Pekerja Migran Indonesia Tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang

Berita Kawasan

Pekerja Migran Indonesia Tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang

Ratusan pekerja migran Indonesia dari berbagai negara akan tiba di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang mulai 18 Mei hingga 23 Mei 2020. Mereka akan melalui pemeriksaan di bandara tersebut sebelum karantina selama 14 hari oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Rencananya, Pemprov Jateng akan mengarantina para pekerja migran di Kampus Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Jateng di Kota Semarang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo pada Jumat (15/5/2020) lalu mengungkapkan, pihaknya akan mengelola kedatangan pekerja migran dengan sebaik-baiknya agar tidak terjadi penularan COVID-19. “Dalam rangka pencegahan, pengendalian, kita sudah siapkan karantina tingkat provinsi di Srondol, Semarang, untuk 747 pekerja migran yang masuk ke Jateng,” kata Yulianto, mengutip medcom.id (17/5/2020).

[Baca Juga: Syarat Masuk Semarang dengan Transportasi Umum Selama Pandemi]

Adapun prosedur yang harus dilewati para pekerja migran di Bandara Ahmad Yani dimulai dari area exhibition hall. Mereka akan dibagi dalam tiga zona di area tersebut dengan menerapkan physical distancing. Di tempat itu, para pekerja akan melalui pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermal scanner.

“Setelah melewati antrean tersebut, calon penumpang menuju ke konter verifikasi dokumen penerbangan oleh maskapai dan kemudian menuju ke konter pemeriksaan kesehatan dan verifikasi dokumen kesehatan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP),” ujar Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero) Dandi T Danianto.

Pekerja Migran Indonesia Tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang

Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir pada Sabtu (16/5/2020) telah mengunjungi Bandara Ahmad Yani untuk melakukan peninjauan. Erick pun mengapresiasi petugas bandara dalam mempersiapkan kedatangan para pekerja migran.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja para petugas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang telah menjalankan tugasnya dengan baik dalam menyiapkan operasional penerbangan pada masa pembatasan perjalanan orang ini dan juga pada rencana penerbangan repatriasi,” tutur Erick, seperti dikutip dari ayosemarang.com (17/5/2020).

[Baca Juga: Hari Pertama Operasional KLB, 7 Orang Turun di Stasiun Tawang Semarang]

“Hal tersebut dapat dilihat dari telah disediakannya kursi tunggu guna mengantisipasi antrean sebelum Pekerja Migran Indonesia (PMI) melakukan rapid test COVID-19 di koridor kedatangan internasional,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya telah membuka kembali akses layanan seluruh moda transportasi umum sejak 7 Mei 2020 lalu. Meski begitu, layanan ini tetap tidak diperbolehkan untuk mudik.

Moda pesawat terbang hanya diperbolehkan bagi pekerja lembaga pemerintahan atau swasta yang menyelenggarakan pelayanan percepatan penanganan COVID-19, pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia, repatriasi para pekerja migran Indonesia, WNI dan pelajar yang berada di luar negeri, serta orang yang dipulangkan dengan alasan khusus oleh pemerintah.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.