Pemkot Jakarta Barat Disinfeksi Pasar Kopro Usai Pedagangnya Positif COVID-19 .jpg

Berita Kawasan

Pedagang Positif COVID-19, Pemkot Jakarta Barat Disinfeksi Pasar Kopro

Pada pertengahan Juni 2020, Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan menggelar tes swab COVID-19 terhadap ratusan pedagang serta pengunjung di Pasar Tomang Barat atau Pasar Kopro. Dalam kegiatan yang digelar untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 itu, ternyata terungkap bahwa ada empat pedagang yang positif terjangkit penyakit akibat virus SARS-CoV-2 tersebut. Hal ini memicu penutupan pasar dan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat yang mengadakan penyemprotan cairan disinfektan di Pasar Kopro.

Swab tes itu digelar pada 16 Juni 2020 dengan 156 orang yang mengikutinya. Kala itu pihak Kecamatan Grogol Petamburan menyebut, hasil dari tes ini akan diketahui sekitar tiga sampai tujuh hari pasca pengambil sampel. Dari total keseluruhan sampel, sudah ada sekitar 135 yang sudah keluar. Dengan hasilnya yang menimbulkan kekhawatiran dan langsung memicu Pemkot Jakarta Barat memutuskan untuk menutupnya selama tiga hari. Pasalnya, ada empat pedagang Pasar Kopro yang positif COVID-19.

Pemkot Jakarta Barat Disinfeksi Pasar Kopro Usai Pedagangnya Positif COVID-19.jpg

“Ya Benar, selama penutupan pasar selama tiga hari dilakukan penyemprotan disinfektan,” sebut Camat Grogol Petamburan Didit Sumaryanta, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (29/6/2020).

Didit melanjutkan, Kecamatan Grogol Petamburan sudah melakukan koordinasi dengan PD Pasar Jaya selaku pengelola Pasar Kopro terkait kegiatan penyemprotan disinfektan tersebut. Di mana disinfeksi ini dilakukan oleh pihak Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) serta Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Barat.

[Baca Juga: Urban Farming di BKB Petamburan Panen 25kg Kacang Panjang]

Pada Senin lalu, kegiatan disinfeksi ini digelar dengan membagi dua tim yang terdiri dari sweeper dari petugas Sudin LH dan petugas spray dari Sudin Gulkarmat. Dengan pembagian tugasnya adalah sweeper yang menyemprotkan cairan disinfektan ke area luar pasar, termasuk lokasi sementara, dan petugas spray bergerak untuk melakukan disinfeksi area bagian dalam Pasar Kopro.

Selain dari sisi berusaha mensterilkan Pasar Kopro, Pemkot Jakarta Barat juga berfokus terhadap empat pedagang yang positif COVID-19 tersebut. Dengan Sudin Kesehatan Jakarta Barat telah bergerak bersama petugas dari Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan untuk melakukan penelusuran terhadap keluarga para pedagang serta pihak-pihak yang sempat berkontak dengan mereka. Keempat pedagang itu pun saat ini tengah melakukan isolasi mandiri dengan pemantauan tim medis setempat.

Read More

Artikel Lainnya

Warga Tambakrejo Dapat Segera Tempati Kampung Nelayan Semarang

Properti dan Solusi

Warga Tambakrejo dapat Segera Tempati Kampung Nelayan Semarang

26 January 2021, 20:09

Kini sesuai janji Wali Kota Semarang, Kampung Nelayan sekarang telah didirikan Pemerintah Kota Semarang yang diperuntukkan bagi warga Tambakrejo.

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini.jpg

Properti dan Solusi

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini

26 January 2021, 19:09

Hadir dengan desain yang lebih premium serta fitur yang lebih oke dibandingkan pendahulunya, realme Watch S Pro dibanderol di bawah Rp2 jutaan.

Krematorium Wahana Mulia Abadi Beroperasi Kebali dengan Alat Ramah Lingkungan

Berita Kawasan

Krematorium di Yogyakarta Gunakan Alat Ramah Lingkungan

26 January 2021, 18:09

Wali kota pun sangat mengapresiasi keberadaan krematorium dan berharap tempat tersebut memang disiapkan sehingga bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di Kota Yogyakarta.

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal di Jakarta Tak Berdampak

Bisnis

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal Tidak Tingkatkan Bisnis

26 January 2021, 18:05

Penambahan jam operasi pusat perbelanjaan dan restoran sebanyak satu jam di PPKM tahap dua dinilai tidak akan membawa dampak signifikan.


Comments


Please Login to leave a comment.