Peduli Remaja, Posyandu Remaja Hadir di Cikarang Barat

Kesehatan

Peduli Remaja, Posyandu Remaja Hadir di Cikarang Barat

Jika biasanya Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) ditunjukkan kepada balita, Posyandu yang satu ini ditunjukkan kepada remaja. Terletak di RW 05 Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bekasi Holilah Eka Supria Atmaja meresmikannya.

Posyandu remaja bukan pertama kali didirikan. Tahun 2018, Vokasi Universitas Indonesia bersama Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan membuatnya di tiga kelurahan Kota Tangerang Selatan. Pada Februari lalu, diresmikan pula posyandu remaja di Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Meski demikian, posyandu remaja tetap belum banyak seperti posyandu balita.

Peduli Remaja, Posyandu Remaja Hadir di Cikarang Barat

Posyandu Remaja di Kabupaten Bekasi ini diresmikan pada Minggu (8/3/2020). Selain Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Bhayangkara Polres Metro Bekasi Risa Hendra Gunawan, Kabid Kesehatan Masyarakat Kabupaten Bekasi Supriadinata, dan unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kabupaten Bekasi ikut hadir dalam acara peresmian.

Posyandu remaja hadir untuk memantau kesehatan remaja dan meningkatkan pelayanan kesehatan peduli remaja di Kabupaten Bekasi. Holilah menyebutkan masyarakat bukan hanya penerima manfaat, tetapi juga pihak yang akan ikut menjalankan posyandu ini.

[Baca Juga: Posyandu Remaja Sakti Telah Hadir di Cibubur]

Melalui posyandu, para remaja mendapatkan informasi seputar kesehatan maupun informasi lainnya yang terkait remaja. Informasi itu, dijelaskannya akan didapat remaja setiap bulan. Mengingat kasus remaja yang mengalami depresi hingga gangguan kejiwaan, Holilah berharap posyandu dapat menjadi wadah konsultasi para remaja.

Oleh karena itu, remaja yang tergabung diharapkan juga dapat benar-benar aktif mengikuti kegiatan posyandu. “Saya berharap agar para remaja yang telah bergabung dalam posyandu ini benar-benar selalu aktif dalam mengikuti kegiatan remaja ini, karena ini adalah kegiatan yang positif bagi remaja agar nantinya tidak terjerumus ke hal-hal negatif atau bisa merusak masa depan,” tutur Holilah dikutip dari humas.bekasikab.go.id (9/3/2020).

Walau namanya “remaja”, posyandu ini tetap akan melayani balita. Itu dijelaskan oleh Kabid Kesehatan Masyarakat Kabupaten Bekasi Supriadinata.

Posyandu ini melayani balita hingga remaja umur delapan belas tahun. Menjelaskan lebih lanjut mengenai pelayanan posyandu yang lebih dulu disebutkan oleh Holilah, posyandu remaja akan memberikan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja. Bagi warga RW 05 Desa Telaga Murni khususnya, posyandu menjadi wadah pencipta generasi muda yang paham pentingnya gaya hidup sehat.

“Posyandu remaja ini selain untuk mencegah anemia, juga sebagai pembelajaran tentang reproduksi remaja, mencegah stunting, serta mempersiapkan remaja berkeluarga dan untuk generasi yang sehat," jelas Supriadinata.

Undangan yang hadir dapat langsung menyaksikan simulasi pelayanan posyandu remaja di akhir acara peresmian.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.