pagi (8/6/2020). Hal ini untuk mengetahui apakah sudah terjadi penyebaran COVID-19 kepada pedagang lainnya di pasar itu.

[Baca Juga: Walau PKM Diperpajang, Pemkot Semarang Sudah Buka Beberapa Tempat Publik]

Suparjo mengatakan, sebelum dibuka kembali pada 12 Juni mendatang, pasar akan disemprot disinfektan.

Sementara itu, pasar Karangayu ditutup mulai 8 sampai 10 Juni 2020 setelah sejumlah pedagang dinyatakan positif COVID-19 melalui hasil tes swab. Diberitakan cnnindonesia.com (9/6/2020), Kepala UPTD Pasar Karangayu Fajar Joko Purwanto mengatakan, sementara ditutup, pasar akan disemprot disinfektan. Ketika dibuka kembali pada Kamis (11/6/2020), Fajar mengungkapkan bahwa ia dan pihaknya akan lebih tegas dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kalau pedagang yang tidak pakai masker harus tutup. Pengunjung yang tidak pakai masker akan diminta pulang,” kata Fajar.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi

Terbaru, Pemkot Semarang juga menutup salah satu pasar swalayan mulai Selasa (9/6/2020) setelah ditemukan pengunjung yang dinyatakan positif COVID-19. “Ada satu swalayan yang akan kita tutup besok (9/6/2020), saya belum bisa menyebutkan namanya, tapi dalam rapat tadi saya putuskan kalau yang bersangkutan pengunjungnya ada positif, kemudian tidak mau menutup besok segera tutup paksa,” tutur Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dikutip dari ayosemarang.com (9/6/2020).

[Baca Juga: Pemkot Semarang Lebih Pilih Tes Swab untuk Tes Massal]

Pemkot Semarang, kata pria dengan sapaan akrab Hendi ini, akan terus melakukan tes swab di sejumlah tempat di Kota Semarang. Hendi menegaskan tes swab secara massal perlu dilakukan di sejumlah titik keramaian. Walau nantinya grafik kasus positif melonjak, ia mengaku hal itu justru mempermudah pihaknya memutus mata rantai COVID-19.

Hingga Selasa, 9 Juni 2020, terdapat 211 orang yang masih dinyatakan positif COVID-19 di Kota Semarang. Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sedang menunggu hasil tes swab sebanyak 205 orang. Sementara, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang belum selesai dipantau sebanyak 297 orang.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.