Pekan Kebudayaan Nasional Hadirkan Berbagai Tontonan Menarik

Pendidikan

Pekan Kebudayaan Nasional Hadirkan Berbagai Tontonan Menarik

Dalam rangka melestarikan budaya Indonesia Kementrian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019. Kegiatan tersebut berlangsung selama satu minggu pada 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan, Jakarta Selatan. PKN 2019 mengusung tema Ruang Bersama dengan tagar Indonesia Bahagia. Penyelenggaraan PKN 2019 akan diisi dengan banyak kegiatan menarik seperti Kompetisi Daerah, Kompetisi Nasional, Kompetisi Pemajuan Kebudayaan, Eksibisi Kebudayaan, Pergelaran Karya Budaya Bangsa.

Pekan Kebudayaan Nasional Hadirkan Berbagai Tontonan Menarik

Sejumlah musisi juga akan memeriahkan PKN 2019 yang melibatkan Maestro Gamelan, Rahayu Supanggah, musisi muda Affly Rev, Andmesh, Ki Manteb, Didi Kempot, Barasuara, Naviculla, Ras Muhammad, Maliq & D’Essentials hingga penyanyi dangdut Cita Citata. Kehadiran para musisi tersebut sebagai daya tarik masyarakat agar hadir dalam kegiatan PKN. Nantinya, masyarakat dapat bernostalgia dengan permainan tradisional tempo dulu.

[Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Adakan Festival Warisan Budaya Tak Benda 2019]

Beragam permainan tradisional juga akan hadir dalam PKN 2019, antara lain gobak sodor, egrang, dan terompah panjang (bakiak). Permainan tradisional tersebut akan dikompetisikan secara nasional di PKN 2019. “Kita tidak hanya mencari juara, tapi bagaimana memahami tentang permainan tradisional. Permainan tradisional kan salah satu objek pemajuan kebudayaan dalam UU Pemajuan Kebudayaan,” tutur Sri Hartini.

Pekan Kebudayaan Nasional Hadirkan Berbagai Tontonan Menarik

Sekretaris Ditjen Kebudayaan Sri Hartini mengatakan pihaknya memfasilitasi ruang-ruang publik sebagai wadah ekspresi budaya. Bukan desain dari panitia Kemendikbud semata, tapi ada keterlibatan masyarakat,” ujarnya seperti dilansir kemdikbud.go.id (08/10/2019). Dalam acara tersebut, empat panggung telah disiapkan Kemdikbud: Panggung Nusantara, Panggung Kaebauk, Panggung Siger, dan Panggung Guyub.

[Baca Juga: Kemendikbud Gandeng Erajaya Dukung Kompetensi Siswa SMK]

Sri Hartini menambahkan, selain pertunjukan seni dan budaya, rangkaian kegiatan PKN 2019 juga ada konferensi pemajuan kebudayaan, diskusi budaya, dan ekshibisi kebudayaan. Dalam konferensi dan diskusi, peserta bisa berbagi ide dan pemikiran, mendiskusikan isu budaya. Beberapa tema yang diangkat antara lain Rempah, Ramuan, dan Naskah Kuno; Peranan Komunitas dalam Membangun Budaya Kreatif; Platform Pemajuan Kebudayaan di Tingkat Lokal; dan Dinamika Taman Budaya, Museum Daerah, dan Dewan Kesenian.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, PKN akan menjadi event internasional sehingga dalam waktu dekat akan terus dipromosikan menjadi bagian wisata budaya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.