Pekan Ini Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Suntikan Kedua Vaksin COVID-19.jpg

Kesehatan

Pekan Ini Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Penyuntikan Kedua Vaksin COVID-19

Pada 14 Januari 2021 lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah menggelar vaksinasi COVID-19 tahap pertama dengan penyuntikan perdana di tujuh wilayahnya. Sesuai dengan jadwalnya, seharusnya dua pekan setelah proses vaksinasi tersebut maka diperlukan penyuntikan kedua yang jatuh tanggalnya pada pekan ini. Menurut Pemprov Jawa Barat, saat ini mereka tengah menunggu sisa pengiriman dari total ratusan ribu dosis vaksin Sinovac dalam upaya untuk bisa memulai proses penyuntikan kedua tersebut.

Jumlah vaksin Sinovac yang disalurkan pemerintah pusat untuk Pemprov Jawa Barat ada sekitar 253.640 dosis yang penyaluran dilakukan secara bertahap. Di mana penyaluran pertama diadakan pada 22 Januari 2021 dengan jumlah 55.880 dosis dan dilanjutkan pada 24 Januari 2021 yang berjumlah 98.990 dosis. Sedangkan untuk pengiriman terakhir untuk mencapai jumlah total tersebut, penyalurannya akan dilakukan pada hari 25 Januari 2021 dengan jumlah 88.880 dosis vaksin.

Pekan Ini Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Suntikan Kedua Vaksin COVID-19 .jpg

“Kami sedang menunggu distribusi untuk termin kedua dari Bio Farma. Rencana mulai hari ini,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Jawa barat Marion Siagian, Kota Bandung, sebagaimana dikutip dari humas.jabarprov.go.id (22/1/2021).

Jika sudah rampung pengirimannya ke gudang Dinas Kesehatan Jawa Barat maka Pemprov Jawa Barat sudah langsung bisa menyalurkannya langsung ke Kota Bandung, Bekasi, Bogor, Depok, Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Bandung Barat. Tujuh daerah ini disebut sudah harus mempersiapkan fasilitas kesehatan, tempat penyimpanan vaksin, dan sumber daya manusia sebagai tenaga vaksinator. Bila memang sesuai jadwal maka pada tanggal 28 Januari 2021 atau Kamis pekan ini, penyuntikan vaksin Sinovac kedua sudah bisa digelar.

[Baca Juga: Ariel Noah Vaksinasi di Bandung, "Saya Maju Duluan!"]

Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Barat memberikan respons terkait isu potensi munculnya keluhan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI. Di mana Pemprov Jawa Barat disebut telah menginstruksikan pembentukan kelompok kerja atau Pokja yang khusus menangani hal ini dan setiap kabupaten/kota juga harus menyiapkan rumah sakit rujukan KIPI. Namun Marion menyebut, hingga saat ini keluhan KIPI yang muncul hanyalah ruam merah di area tempat bekas suntikan vaksin Sinovac sehingga tak perlu dirawat.

Walau begitu, Marion tetap memastikan Pemprov Jawa Barat meminta pemerintah kota/kabupaten di wilayahnya untuk sigap melayani keluhan KIPI yang bisa saja terjadi usai vaksinasi COVID-19. Dengan masyarakat bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp hotline Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 atau Pikobar Jawa Barat di 0856-9739-1854 serta menelepon nomor darurat 119 jika memang merasakan KIPI 24 jam pasca-penyuntikan vaksin COVID-19.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ke-3 PSBB Bandung, Pengendara Sepeda Motor Dilarang Boncengan

Berita Kawasan

Polda Jawa Barat Gelar Operasi Jaran Lodaya, Cek Motor Anda yang Hilang!

05 March 2021, 20:03

Dalam rangka 100 hari kerja Bapak Kapolda gelar operasi jaran lodaya 2021

Dompet Duafa Lakukan Program Bedah 100 Rumah di Sumatera Utara

Properti dan Solusi

Dompet Duafa Lakukan Program Bedah 100 Rumah di Sumatera Utara

05 March 2021, 19:56

Dompet Duafa dan Camat Sunggal melakukan program bedah 100 rumah yang berada di desa Tegal Sari, Kecamatan Sunggal, Kab. Deli Serdang.

3.png

Berita Kawasan

Hati-hati, Jalan Penghubung Citayam Depok-Bojonggede Bogor Hancur

05 March 2021, 18:17

Kondisi jalan berlubang dan tergenang air di daerah Citayam Depok mengganggu pengguna jalan yang menuju Bojonggede, Bogor.

1.400 Personil Polres Metro Bekasi Kota Divaksinasi

Berita Kawasan

1.400 Personil Polres Metro Bekasi Kota Divaksinasi

05 March 2021, 18:01

Sebanyak 1400 personil Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota mulai menjalani vaksinasi covid-19 di Pusat Kesehatan Polres Jalan Pramuka, Kecamatan Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.


Comments


Please Login to leave a comment.