Pekerja yang Di-PHK Akibat Corona Bisa Lapor ke Dinaskertrans DKI

Bisnis

Pekerja yang Di-PHK Akibat Corona Bisa Lapor ke Disnakertrans DKI

Tidak dapat dipungkiri bahwa mewabahnya pandemi COVID-19 perlahan menghancurkan ekonomi masyarakat. Banyak dari perusahaan yang memberlakukan kebijakan work from home (WFH) kepada para karyawannya untuk meminimalisir terjadinya penularan virus tersebut.

Beruntung bagi para karyawan yang masih digaji penuh oleh perusahaan selama masa WFH ini. Sebab ada pula beberapa perusahaan yang tidak membayarkan gajinya atau unpaid leave kepada karyawannya yang tidak bekerja di kantor. Yang lebih mengenaskan lagi ialah adanya para karyawan yang di-PHK akibat menurunnya pendapatan perusahaan di tengah wabah COVID-19 ini.

[Baca Juga: 1.512 Perusahaan di Jakarta Terapkan WFH. Perusahaan Lain Kapan?]

Untuk itu, Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans) DKI Jakarta membuka pendaatan bagi mereka yang mendapat PHK atau dirumahkan tanpa upah akibat dampak pandemi ini. Pendataan dibuka hingga Sabtu, 4 April 2020.

Bagi pekerja yang ingin melakukan pendataan diri bisa langusng mengunjungi laman bit.ly/pendataanpekerjaterdampakcovid19 atau juga bisa dengan mengirim e-mail ke disnakertrans@jakarta.go.id dengan terlebih dahulu mengunduh formulir pendataan diri di bit.ly/formulirkartuprakerja.

Disnakertrans DKI Buat Surat Edaran Himbau Bekerja Dari Rumah

Setelah itu, Disnakertrans DKI Jakarta akan langsung menyerahkan data tersebut kepada Kementerian Koordinator bidang Perekonomian RI untuk segera ditindaklanjuti. Nantinya para pekerja yang telah memasukkan data akan mendapatkan insentif dari pemerintah pusat.

"Ini program dari pemerintah pusat untuk mendapatkan Kartu Prakerja, tapi data ini juga bisa dipakai untuk data Pemprov DKI," kata Kepala Disnakertrans DKI Andri Yansah. Jika merunut pada program kartu prakerja yang digagas pemerintah, itu berarti nantinya para pekerja yang telah mengisi data tersebut akan mendapatkan insentif dan bantuan pelatihan senilai Rp3.550.000.

[Baca Juga: Setelah Kontak dengan Orang Positif COVID-19, Lakukan Ini!]

Rinciannya, tiap pekerja mendapatkan bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000 dan insentif setelah pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan serta insentif survei pekerjaan sebesar Rp150.000 untuk tiga kali survei.

Sampai dengan Jumat, 3 April 2020 kata Andri, ada sebanyak 2.870 perusahaan yang telah melaporkan data dirinya ke Disnakertrans DKI Jakarta bahwa mereka telah menerapkan WFH kepada para karyawannya. Dari 2.870 perusahaan tersebut, ada sebanyak 1.066.088 tenaga kerja yang bekerja dari rumah.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.