Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

Pada 28 September 2020, pihak Kelurahan Karet Kuningan, Jakarta Selatan memutuskan untuk menutup pasar yang ada di wilayahnya. Di mana penutupan Pasar Ciplak ini dipicu penemuan pedagang yang positif terinfeksi COVID-19 dan ini bukan hanya satu pedagang saja. Oleh karena itulah selama tiga hari sejak Senin kemarin hingga 30 September 2020, pihak kelurahan menutup pasar ini untuk dilakukan proses disinfeksi demi mencegah penyebaran penyakit akibat virus Corona tersebut.

Proses penyemprotan disinfektan sekitar area Pasar Ciplak disampaikan langsung oleh Lurah Karet Kuningan Endnag Effendi. “Wilayah yang kita semprot disinfektan mencakup RW 02 (RT 02 dan 06) dan RW 04 (RT 07, 014, dan Pasar Ciplak),” jelasnya, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (28/9/2020).

[Baca Juga: Ada Pedagang yang Positif COVID-19, Pasar di Jakarta Barat Kembali Ditutup!]

Sebelum penutupan tersebut, Effendi menjelaskan, pihaknya mendapatkan kabar dari gugus tugas kecamatan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mendapatkan temuan ada sejumlah warganya yang terkonfirmasi positif COVID-19. Di mana mereka merupakan para pedagang yang kerap membuka lapaknya dan bergadang di Pasar Ciplak.

Kelurahan Karet Kuningan pun merespons kabar tersebut dengan langsung menutup pasar itu sejak Senin kemarin demi berfokus untuk menyemprotkan cairan disinfektan. “Penyemprotan selama tiga hari dihitung dari hari ini hingga 30 September 2020. Area yang disemprot seluas 200 meter,” tambahnya.

[Baca Juga: Kawasan Malioboro Diperketat Akibat Seorang PKL Positif COVID-19]

Ini bukan kasus penutupan pasar pertama di Jakarta Selatan pada September ini karena dipicu penemuan kasus positif COVID-19. Pasalnya sekitar dua pekan lalu, hal yang serupa juga dilakukan di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru. Serupa dengan Pasar Ciplak, Pasar Mayestik juga ditutup selama tiga hari usai salah satu pedagangnya terinfeksi penyakit akibat virus Corona itu.

Terkait penutupan pasar pasca penemuan kasus positif COVID-19 sebenarnya sesuai dnegan pemaparan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada pertengahan September ketika dirinya mengumumkan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB yang ketat demi menekan penyebaran COVID-19 di Ibu Kota. “Dalam seluruh aktivitas bila ditemukan kasus positif, pada lokasi kegiatan-kegiatan ini maka seluruh usaha dan kegiatan-kegiatan di lokasi tersebut harus ditutup, paling sedikit tiga hari operasi,” ucapnya saat konferensi pers pada 13 September 2020, sebagaimana dikutip dari megapolitan.kompas.com (15/9/2020).

Read More

Artikel Lainnya

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.


Comments


Please Login to leave a comment.