Pejuang Bahasa Indonesia M. Tabrani diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Pendidikan

Pejuang Bahasa Indonesia M Tabrani Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengusulkan Mohammad Tabrani sebagai Pahlawan Nasional, karena sudah memperjuangkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara. Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud Dadang Sunendar mengatakan, atas jasa M Tabrani kepada negara Indonesia, pihaknya berupaya memberikan yang terbaik dengan mengusulkan sebagai Pahlawan Nasional.

Pejuang Bahasa Indonesia M Tabrani diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

“Sejarah bangsa ini dibangun perlu perjuangan yang luar biasa dari berbagai bidang. Salah satunya dari bidang bahasa,” katanya saat ziarah ke makam M Tabrani di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan seperti dikutip kemdikbud.go.id (18/7/2019).

[Baca Juga: Kisah Makam Pejuang Bangsa di Hutan Kota UI Depok]

Dadang melanjutkan, pihaknya telah sepakat Mohammad Tabrani merupakan orang pertama yang mencetuskan agar bahasa Indonesia menjadi bahasa Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keberanian M Tabrani sangat luar biasa. Sosok yang lahir pada 10 Oktober 1904 ini ikut memimpin Kongres Pemuda Pertama di Solo pada 1926. Di usai yang masih muda, M Tabrani memiliki pemikiran besar, dan menjadi tonggak sejarah yang melahirkan kemerdekaan Indonesia.

Pejuang Bahasa Indonesia M Tabrani diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Selain mengusulkan sebagai Pahlawan Nasional, Kemendikbud menempatkan M Tabrani sebagai nama salah satu gedung terbesar di Kantor Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Rawamangun, Jakarta Timur. “Awalnya bernama gedung Samudera, sekarang secara resmi menjadi gedung Mohammad Tabrani. Semoga perubahan ini memberikan makna yang penting bagi kita semua, dan mengingatkan kita sebagai penggagas bahasa negeri ini,” ucapnya.

[Baca Juga: 300 PPSU Jaktim Bersihkan Makam Pangeran Jayakarta]

Anak bungsu M Tabrani, Amie Primarni Tabrani memberikan apresiasi kepada Kemendikbud untuk memberikan penghargaan terhadap jasa-jasa M Tabrani. Dirinya sendiri tidak pernah membayangkan akan mendapat apresiasi seperti ini dari Kemendikbud.

“Kami berterima kasih, apalagi di era milenial ini anak-anak muda berbahasa asing sangat biasa, tetapi boleh jadi Bahasa Indonesia-nya harus belajar kembali. Ini yang perlu dikembangkan ke depan sehingga kita punya ikon bagaimana mengembangkan Bahasa Indonesia,” katanya.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.