Pekerja yang Di-PHK Akibat Corona Bisa Lapor ke Dinaskertrans DKI

Bisnis

Pekerja yang Di-PHK Akibat Corona Bisa Lapor ke Disnakertrans DKI

Tidak dapat dipungkiri bahwa mewabahnya pandemi COVID-19 perlahan menghancurkan ekonomi masyarakat. Banyak dari perusahaan yang memberlakukan kebijakan work from home (WFH) kepada para karyawannya untuk meminimalisir terjadinya penularan virus tersebut.

Beruntung bagi para karyawan yang masih digaji penuh oleh perusahaan selama masa WFH ini. Sebab ada pula beberapa perusahaan yang tidak membayarkan gajinya atau unpaid leave kepada karyawannya yang tidak bekerja di kantor. Yang lebih mengenaskan lagi ialah adanya para karyawan yang di-PHK akibat menurunnya pendapatan perusahaan di tengah wabah COVID-19 ini.

[Baca Juga: 1.512 Perusahaan di Jakarta Terapkan WFH. Perusahaan Lain Kapan?]

Untuk itu, Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans) DKI Jakarta membuka pendaatan bagi mereka yang mendapat PHK atau dirumahkan tanpa upah akibat dampak pandemi ini. Pendataan dibuka hingga Sabtu, 4 April 2020.

Bagi pekerja yang ingin melakukan pendataan diri bisa langusng mengunjungi laman bit.ly/pendataanpekerjaterdampakcovid19 atau juga bisa dengan mengirim e-mail ke disnakertrans@jakarta.go.id dengan terlebih dahulu mengunduh formulir pendataan diri di bit.ly/formulirkartuprakerja.

Disnakertrans DKI Buat Surat Edaran Himbau Bekerja Dari Rumah

Setelah itu, Disnakertrans DKI Jakarta akan langsung menyerahkan data tersebut kepada Kementerian Koordinator bidang Perekonomian RI untuk segera ditindaklanjuti. Nantinya para pekerja yang telah memasukkan data akan mendapatkan insentif dari pemerintah pusat.

"Ini program dari pemerintah pusat untuk mendapatkan Kartu Prakerja, tapi data ini juga bisa dipakai untuk data Pemprov DKI," kata Kepala Disnakertrans DKI Andri Yansah. Jika merunut pada program kartu prakerja yang digagas pemerintah, itu berarti nantinya para pekerja yang telah mengisi data tersebut akan mendapatkan insentif dan bantuan pelatihan senilai Rp3.550.000.

[Baca Juga: Setelah Kontak dengan Orang Positif COVID-19, Lakukan Ini!]

Rinciannya, tiap pekerja mendapatkan bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000 dan insentif setelah pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan serta insentif survei pekerjaan sebesar Rp150.000 untuk tiga kali survei.

Sampai dengan Jumat, 3 April 2020 kata Andri, ada sebanyak 2.870 perusahaan yang telah melaporkan data dirinya ke Disnakertrans DKI Jakarta bahwa mereka telah menerapkan WFH kepada para karyawannya. Dari 2.870 perusahaan tersebut, ada sebanyak 1.066.088 tenaga kerja yang bekerja dari rumah.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.