Pekan Kebudayaan Nasional Hadirkan Berbagai Tontonan Menarik

Pendidikan

Pekan Kebudayaan Nasional Hadirkan Berbagai Tontonan Menarik

Dalam rangka melestarikan budaya Indonesia Kementrian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019. Kegiatan tersebut berlangsung selama satu minggu pada 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan, Jakarta Selatan. PKN 2019 mengusung tema Ruang Bersama dengan tagar Indonesia Bahagia. Penyelenggaraan PKN 2019 akan diisi dengan banyak kegiatan menarik seperti Kompetisi Daerah, Kompetisi Nasional, Kompetisi Pemajuan Kebudayaan, Eksibisi Kebudayaan, Pergelaran Karya Budaya Bangsa.

Pekan Kebudayaan Nasional Hadirkan Berbagai Tontonan Menarik

Sejumlah musisi juga akan memeriahkan PKN 2019 yang melibatkan Maestro Gamelan, Rahayu Supanggah, musisi muda Affly Rev, Andmesh, Ki Manteb, Didi Kempot, Barasuara, Naviculla, Ras Muhammad, Maliq & D’Essentials hingga penyanyi dangdut Cita Citata. Kehadiran para musisi tersebut sebagai daya tarik masyarakat agar hadir dalam kegiatan PKN. Nantinya, masyarakat dapat bernostalgia dengan permainan tradisional tempo dulu.

[Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Adakan Festival Warisan Budaya Tak Benda 2019]

Beragam permainan tradisional juga akan hadir dalam PKN 2019, antara lain gobak sodor, egrang, dan terompah panjang (bakiak). Permainan tradisional tersebut akan dikompetisikan secara nasional di PKN 2019. “Kita tidak hanya mencari juara, tapi bagaimana memahami tentang permainan tradisional. Permainan tradisional kan salah satu objek pemajuan kebudayaan dalam UU Pemajuan Kebudayaan,” tutur Sri Hartini.

Pekan Kebudayaan Nasional Hadirkan Berbagai Tontonan Menarik

Sekretaris Ditjen Kebudayaan Sri Hartini mengatakan pihaknya memfasilitasi ruang-ruang publik sebagai wadah ekspresi budaya. Bukan desain dari panitia Kemendikbud semata, tapi ada keterlibatan masyarakat,” ujarnya seperti dilansir kemdikbud.go.id (08/10/2019). Dalam acara tersebut, empat panggung telah disiapkan Kemdikbud: Panggung Nusantara, Panggung Kaebauk, Panggung Siger, dan Panggung Guyub.

[Baca Juga: Kemendikbud Gandeng Erajaya Dukung Kompetensi Siswa SMK]

Sri Hartini menambahkan, selain pertunjukan seni dan budaya, rangkaian kegiatan PKN 2019 juga ada konferensi pemajuan kebudayaan, diskusi budaya, dan ekshibisi kebudayaan. Dalam konferensi dan diskusi, peserta bisa berbagi ide dan pemikiran, mendiskusikan isu budaya. Beberapa tema yang diangkat antara lain Rempah, Ramuan, dan Naskah Kuno; Peranan Komunitas dalam Membangun Budaya Kreatif; Platform Pemajuan Kebudayaan di Tingkat Lokal; dan Dinamika Taman Budaya, Museum Daerah, dan Dewan Kesenian.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, PKN akan menjadi event internasional sehingga dalam waktu dekat akan terus dipromosikan menjadi bagian wisata budaya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.